Apa sih Faktor Utama Milenial dalam Mencari Pekerjaan?

Jobhuners, apa sih yang biasanya paling kamu pertimbangkan dalam mencari pekerjaan? Sebenarnya, hal ini pasti sangat relatif ya bergantung pada keadaan masing-masing orang. Ada yang bilang mereka bekerja untuk bisa bertahan hidup atau ada juga yang mengejar aktualisasi diri. Namun ternyata, ada sejumlah faktor yang biasanya paling dipertimbangkan ketika seseorang ingin mencari pekerjaan. Kira-kira faktor apa saja ya? Berikut ini, Jobhun punya daftar faktor-faktor utama yang biasanya dipertimbangkan milenial, yaitu orang yang saat ini berada di usia 20-35 tahun, dalam mencari pekerjaan, berdasarkan data dari Indonesia Millennial Report 2019 yang dikeluarkan oleh IDN Times. Yuk kita cek sama-sama!

 

Milenial (20-35 tahun)

1. Gaji 83,7%

Tidak bisa dipungkiri, gaji masih menjadi faktor utama yang paling dipertimbangkan milenial dalam mencari pekerjaan. Selain harga barang-barang yang memang semakin mahal karena adanya inflasi setiap tahunnya, kebutuhan untuk memenuhi gaya hidup juga menjadi salah satu hal yang membuat para milenial memiliki standar gajinya masing-masing.

2. Jenis/teknis pekerjaan 44,4%

Jenis pekerjaan juga menjadi hal kedua yang biasanya dipertimbangkan milenial dalam mencari pekerjaan. Biasanya hal ini bergantung pada latar belakang pendidikan atau kemampuan yang mereka miliki.

3. Brand perusahaan 23%

4. Durasi/waktu kerja 23%

5. Lokasi pekerjaan 23%   

Untuk faktor di urutan ketiga hingga kelima ini, antara junior millennial dan senior millennial sedikit memiliki perbedaan. Junior millennial cenderung lebih memperhatikan lokasi pekerjaan daripada durasi atau waktu kerja, sedangkan senior millennial lebih memperhatikan durasi atau waktu kerja. Selain itu, ada juga sejumlah faktor lain yang mereka pertimbangkan seperti sesuai atau tidaknya dengan passion, teman atau lingkungan kerja, fasilitas atau pengembangan diri, dan waktu libur atau cuti.

Junior millennial (20-27 tahun)

  1. Gaji 84,4%
  2. Jenis/teknis pekerjaan 45,2%
  3. Lokasi pekerjaan 24,9%
  4. Brand perusahaan 24,3%
  5. Durasi/waktu kerja 22,3%
  6. Sesuai passion 17,1%
  7. Teman/lingkungan kerja 17%
  8. Fasilitas/pengembangan diri 16,3%
  9. Waktu libur/cuti 8,6%

Senior millennial (28-35 tahun)

  1. Gaji 83%
  2. Jenis/teknis pekerjaan 43,5%
  3. Durasi/waktu kerja 24,3%
  4. Brand perusahaan 22,8%
  5. Lokasi pekerjaan 20,5%
  6. Sesuai passion 17%
  7. Teman/lingkungan kerja 17%
  8. Fasilitas/pengembangan diri 13,2%
  9. Waktu libur/cuti 6,3%

Yang menarik, gaji memang menjadi faktor utama milenial dalam memilih perusahaan, tetapi ternyata kurangnya pengembangan diri menjadi faktor utama milenial keluar dari perusahaan yaitu sebanyak 26,5%. Jobhuners, apa faktor utama yang biasanya kamu lihat dalam mencari pekerjaan atau perusahaan? Tulis di kolom komentar bawah ya!

Sumber: IDN Times

About Author

Highly interested in communication, media, and political studies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami