Aldi Solihin, Branding Diri hingga Jadi Ilustrator di Startup

Belakangan ini semakin banyak teman-teman milenial yang menyalurkan bakat menggambarnya dengan menerima jasa commission ilustrasi. Maraknya media sosial seperti Instagram bisa menjadi platform untuk menampilkan ide kreatif generasi milenial. Tetapi, bagaimana ceritanya jika skill ini ditekuni sebagai profesi utama? Simak yuk cerita karier dari Aldi Solihin, seorang Ilustrator yang menekuni kariernya di salah satu startup ternama di Indonesia, yaitu Tiket.com.

Apa kabar, Aldi? Gimana nih rasanya setelah lebih dari sebulan bekerja di rumah?

Alhamdulillah baik. Rasanya sepi sih, tapi setelah beberapa waktu cenderung jadi nyaman juga kerja dari rumah gini. Sekarang waktu before dan after office-nya bisa langsung dipake buat hobi atau kegiatan lain di rumah bareng keluarga.

Seperti apa kesibukan seorang ilustrator di perusahaan startup? Apa saja tugas sehari-hari yang harus dikerjakan?

Kalau dari kesibukan, kurang lebih sama saja dengan teman-teman pekerja startup yang lain. Kalau jobdesc sebagai Illustrator, tugas kami adalah membantu tim Product Designer dalam melengkapi interface yang akan di develop nantinya dengan sebuah ilustrasi.

Menurut pengalaman Aldi, bagaimana suka duka bekerja sebagai Ilustrator?

Sukanya karena saya senang menggambar jadinya enjoy aja gitu, terlebih di sini saya kerja bareng tim design, jadinya bisa sambil belajar nge-UI (user interface) juga. Kalau dukanya kadang kalau lagi mentok nggak ada inspirasi, tapi ya bagaimanapun juga kita tetap harus berkreasi sebisa mungkin.

Sebagai seorang ilustrator tentunya dituntut untuk selalu kreatif, bagaimana cara Aldi mengatasi rasa jenuh atau kebuntuan saat bekerja?

Rasa jenuh biasanya datang saat kegiatan atau pekerjaan yang sama dilakukan setiap hari, dan itu pastilah terjadi. Saat rasa jenuh atau buntu datang saya biasanya mulai melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan yang saya enjoy melakukannya. Kalau saya pribadi, tetap membuat sebuah gambar atau ilustrasi, namun bukan untuk keperluan pekerjaan. Dengan begitu saya bisa improve skill baru, eksplor style baru, bahkan bisa untuk dijadikan konten di media sosial. Cara lain adalah dengan bekerja sambil mendengarkan musik.

Menurut Aldi, bagaimana prospek karier sebagai Ilustrator untuk teman-teman milenial?

Saya lihat prospeknya bagus, sih. Apalagi dengan perkembangan dunia digital sekarang ini dan juga banyaknya company atau perusahaan yang ingin dibuatkan ilustrasi sesuai dengan identitas atau branding yang diinginkan. Selain itu, menurut saya sebenarnya ilustrasi dibutuhkan bukan hanya dalam industri digital saja, tetapi juga bisa dalam bentuk ilustrasi dalam buku, majalah, ataupun media lainya. 

Apa persiapan yang bisa dilakukan Jobhuners yang ingin berkarier sebagai Ilustrator?

Pertama, yang pasti harus ada keinginan yang kuat. Pelajari tools yang akan digunakan untuk membuat ilustrasi. Selanjutnya perbanyak latihan dan jam terbang. Jika sudah, mulailah branding diri sendiri sebagai seorang illustrator. 

Share dong, apa tips atau saran dari Aldi untuk Jobhuners yang ingin menekuni profesi ini?

Jangan berhenti untuk belajar. Selain itu, menurut saya akan lebih baik jika seorang ilustrator memiliki ciri khas atau style tersendiri. Walaupun bisa saja explore style lain yang sedang trending dan banyak digunakan, sehingga kemampuan kita tidak terbatas dan tetap bisa berkembang. Kemudian sering-sering post karyanya di media sosial, sedikit banyaknya hal ini dapat membantu memperkenalkan diri kita ke dunia luar.

Jadi, buat kalian yang tertarik menjadi ilustrator profesional, coba lakukan saran dari Aldi untuk memperbanyak latihan dan melakukan personal branding, ya! Apalagi zaman sekarang banyak media yang bisa dipakai untuk branding, contohnya Instagram dan LinkedIn. Dengan begitu, kita bisa menunjukkan karya dan portofolio agar bisa menekuni karier tersebut di industri profesional. Good luck, ya, Jobhuners!

About Author

Nabila Aulia Putri
Public Relations & Creative Content Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami