Pasang Loker

Baru Lulus? Ketahui 5 Keunggulan Fresh Graduate Ini!

Apakah kamu tergolong sarjana baru yang tengah menyiapkan CV dan mencari kerja, Jobhuners? Jumlah lulusan perguruan tinggi di Indonesia bisa mencapai 250 ribu setiap tahunnya. Sementara itu pertumbuhan perusahaan juga kian meningkat. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) sepanjang 2017 total perusahaan di Indonesia mencapai 26.71 juta. Walaupun memang selalu ada gap antara para lulusan dan keinginan perusahaan, faktanya dunia kerja sendiri memang cukup kompleks.

Menapaki langkah untuk terjun ke dunia kerja sebagai fresh graduate tidak perlu membuatmu minder atau takut kalah saing. Bukan hanya para pelamar berpengalaman saja kok yang punya keunggulan, di mata para perekrut dan perusahaan, fresh graduate juga menarik karena punya nilai plus tersediri. Apa saja keunggulan tersebut? Yuk, simak berikut ini.

Memahami teknologi

Di zaman sekarang, memahami teknologi itu sangat penting. Sebagai anak muda yang memang akrab dengan hal tersebut, kemampuan para fresh graduate ini tentu akan menjadi satu nilai tambah tersendiri di mata perusahaan. Hal ini juga yang nantinya memudahkan mereka untuk beradaptasi dengan teknologi baru lainnya. Pengetahuan akan informasi terkini berkat adanya teknologi juga sangat membantu untuk memperluas wawasan dan menemukan sudut pandang lain sehingga bisa diterapkan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Keinginan belajar yang tinggi

Fresh graduate bisa diibaratkan sebagai kanvas putih yang perlu diisi dengan gambar dan warna. Inilah mengapa mereka terpacu untuk terus belajar banyak hal dan mendapatkan aneka pengalaman di dunia kerja. Mereka bisa menyerap infromasi, tidak takut untuk bertanya ini-itu, serta berani mengambil risiko. Sifat inilah yang membuat mereka terus berkembang dan akhirnya mudah beradaptasi dengan pekerjaan atau kultur perusahaan.

Sudut pandang baru

Tidak sedikit dari para sarjana baru ini yang bisa memberikan ide-ide segar dan perspektif baru dalam hal pekerjaan. Pengetahuan tak terbatas yang bisa diakses melalui internet, pengalaman internship, atau dorongan untuk terus berinovasi saat kuliah menjadikan fresh graduate punya hal menarik satu ini. Mereka juga dinilai berani dalam mengambil risiko untuk menaklukan tantangan yang sedang dihadapi.

Loyalitas

Walaupun ada sebutan “kutu loncat” untuk para milenials karena seringnya gonta-ganti pekerjaan, namun para lulusan baru ini tetap dinilai maksimal dalam hal pekerjaan lho. Ini karena pentingnya pengalaman kerja pertama sebagai tonggak awal untuk menapaki karier ke depan. Fresh graduate tergolong cukup berkomitmen dengan mengoptimalkan hasil kerja mereka. Inilah yang disukai perekrut atau perusahaan.

Mudah dibentuk

Fresh graduate yang belum pernah bekerja di perusahaan manapun tidak perlu terikat dengan “politik kantor”. Hal ini yang membuat mereka mudah dibentuk agar bisa menjadi profesional yang sesuai dengan visi-misi perushaan. Ditambah, mereka mudah menyesuaikan diri dengan kultur dan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan. Dengan merekrut para sarjana baru ini, perusahaan juga bisa mulai mengumpulkan budaya unik mereka dan nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan karyawan lainnnya.

Nah, mengetahui apa keunggulanmu sebagai sarjana baru dapat membantumu untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai. Tidak perlu lagi merasa minder atau takut kalah saing, karena perusahaan juga membutuhkan para fresh graduate selama kemampuannya mumpuni. Jadi, semangat terus ya Jobhuners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun