Berbagi Pandangan tentang Cara Menikmati Perjalanan Karier

Bagi kalangan milenial yang baru meniti karier, menentukan pekerjaan seringkali menjadi tantangan tersendiri. Hal ini berkaitan dengan pengalaman dan pengetahuan tentang dunia kerja yang masih minim, target jangka panjang yang ingin dicapai, hingga pertimbangan mengenai kebutuhan yang harus dipenuhi dari sisi finansial, sosial, dan intrapersonal (self-awareness). 

Di bulan Oktober 2020, Jobhun Talks kembali hadir secara online dengan menggandeng Ikigai Consulting dalam webinar bertajuk “A Work Well-Spent: Optimizing Personal Growth and Keeping Work-Life Balance”. Bersama moderator Nabiilah Ulinnuha (COO Jobhun) dan pemateri Flavia Sungkit (Founder Ikigai Consulting), dibahas mengenai cara mengatur fokus, tujuan, dan prioritas dalam berkarier. Forum ini diikuti oleh 124 peserta dari kalangan mahasiswa, fresh graduates, maupun pegawai swasta dan umum.

Webinar dibuka dengan sesi pemaparan materi oleh Flavia Sungkit, yang memberikan pandangan tentang karier sebagai suatu perjalanan panjang di mana seseorang dapat mengembangkan diri sekaligus berkontribusi terhadap lingkungan sekitar. Flavia menguraikan, dalam perjalanan tersebut terdapat lima tahapan, yaitu exploration (eksplorasi), establishment (pembentukan), maintenance (pemeliharaan), advancement (perkembangan), sampai akhirnya tiba di tahap withdrawal (masa pensiun). Audiens juga berkesempatan untuk mengikuti free assessment dari Ikigai untuk mengetahui posisi mereka dalam tahapan karier ini. Setelah mengenal posisi masing-masing, audiens juga diberi pemahaman tentang minat, kekuatan, dan kekurangan diri, sebelum kemudian mereka dapat merumuskan target jangka panjang, target jangka pendek, dan tujuan besar dalam berkarier.

Usai pemaparan materi, terdapat sesi talkshow antara pemateri dengan moderator untuk membahas lebih dalam mengenai topik work-life balance. Dalam sesi ini, Flavia dan Nabiilah berbincang tentang cara menjaga mood dan produktivitas dalam bekerja. Flavia menyarankan untuk membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, lingkungan sosial, dan waktu khusus untuk diri sendiri.

Selanjutnya, audiens mendapat kesempatan untuk berkonsultasi terkait topik yang dibawakan di sesi tanya jawab. Melalui forum ini, diharapkan Jobhun dan Ikigai dapat berbagi pandangan tentang Personal Growth dan Work-Life Balance agar para milenial dapat memiliki pengalaman berkarier yang produktif dan seimbang.

About Author

Nabila Aulia Putri
Public Relations & Creative Content Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami