Pasang Loker

Apa Saja Sih Tugas Pokok Produser Film?

Industri perfilman di Indonesia terus meningkat. Hal ini ditandai dengan bertambahnya jumlah layar bioskop dan jumlah penonton yang semakin besar. Film Indonesia juga telah banyak diproduksi. Pada 2018, Indonesia bahkan mendapat julukan “The Rise of the Sleeping Giant” dalam CineAsia karena menjadi Negara di Asia Pasifik dengan perkembangan yang paling signifikan. Dilansir dari Bloomberg, terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kebangkitan industri film di Indonesia, yakni investasi asing, pertumbuhan pendapatan, dan dorongan produksi dan distributor untuk memasuki pasar film internasional.

Potensi industri film di Indonesia diprediksi akan terus meningkat di 2019. Selain didukung oleh investasi dan infrastruktur yang memadai, pekerja film yang berkualitas juga tak kalah penting. Orang-orang di belakang film inilah yang nantinya menentukan kualitas film itu sendiri. Jika kamu tertarik dengan dunia perfilman, pasti sudah tidak asing dengan sebutan produser. Produser adalah jabatan yang tak kalah penting dalam film karena bertanggung jawab terhadap pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Namun, apa saja detail tugas dari seorang produser?

Seorang produser film harus mengawasi dan menyalurkan sebuah proyek film kepada seluruh pihak terkait sambil mempertahankan integritas, suara, dan visi film tersebut. Produser terlibat aktif dalam semua tahapan proses pembuatan film, mulai dari pemunculan ide dan pengembangan hingga penyaluran proyek film tersebut. Namun, suatu ide atau konsep film dapat muncul dari siapapun, termasuk penulis naskah, sutradara atau produser. Lengkapnya, berikut tugas pokok dan tanggung jawab produser yang perlu kamu ketahui:

  1. Mencari dan mendapatkan ide cerita untuk produksi
  2. Membuat proposal produksi berdasarkan ide atau skenario film
  3. Menyusun rancangan produksi
  4. Menyusun rencana pemasaran
  5. Mengupayakan anggaran-dana untuk produksi
  6. Mengawasi pelaksanaan produksi melalui laporan yang diterima dari semua departemen
  7. Bertanggung jawab atas kontrak kerja  secara hukum dengan berbagai pihak dalam produksi yang dikelola
  8. Bertanggung jawab atas seluruh produksi

Nah, bagaimana Jobhuners? Jika kamu mempunyai passion di bidang film, terus kembangkan kemampuan dan networking. Bentuk tim yang solid dari sekarang, jangan takut untuk mulai berkarya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun