Dea Putri, Membantu Orang Lewat Media Sosial Melalui Riliv

Jobhuners, apakah kamu pernah berpikir bahwa mungkin kita bisa membantu banyak orang dengan berbagai cara? Nah, salah satunya melalui media sosial. Banyak orang yang menganggap bahwa media sosial memiliki pengaruh buruk, namun sebenarnya juga ada banyak hal baik yang bisa dilakukan melalui media sosial, lho. Dea Putri, Social Media Manager di Riliv, salah satu startup asal Surabaya yang memiliki layanan konsultasi dengan psikologi secara online, ini merasa bahwa ia bisa banyak membantu orang melalui media sosial. Apa saja sih pengalaman Dea saat menjalani profesi ini di Riliv? Simak yuk cerita karier Dea!

Hai, Dea! Apa kabar? Sibuk apa saja selama work from home?

Hai, Jobhun! Sama aja sih, masih bekerja seperti biasanya sebelum work from home berlaku, cuma kerjanya jadi di rumah terus dan harus menerapkan work life balance biar nggak stres di rumah. Teman-teman stay safe, ya!

Sebagai seorang social media manager, apa saja sih tanggung jawab yang harus Dea kerjakan?

Beberapa hal yang perlu dikerjakan meliputi:

  1. Mengumpulkan data/riset topik apa saja yang audience kita butuhkan dan menarik buat kita posting. Tentunya dengan update informasi tren terbaru
  2. Pembuatan konten yang disesuaikan dengan masing-masing channel media sosial
  3. Membuat rencana postingan serta rencana untuk memaksimalkan pemasaran di media sosial (Termasuk bagaimana memberikan branding yang tepat dan baik) di masing-masing channel media sosial
  4. Melakukan analisa, baik dari segi konten maupun inisiatif media sosial yang sudah/sedang/akan berjalan.
  5. Membentuk connection dengan audience, Conversation -> Responding -> Listening -> Engaging -> Helping.
  6. Mengembangkan strategi untuk meningkatkan audience

Mengapa tertarik menjalani profesi sebagai Social Media Manager?

Jadi, menurutku Social Media Manager itu menarik banget, bukan cuma sekadar posting di beberapa channel social media saja, tapi kita selalu menemukan tantangan untuk menciptakan hal baru dalam hal konten digital yang kreatif dan menarik supaya bisa meningkatkan brand awareness, memperkuat usaha marketing, dan juga mendorong angka penjualan. Social Media Manager berhadapan dengan tren yang nggak ada habisnya dan menyenangkan, jadi have fun ngejalaninnya.

Apa modal utama yang harus dimiliki untuk bisa bekerja sebagai Social Media Manager?

Tentunya harus suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan digital dan media sosial. Selanjutnya, harus punya skill copywriting, design (Bagaimana suatu konten ditampilkan), community engagement, analytics metrics, audience analysis, dan planning. Jangan lupa untuk selalu berpikir kritis dan kreatif!

Apa tantangan yang Dea temui dalam bekerja? Selain itu, apa hal yang paling berkesan bagi Dea?

Tantangan yang setiap hari ditemui adalah dealing with trend yang selalu berubah setiap waktu, kita harus selalu up to date dan bisa memodifikasi tren tersebut agar sesuai dengan brand yang kita bawa. Jadi nggak sekadar mengikuti tren aja, tapi kita perlu menyesuaikan dengan strategi kita juga, terutama di lingkungan startup yang mengutamakan kecepatan dan ketepatan.

Yang paling berkesan adalah kita seolah-olah bisa mendengar audience secara langsung, seorang social media terkoneksi dengan audience, terutama karena saya bekerja di perusahaan mental health. Dimana akhirnya membuat konten menjadi salah satu jembatan untuk membantu lebih banyak orang dalam bantuan kesehatan mental, sambil melakukan hobi/passion sekaligus membantu banyak orang 🙂

Menurut Dea, bagaimana prospek karier sebagai Social Media Manager untuk teman-teman milenial?

Menurut saya posisi ini semakin dibutuhkan, terutama dengan adanya wabah Covid-19 ini membuat bisnis harus memaksimalkan penjualan produknya melalui online. Semua orang di rumah dan penggunaan media sosial meningkat. Tentu berbagai perusahaan semakin membutuhkan adanya seorang Social Media Manager. Apalagi di era digital ini, dimana audience dari kalangan milenial pun sudah terbiasa dengan segala kepraktisan dan kemudahan layanan via online

Apa saran dari Dea untuk Jobhuners yang ingin berkarier di bidang yang sama seperti Dea?

Jangan pernah takut mencoba ya. Kalau kamu merasa ini adalah passion kamu, segera tekuni beberapa skills yang diperlukan untuk menjadi Social Media Manager sedini mungkin. Mulai dari cari pengalaman, kamu bisa mengikuti internship dulu sambil belajar banyak hal. Selanjutnya, setiap ada usaha pasti ada jalan. Hal yang besar selalu dimulai dari satu langkah kecil, jadi tentuin untuk ambil langkahmu sekarang 🙂

Bagaimana Jobhuners, apakah kamu tertarik membantu banyak orang melalui media sosial seperti yang dilakukan oleh Dea melalui pekerjaannya di Riliv? Apa saja profesinya, tentu kamu bisa membantu orang dengan banyak cara kok, Jobhuners. Semangat yuk menggapai karier yang kamu inginkan!

About Author

Building my startups, Jobhun. Also managing DILo Surabaya coworking space. I also leading my communities, Facebook Developer Circles Surabaya and Tech In Asia City Chapter Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami