Pasang Loker

Barista: Seniman Pembuat dan Peracik Kopi

Barista itu apa?

Barista adalah sebutan untuk orang yang tugasnya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Selain itu, mereka juga sudah terlatih secara profesional untuk membuat kopi espresso, plus memiliki keahlian tingkat tinggi untuk meracik kopi-kopi yang melibatkan berbagai campuran dan rasio semacam latte atau cappucino. “Barista” sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya “pelayan bar”. Pekerjaan ini bisa diakukan oleh semua gender, baik wanita maupun pria.

Apa yang dikerjakan? 

Biasanya barista bekerja di coffe shop, kafe, atau bar-bar kopi. Pekerjaan mereka mengukur seberapa besar suhu dan tekanan yang digunakan untuk membuat espresso, apalagi kopi ini merupakan jenis minuman yang agak sulit dibuat. Sehingga membuat minuman dengan cara manual sangat diperlukan keterampilan.

Selain itu, barista juga membuat minuman-minuman yang menggunakan campuran susu, baik latte atau cappucino. Membuat dan menyajikan kopi sejenis ini bukan pekerjaan yang mudah. Mungkin kita mengira pekerjaan ini hanya sekadar mencampurkan susu ke dalam espresso, tapi dibalik itu barista harus mempunyai skill untuk mengetahui apakah susu ini harus di-froth, di-steam, atau di-foam sampai akhirnya barista menyempurnakan minuman itu dengan sentuhan akhir yang biasa disebut dengan latte art.

Maka dari itu, untuk menjadi seorang barista diperlukan banyak latihan, bahkan terkadang ada beberapa barista yang mengikuti kelas-kelas pelatihan barista, mencari ilmu terlebih dahulu di sekolah-sekolah barista seperti Indonesian Coffe Academy dan Esperto Baristo Course, hingga mengikuti kelas sertifikasi untuk mendapatkan sebutan profesional barista.

Berapa gaji seorang barista?

Profesi barista akan mengalami peningkatan dalam hal pengalaman dan jam terbang dari waktu ke waktu. Maka semakin banyak pengalamannya, semakin tinggi pula gaji yang akan didapatkan seorang barista. Untuk penghasilan barista tingkat awal mencapai 2,5 juta. Sedangkan untuk profesional barista atau barista tingkat atas dapat lebih tinggi dari itu. Saat seorang profesional barista mengadakan workshop, ia bisa mendapatkan penghasilan sebesar 5 hingga 10 juta dalam seminggu. Bahkan ada yang lebih besar ini.

Apakah pekerjaan ini menjanjikan?

Tren nongkrong di coffe shop mengalami pertumbuhan yang sangat baik dari tahun ke tahun, bahkan sudah menjadi gaya hidup anak milenial. Hal ini bisa kita lihat bahwa semakin menjamurnya coffe shop disetiap kota, terutama kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Menjamurnya coffe shop ini membuat profesi barista semakin terlihat di depan mata. Ditambah dengan jumlah penikmat kopi yang juga meningkat pesat. Semua data ini dapat mendukung bahwa pekerjaan barista akan menjanjikan dalam 10 tahun ke depan, namun dengan kemampuan dan keahlian yang memang benar-benar mumpuni.

Gimana Jobhuners? Kalian termasuk pecinta kopi dan ingin mencoba untuk berkarier menjadi seorang barista? Boleh dong cerita alasannya kenapa. Eh, tapi buat kamu yang perempuan bisa juga lho mecoba profesi ini, malah akan menjadi keunikan sendiri untuk kamu dengan alasan barista di Indonesia kebanyakan masih diisi oleh laki-laki saja.

About Author

Saya adalah seorang mahasiswi semester 5 di sebuah perguruan tinggi STIKOM Surabaya yang sedang mencoba untuk menjajaki karir sebagai Penulis Content dan Penulis Code Program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun