Bagaimana Cara Membangun Karier Kembali Setelah Terkena PHK?

Bagaimana Cara Membangun Karier Kembali Setelah Terkena PHK?

Pemutusan kontrak kerja dapat terjadi karena banyak hal, salah satunya jika kamu melakukan kesalahan fatal atau kesalahan kecil yang berulang dan nggak dapat ditolerir oleh perusahaan. Apalagi, di tengah pandemi, banyak perusahaan yang memutuskan untuk memecat karyawan atau memberlakukan unpaid leave sampai semua berjalan normal kembali.

Siapa bilang dipecat dari kerjaan merupakan berita buruk dan dapat menghancurkan karier yang sudah kamu bangun? Pada beberapa kasus, berhenti dari pekerjaan justru memberikan banyak hal baik setelah kamu melewati masa-masa yang berat. Bagi kamu yang baru saja di-PHK, lakukan hal-hal berikut ini agar kamu nggak menyesal untuk kedua kalinya!

1. Beristirahatlah untuk beberapa waktu

Setelah berhenti dari pekerjaan, kamu pasti cenderung untuk langsung mencari lowongan kerja. Kamu merasa nggak pantas untuk membuang waktu dan terburu-buru ingin segera bekerja kembali. Perilaku ini sebaiknya kamu hindari. Kamu akan mengalami penolakan dari berbagai perusahaan karena sembarangan dalam mendaftarkan diri. Jika kamu bisa diterima ke sebuah perusahaan, maka belum tentu hal ini akan membuat kondisimu lebih baik. Kamu hanya akan menyiksa diri lebih jauh lagi. Sebaiknya kamu beristirahat untuk beberapa waktu. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang yang kamu miliki setelah nggak lagi bekerja untuk menghubungi teman-teman lama. Kamu juga bisa mengistirahatkan pikiran dengan cara meditasi.

2. Jujurlah kepada diri sendiri dan lakukan evaluasi

Momen Ini merupakan saat yang tepat bagi kamu untuk mengevaluasi diri sendiri. Apa sih penyebab kamu kehilangan pekerjaan sebelumnya? Apakah kamu sudah bahagia dan memberikan performa terbaikmu di tempat kerja? Kamu bisa menganggap pemutusan kontrak kerja yang dilakukan perusahaan sebagai jalan yang tepat untuk kamu lalui. Jika kamu nggak dipecat, kamu nggak akan pernah berpindah ke tempat yang kamu inginkan dan terus berada di fase stagnan yang meskipun membuat kamu nggak nyaman, harus dijalani demi mempertahankan karier.

3. Menyelamatkan kondisi keuanganmu

Sambil memikirkan jalan keluar, kamu harus menyelamatkan keuanganmu terlebih dahulu. Gajian bulan depan nggak akan turun sehingga kamu harus pintar dalam berhemat. Buatlah anggaran keuangan yang realistis! Terlalu keras kepada diri sendiri nggak akan menyelamatkan keuanganmu. Justru, kamu akan semakin boros karena menghabiskan uang untuk hal-hal yang nggak perlu demi membuat hatimu menjadi lebih baik. Lupakan gengsi dan utamakan pikiran yang realistis. Jika kamu harus meminta bantuan dari orang tua, maka lakukanlah agar dapat tetap bertahan hidup. Ingat, fase ini cuma sementara kok sebelum kamu kembali mendapatkan pekerjaan.

4. Mempelajari keahlian baru

Apakah kamu sudah menemukan apa titik lemahmu dari pekerjaan sebelumnya? Jika kekuranganmu ada pada time management, ini saatnya untuk mengikuti seminar tentang cara mengatur waktu yang baik. Atau, kamu sebenarnya nggak menginginkan pekerjaan yang sudah kamu jalani? Ini saatnya bagi kamu untuk mempelajari keahlian baru sesuai dengan minat yang kamu miliki. Kamu bisa mempelajari keahlian apa pun dan memberikan waktu sepenuhnya untuk fokus belajar. Jobhun memiliki berbagai pilihan untuk belajar keahlian baru bagi pemula yang bisa kamu pertimbangkan di Jobhun Academy.

Setelah mempelajari keahlian baru dan membenahi hal-hal yang bisa kamu kembangkan, kamu bisa mulai mencari pekerjaan kembali. Lupakanlah rasa sakit hati dan malu karena dipecat dari pekerjaan sebelumnya. Kamu tahu bahwa proses ini sangat penting untuk membuatmu bertahan lebih lama di tempat kerja yang baru. Segeralah move on dan mencari rumah kedua dan keluarga yang baru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami