Pasang Loker

Mengenal Profesi Art Director, Bukan Soal Kreativitas Belaka

Art director, profesi yang memiliki role penting dalam dunia industri kreatif layaknya desain grafis, periklanan, televisi, film, fashion, dan masih banyak lagi. Jadi, apa sih sebenarnya art director itu? Dan apa saja yang pekerjaannya? Yuk, kita bahas satu-satu!

Apa itu Art Director?

Profesi Art director bisa memiliki makna berbeda, tergantung organisasi tempat mereka bekerja. Secara garis besar, profesi ini bertugas untuk mengatur tim desainer yang bekerja untuk proyek kreatif. Seorang art director harus bisa berperan sebagai pemimpin yang dapat menginspirasi dan menjadi pedoman dari visi yang telah dirancang bersama dengan tim desain.

Keseharian Art Director

Setelah memahami gambaran tentang apa sebenarnya profesi art director, selanjutnya muncul pertanyaan tentang apa saja yang art director lakukan dalam keseharian bekerja. Seorang art director bertanggung jawab atas keseluruhan tampilan visual agar bisa persuasif sehingga mampu dianggap menarik oleh sasaran atau target audiens. Peran seorang art director tak terbatas jika berbicara mengenai segi visual ini. Mereka harus mampu menjadi pedoman bagi audiens melalui informasi yang disampaikan, baik melalui kata-kata yang  mengandung gambar,  atau menciptakan struktur dan penekanan melalui tata letak dan tipografi. Selain tugas utama tersebut, art director juga mempunyai peran manajemen, seperti menyampaikan kritik akan pekerjaan desainer, bekerja di bawah budget dan deadline ketat, serta terkadang harus mendisiplinkan desainer timnya yang mulai menampakkan gejala kemalasan.

Skill yang perlu dimiliki oleh Art Director

Pertanyaan lainnya, apa skill yang diperlukan untuk menjadi seorang art director yang baik? Well, saat menjadi art director, kamu akan bekerja dengan orang banyak dan bukan hanya komputer semata. Satu hal yang pasti adalah, selain tentang creativity things, kamu juga butuh temperamen dan kepribadian baik supaya bisa mudah menyesuaikan diri dalam profesi satu ini. Skill lain yang sekiranya dibutuhkan untuk jadi seorang art director antara lain:

  • Kreativitas yang khas
  • Manajemen waktu yang baik
  • Terbuka dan menghargai pengaruh orang-orang, seperti influencer, ahli, maupun orang inspirasional lainnya yang ada di dekat mereka

Bagaimana, apakah kamu mulai tertarik dengan profesi yang satu ini? Tenang aja, bagi kamu yang sudah mulai yakin untuk berkarier di bidang ini bisa mengikuti tips-tips berikut. Apa saja?

  • Buat portofolio yang kamu banget. Ini merupakan bekal awal yang seakan menjadi pintu masuk kunci untuk bisa berkarier di industri kreatif. Jangan lupa untuk menerapkan style kamu ke dalam portofolio yang kamu buat.
  • Perluas jaringanmu. Bertemanlah dengan orang yang berasal dari berbagai background. Dengan ini, kamu bisa mendapatkan saran, bahkan ide-ide segar yang mungkin selama ini tidak terpikirkan sebelumnya
  • Tingkatkan pengetahuanmu. Ini penting dan basic. Saat kamu ingin berkarier di suatu bidang, sudah seharusnya kamu mencari pengetahuan tentang profesi yang akan kamu jalani, termasuk industri-industri yang menampung peran itu di bidangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun