Pasang Loker

Bagaimana Sih Cara Milenial Mencari Kerja?

Jobhuners, tahukah kamu kalau setiap tahunnya jumlah angkatan kerja di Indonesia selalu mengalami kenaikan? Hal ini terlihat dari data yang dikeluarkan oleh BPS (Badan Pusat Statistik). Jumlah angkatan kerja pada Februari 2019 ada sebanyak 136,18 juta orang. Jumlah ini mengalami kenaikan sebanyak 2,24 juta orang dibandingkan pada Februari 2018. Diantara para angkatan kerja ini, ada generasi milenial, baik senior millennial, yaitu yang berusia 28 sampai 35 tahun atau junior millennial yang berusia 20 sampai 27 tahun. Para milenial ini, sama seperti orang-orang yang berada di angkatan kerja lainnya, saling bersaing untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Namun, sebagai sesama milenial, ada satu kesamaan yang mereka miliki, yaitu dalam cara mencari pekerjaan.

Menurut data dari Indonesia Millennial Report 2019 yang dikeluarkan oleh IDN Times, milenial yang merupakan digital native sudah akrab dengan teknologi digital sejak kecil, karena mereka lahir atau besar di saat teknologi digital sedang berkembang pesat. Karena itulah, hampir seluruh aktivitas mereka selalu berhubungan dengan digital dan internet, termasuk dalam hal mencari pekerjaan. Website lowongan kerja menjadi rujukan mereka dalam mencari informasi lowongan pekerjaan. Menurut hasil riset, 1 dari 2 milenial Indonesia mencari informasi lowongan pekerjaan dari situs lowongan kerja. Junior millennial cenderung lebih banyak bergantung pada situs lowongan kerja dibanding dengan senior millennial. 56,6% dari junior millennial berpengalaman mencari lowongan kerja di internet. Jumlah ini terpaut 16,9% dari jumlah senior millennial yang mencari lowongan kerja di internet, yaitu sebanyak 39,7%. Selain berisikan informasi lowongan kerja, biasanya situs lowongan kerja seperti Jobhun, juga memberikan artikel-artikel yang berkaitan dengan karier.

Berdasarkan pengamatan penulis, selain situs lowongan kerja, ternyata milenial juga banyak mencari lowongan kerja di platform lain di internet seperti media sosial, bahkan ada juga yang melalui e-commerce lho Jobhuners. Ini menunjukkan bagaimana milenial sangat bergantung pada internet dalam mencari pekerjaan. Melalui internet, orang yang membuka dan mencari lowongan kerja memang jadi lebih mudah bertemu, jika dibandingkan dengan menggunakan media lain seperti iklan koran atau poster.

Sumber: IDN Times, BPS

About Author

Highly interested in communication, media, and political studies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami