Pasang Loker

7 Cara Menemukan Karirmu dengan Mudah

b

Apakah kamu ingin mendapatkan pekerjaan impian yang menyenangkan? Namun untuk menggapainya, terkadang kamu merasa bingung bagaimana caranya. Tenang Jobhuners, ada beberapa tips sederhana untuk menemukan karir impianmu yang bisa kamu lakukan:

 

1. Mengenali diri sendiri

 

Mulai sekarang tentukan rencana jangka panjang maupun jangka pendekmu tentang goals pekerjaan, misalnya seperti apakah pekerjaan yang kamu inginkan. Self assesment pada dasarnya merupakan point matters yang harus kamu kenali dari dalam dirimu sendiri. So,let’s write and make a list down, bisa dimulai dari hobby, skill, hingga passion yang kamu miliki.

 

2. Gunakan media sosial

 

Saatnya branding melalui dunia yang lain, alias dunia maya. Faktanya hampir 70% recruiters saat ini banyak mencari kandidat pelamarnya melalui dunia maya. So, let’s manage your social media and make a good profile for your self branding.
3. Mempersiapkan CV yang menarik

 

Tak cukup hanya good branding karena CV-mu juga penting. So, let’s prepere your resume yang baik nan menarik. Menarik hati HRD untuk membaca pastinya. Tak lupa tambahkan portofolio yang kamu miliki karena mereka perlu mengetahui bukti dari skill yang kamu miliki.

 

4. Manfaatkan email

 

Perlu kamu ketahui ternyata hampir 80% riset menyatakan bahwa tak semua perusahaan membuka lowongan melalui iklan. So, boleh-boleh saja kamu ajukan CV-mu secara langsung kepada email perusahaan incaran. But, make sure you’ve a reason why they must interest with your initiative send your CV.

 

5. Kirim ke beberapa perusahaan

 

Pastikan lamaran yang kamu kirimkan sesuai dengan posisi incaran. Kirim CV-mu pada beberapa perusahan lain yang sedang mencari posisi tersebut. Semakin banyak lamaran yang kamu kirimkan, maka akan semakin besar pula kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjan.

 

6. Memperbanyak koneksi

 

Perbanyak juga jaringan maupun kenalan pada orang dalam. Sebuah survei mengatakan bahwa sebanyak 85% posisi lowongan pekerjaan yang dibuka didapatkan dari koneksi orang dalam perusahaan tersebut. Jadi jangan ragu dan jangan malu untuk mengaku pada banyak temanmu pada saat kamu membutuhkan pekerjaan.

 

7. Melakukan interview sebaik mungkin

 

Saat yang paling dinantikan tiba setelah melalui serangkain proses panjang. Siapkan dirimu semaksimal mungkin dan jangan lupa pelajari seluruh kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan. So, don’t ever waste this process.

 

Nah, itu tadi beberapa poin untuk menemukan karir impianmu. Selamat mempersiapkan, Jobhuners!

 

(Artikel ini ditulis oleh: Azizah Nuraini)

About Author

CEO of Jobhun | Manager @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun