Pasang Loker

Apa sih Hal yang Penting dalam Berkarier?

Jobhuners, apa hal yang menurutmu paling penting dalam berkarier? Sebagian besar, mungkin akan menjawab gaji ya. Tentu saja, itu bukan jawaban yang salah. Gaji memang menjadi hal yang penting dalam berkarier karena dengan mendapatkan gaji, kita merasa mendapatkan apresiasi atas usaha kita, selain tentu saja jika memiliki uang, kita bisa melakukan banyak hal. Namun, ternyata gaji yang besar bukan satu-satunya hal yang penting dalam karier seseorang lho. Ada pula sejumlah faktor lain yang penting dalam karier, selain gaji. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak bersama!

Self-development dan kesempatan belajar

Pengembangan diri dan kesempatan belajar merupakan salah satu faktor yang penting dalam berkarier. Dengan memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri dan belajar, kita akan lebih mudah merasa bersemangat daripada berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan kita untuk mengeksplorasi kemampuan dan hal-hal baru. Hal ini terlihat dari hasil riset yag dikeluarkan oleh IDN Times dalam Indonesia Millennial Report 2019. Di sana disebutkan bahwa 26,5% milenial memutuskan untuk berpindah perusahaan karena kurangnya fasilitas atau pengembangan diri.

Atasan atau senior yang bisa menjadi mentor

Adanya atasan atau senior yang bisa menjadi mentor juga merupakan salah satu hal yang penting dalam berkarier. Dengan memiliki mentor, kita bisa mengetahui banyak hal yang biasanya hanya bisa diketahui jika kita sudah bekerja dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, kita juga bisa menanyakan kesulitan-kesulitan yang kita temui dalam bekerja kepada mentor kita tersebut.

Lingkungan dan suasana kerja yang kondusif

Nah, hal ini juga merupakan hal yang penting dalam berkarier. Kalian pernah dengar tentang kerja sesuai passion, lingkungan kerja kondusif, dan gaji tinggi yang tidak bisa didapatkan sekaligus nggak? Hal ini menunjukkan bagaimana lingkungan dan suasana kerja yang kondusif menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dalam berkarier. Jika kamu memiliki hal itu, kemungkinan besar kamu akan bisa berkembang dan merasa lebih bahagia.

Rekan kerja yang suportif dan tim yang solid

Kalau faktor yang ini, berhubungan dengan faktor yang sebelumnya. Salah satu hal yang bisa membuat lingkungan dan suasana kerja yang kondusif ya rekan kerja dan tim yang suportif dan solid. Kerja bersama kan bukan hanya tentang kita sendiri. Pasti lelah rasanya kalau rekan kerja yang kita miliki tidak mendukung kita untuk bisa berkembang.

Work-life balance

Di zaman yang inginnya serba cepat seperti sekarang ini, work-life balance juga merupakan salah satu hal penting yang biasanya diperhatikan seseorang dalam berkarier. Ada orang-orang yang menghindari bidang-bidang pekerjaan tertentu yang tidak memungkinkan untuk bisa memiliki work-life balance.

Jenjang karier jelas

Dalam berkarier, jenjang karier yang jelas juga diperlukan. Dengan mengetahui jenjang karier yang bisa kita tapaki sejak awal, kita bisa merencanakan karier dengan lebih matang.

Kontrak dan aturan kerja adil

Hal yang terakhir disebutkan ini, juga tidak boleh dilupakan lho. Sejak awal, pastikan kamu sudah memiliki kontrak kerja dan juga mengetahui aturan di tempat kerjamu. Seiring berjalannya waktu, kamu harus melihat bagaimana perusahaanmu menerapkan hal ini. Jika mereka tidak melakukannya sesuai kesepakatan di awal dan kamu merasa dirugikan, tentu ini tidak baik bagi perkembangan kariermu ke depannya.

Nah, itu tadi sejumlah faktor penting selain gaji yang perlu kamu pertimbangkan dalam berkarier, Jobhuners. Kalau menurutmu, mana nih yang paling penting?

About Author

Highly interested in communication, media, and political studies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami