Pasang Loker

6 Tips Networking Bagi Fresh Graduate yang Bisa Dicoba

Membangun jaringan atau networking memang penting untuk kelangsungan karier, terutama bagi para fresh graduate. Dengan koneksi yang luas di berbagai bidang, seseorang bisa terus menambah pengetahuan dengan bertukar pikiran terkait pekerjaan hingga bertambah pula peluang untuk mengembangkan karier. Lalu sebagai fresh graduate, apa saja sebenarnya yang perlu diperhatikan ketika hendak memulai menjaring relasi bisnis?

Membangun koneksi profesional memang perlu strategi. Proses networking yang terlalu dibuat-buat akan berakhir canggung dan akhirnya menjadi sia-sia belaka. Tak jarang usaha memabangun jaringan ini akan dipandang negatif, seakan kita sedang membutuhkan bantuan dan ingin memanfaatkam mereka saja. Namun, networking tidak selalu sesulit itu asal tahu apa saja yang harus dilakukan sehingga prosesnya tetap efektif dan menguntungkan. Bagi para fresh graduate sebagai pemula di dunia kerja, yuk simak tips berikut yang bisa dicoba.

Memanfaatkan label ‘fresh graduate’

Fresh graduate kerap diartikan sebagai pemula di dunia kerja. Dengan label tersebut, akan ada banyak pihak yang mau membantumu untuk mengenal hal-hal terkait karier atau pekerjaan. Di saat inilah kamu bisa mencoba untuk membangun koneksi, hubungi orang-orang yang bisa membantumu terkait karier atau pekerjaan. Dekati mereka untuk bertanya soal banyak hal, gunakan waktu tersebut untuk riset, lalu catat hal-hal penting yang bisa kamu pelajari.

Menentukan target

Hadir di sebuah acara dengan tujuan networking akan sia-sia belaka jika kamu tidak bisa menentukan target. Jangan sekadar hadir tanpa tahu siapa saja yang bisa menjadi koneksi barumu. Jangan hanya mendaftar untuk acara yang dihadiri oleh profesional, kamu juga bisa melakukan menemukan relasi baru di acara kecil sekalipun. Coba perhatikan  teman dari temanmu, teman orang tuamu, dan lainnya. Mereka juga cukup potensial untuk dijadikan koneksi.

Mengasah kemampuan berkomunikasi

Salah satu poin penting agar proses networking berjalan efektif ialah kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan ini akan menghindarkan kamu dari kecanggungan. Jika komunikasi baik dan lancar, hubungan yang terjalin pun akan bertahan dan berkelanjutan. Bagaimana kamu bisa membuka obrolan, memperkenalkan diri, hingga bisa membuat obrolan senyaman mungkin adalah kemampuan yang perlu dimiliki. Kesan yang baik akan membuatmu terus diingat.

Networking dengan berteman

Cara sederhana untuk membangun jaringan ialah berteman dengan siapa saja. Jika kamu sudah bekerja, kamu bisa fokus pada ikatan membangun persahabatan dengan banyak orang dari lintas bidang di tempat kerja. Kamu bisa bertukar pikiran atau bahkan meminta bantuan ketika pekerjaan terasa sulit. Selain itu, menghadiri berbagai event juga sangat membantu untuk bertemu orang-orang baru yang bisa dijadikan sebagai relasi bisnis.

Selalu follow-up

Membangun jaringan bukan hanya soal komunikasi yang dibentuk di awal saja, melainkan juga harus berkelanjutan. Hubungan akan tetap terjalin baik jika kamu mampu merawat hubungan tersebut, misalnya dengan meluangkan waktu untuk bertemu kembali dan bertukar pikiran atau mengirim kartu ucapan selamat. Dengan begitu, ikatan yang telah terbentuk sebelumnya menjadi semakin kuat.

Membangun jaringan merupakan salah satu langkah tepat untuk dapat mengembangkan karier. Saat ini, peluang melakukan networking juga menjadi lebih mudah dan lebih luas dengan adanya internet. Jadi, jangan ragu untuk memulainya ya, Jobhuners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun