Pasang Loker

Apa Sih Bedanya Data Analyst, Data Engineer, dan Data Scientist?

Jobhuners, pernahkah kalian mendengar profesi data analyst, data engineer, atau data scientist? Profesi-profesi tersebut mungkin belum begitu familiar ya, tetapi ternyata mereka memiliki prospek gaji yang menjanjikan, lho! Mungkin karena saat ini data menjadi sesuatu yang sangat penting ya sampai ada istilah data is the new oil. Penasaran apa bedanya dan bagaimana job description-nya? Berikut Jobhun sudah merangkumnya untukmu!

Data Analyst Data Engineer/Architect Data Scientist/Manager
Tugasnya membersihkan, menganalisis, dan membuat visualisasi data. Tugasnya mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data, serta  memelihara/memonitor infrastruktur data di perusahaan. Tugasnya membersihkan, memproses, dan mengolah data besar.
Tidak hanya menganalisis, tapi juga melakukan eksperimen untuk membuktikan dan dapat memberikan saran dan masukan yang paling tepat untuk dilakukan organisasi/badan usaha terkait dengan manajemen strategi selanjutnya.
Biasanya mengolah lebih lanjut data yang telah dikumpulkan oleh data engineer
Mencari insights untuk memajukan bisnis dari segi apapun dan memberikannya ke data engineer dan data analyst. Mengolah bahan yang diberikan untuk melakukan eksperimen dan menentukkan langkah selanjutnya. Membangun dan mengoptimalkan sistem yang memungkinkan para data scientist dan data analyst untuk melakukan pekerjaan mereka Kadang merangkap pekerjaan data analyst untuk melakukan analisis data, di mana mereka perlu menyajikan data dilengkapi dengan pemaparan yang jelas untuk membantu pengambilan keputusan dan pekerjaan data engineer, terutama dari segi ekstraksi data dengan menggunakan bahasa SQL atau NoSQL.
Harus mempunyai keahlian khusus di bidang bisnis, statistika, dan komunikasi. Harus mempunyai keahlian khusus di bidang programming, matematika, dan big data. Harus mempunyai keahlian khusus di bidang pemrograman data, komunikasi, ekonomi, dan juga ilmu eksak, seperti matematika dan statistik agar bisa menyaring data dengan cara yang cepat.
Sudah ada sejak lama Muncul di era big data Muncul di era big data
Menggunakan program seperti Excel, Tableau, dan SQL

Harus menguasai istilah bisnis, SQL, Excel, dan tools pembuat infografik/grafik yang menarik

Menggunakan program seperti Hadoop, NoSQL, dan Phyton

Harus menguasai SQL, Databases (RDBMS,NoSQL, Data Warehouse, Data Lake, dll), ETL Tools (Pentaho, Ab Initio, dll), Pipeline (Airflow, Kafka, Luigi, Azkaban, dll), basic programming dan shell script

Menggunakan program seperti SQL dan Phyton

 

Harus menguasai statistika, matematika, algoritma terkini, bahasa pemrograman untuk membuat model yang biasa, Python atau R, dan tools-tools lainnya untuk mengolah dan membuat model

Idealnya, ketiga pekerjaan ini, saling melengkapi dan susah untuk berdiri sendiri-sendiri. Namun, dalam beberapa keadaan tertentu, ketiga uraian pekerjaan di atas tidak selalu berdiri sendiri. Misalnya pada awal pembuatan startup, seorang data scientist mungkin harus menjadi data engineer dan/atau data analyst. Namun, secara garis besar, pekerjaan akan menjadi jauh lebih rapi apabila masuk ke dalam salah satu kategori.

Selain memiliki prospek gaji yang bagus, profesi di atas kini sangat dicari oleh perusahaan. Tidak hanya untuk yang berkecimpung di bidang teknologi, tenaga ini dibutuhkan perusahaan dari berbagai sektor industri, seperti perbankan, pendidikan, kesehatan, transportasi & logistik, travel, media, dan sebagainya. Biasanya, semakin besar perusahaan, maka semakin banyak orang yang dibutuhkan dalam bidang ini.

Namun, sayangnya kebutuhan yang besar ini tidak sejalan dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang ahli di Indonesia. Ini mungkin karena belum banyak orang tertarik untuk berkecimpung di bidang ini dan kurangnya institusi pendidikan yang mengajarkan ilmu berkaitan dengan profesi di atas. Namun, kini kita bisa mempelajarinya secara otodidak melalui internet, lho. Ada banyak situs yang bisa kita akses seperti Coursera, Dataquest atau Datacamp. Gimana kamu tertarik nggak untuk menggeluti dunia data ini, Jobhuners?

About Author

Highly interested in communication, media, and political studies

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun