Pasang Loker

DILo PAD 2019 Munculkan Startup-startup Baru di Surabaya

 

Dalam rangka mewujudkan perkembangan Industri digital di Indonesia, DILo kembali berhasil melaksanakan salah satu program tahunannya yaitu, DILo PAD (Pre-Startup Development). Sebuah program yang mengupayakan talent-talent digital di Indonesia dalam tahapan pra-inkubasi agar menjadi startup yang siap untuk masuk dunia industri digital atau inkubasi, dalam hal ini oleh Telkom Indigo Creative Nation.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada 11 September – 4 Oktober 2019 di 14 kota di Indonesia, salah satunya di Kota Surabaya. DILoPAD 2019 di Kota Surabaya diikuti oleh 27 tim pendaftar dan 4 mentor sebagai pembimbing. Selama dua minggu program ini, peserta dibimbing oleh mentor yang ahli dibidangnya, antara lain:

Sesi bisnis diisi oleh Heni Prasetyorini (President Coding Mum Indonesia & Apple Developer Academy) dan Mahar Indra (Founder & CEO Portofolio Indonesia), materi teknis diisi dengan Muhammad Irsyad (Founder Lazday Indonesia), dan materi desain oleh Doni Rubiagatra (Software Engineer Kumparan). 

Tahapan awal DILo PAD 2019 dimulai dengan proses registrasi yang harus melewati proses seleksi untuk masuk ke tahap matchmaking dan pra inkubasi. Tercatat sebanyak 14 tim yang selanjutnya masuk ke dalam tahap selection talent. Proses ini menghasilkan 7 tim, antara lain Holinary, Didikanak, Starent, URJA, Cariin, Masa Depan Gemilang, dan Belajar Ngeweb.

Setelah itu, tim yang lolos, masuk ke tahap talent development dimana peserta dibekali dalam 8 kali sesi oleh mentor-mentor dengan pengetahuan dan keterampilan dari segi bisnis, teknis, dan desain yang diperlukan di industri digital yaitu startup. Selanjutnya, peserta mempresentasikan ide dan produk mereka dalam tahapan Selection Team.  Ketujuh tim melanjutkan ke tahap terakhir yaitu Mentoring untuk mempersiapkan tim startup baru dalam hal-hal yang sangat penting bagi bisnis mereka secara jangka panjang yaitu: ideation, team foundation, market FIT, dan implementation. Akhirnya dari program DILo PAD ini, tim yang berhasil mendaftarkan startupnya ke program inkubasi Telkom, yaitu Indigo Creative Nation. 

Walaupun rangkaian program DILo PAD telah berakhir, terdapat sesi tambahan talent development yang dilaksanakan dari 5 Oktober – 12 Oktober 2019. Sesi ini  mempersiapkan para startup dalam menghadapi proses seleksi Indigo Creative Nation nantinya. Besar harapan kami para startup yang terbentuk dari program ini akan mendapatkan kesempatan masuk ke dalam program inkubasi, Indigo Creative Nation. Dan mampu berkembang dan bersaing dalam industri digital di kemudian hari.

About Author

CEO of Jobhun | Manager @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun