Pasang Loker

Ini Beberapa Soft Skill yang Dibutuhkan oleh Perusahaan!

Soft skill merupakan kemampuan yang berada di luar teknis dan akademis, yang mengutamakan intra dan interpersonal. Contohnya kemampuan untuk berbicara di depan publik, memimpin orang lain, atau menjalin relasi dengan rekan kerja. Soft skill  ini bisa dipelajari di kampus seperti organisasi kampus, di komunitas dan pengalaman-pengalaman dalam sebuah event.

Kemampuan ini harus dipelajari karena dari 57 persen pemimpin mengatakan bahwa soft skill lebih penting daripada hard skill, namun bukan berarti hard skill tidak penting. Tetap penting hanya saja porsinya lebih tinggi dari dibandingkan dengan hard skill.

Jadi soft skill apa saja yang dibutuhkan perusahaan ditahun 2019, Jobhuners? Berdasarkan survei yang dilakukan LinkedIn dari 2.000 pemimpin bisnis dan bertanya tentang soft skill apa yang mereka sukai untuk dipelajari oleh karyawan mereka. Berikut ini jawaban para pemimpin bisnis, Jobhuners:

Kepemimpinan

Keahlian dalam kepemimpinan ini sangat diperlukan disebuah perusahaan. Soft skill ini mengajarkan bagaimana seorang bisa memimpin orang lain di dalam sebuah tim, mengarahkan seseorang agar mencapai tujuan yang ditentukan, serta bisa menjadi inspirasi untuk timnya bekerja lebih baik lagi. Tanpa seorang pemimpin, maka tujuan yang ditentukan tidak akan tercapai.

Komunikasi

Komunikasi termasuk hal yang penting dalam sebuah tim atau perusahaan. Tanpa kemampuan berkomunikasi dengan baik, maka dalam sebuah tim akan terjadi banyak miss-komunikasi dan akan mempersulit tim untuk mencapai tujuan. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, seseorang akan lebih mudah menyampaikan informasi, sebuah pendapat atau opini bahkan sebuah kritik atau kalimat ketidaksetujuan terhadap sesuatu.

Kolaborasi

Soft skill yang dibutuhkan selanjutnya adalah kolaborasi. Para pemimpin bisnis menginginkan karyawannya untuk bisa berkolaborasi dengan orang lain. Kolaborasi ini memberikan dampak yang bagus pada suatu perusahaan, misalnya menurunkan biaya perusahaan, meningkatkan produktivitas dan efektivitas karyawan dan memberikan manfaat-manfaat lainnya. Diibaratkan dalam sebuah pepatah, kolaborasi bisa seperti sapu lidi. Jika ada banyak batang lidi dikumpulkan menjadi satu maka akan menjadi sapu lidi yang bisa digunakan untuk menyapu dengan bersih.

Manajemen waktu

Kebanyakan dari karyawan kesulitan untuk memenejemen waktu mereka. Bagaimana untuk membagi waktu mereka dengan pekerjaan, keluarga, hobi atau komunitas dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dengan mempelajari soft skill ini, para pemimpin bisnis mengharapkan agar mereka bisa memanage waktu dan nantinya bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas mereka.

Itu tadi beberapa soft skill yang sebaiknya kamu miliki, Jobhuners. Bagaimana, sudah siap menghadapi dunia kerja dengan bekal yang kamu punya?

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun