Pasang Loker

Gian Cinta: Bekerja Sesuai dengan Karakter Sendiri

Ada hal menarik ketika berbicara soal bekerja di radio, mulai dari jam kerja yang tidak seperti pada umumnya hingga kepribadian si pekerja yang biasanya bebas dan energic. Gian Cinta, penyiar full-time di Rosco Radio menyebut bahwa karena alasan itulah ia tertarik dengan dunia radio. Mencintai dunia broadcast sejak lama, perempuan yang akrab dipanggil Cinta ini merasa pekerjaan yang digelutinya kini sangat pas dengan kepribadiannya. Ditambah dengan keinginan terus belajar, Cinta bukan hanya berpengalaman sebagai penyiar, melainkan juga pernah melakukan pekerjaan-pekerjaan lain dalam lingkup yang sama. Seperti apa perjalanan karier Cinta? Yuk, simak berikut ini.

Apa hal menarik tentang Cinta yang belum banyak diketahui orang?

Aku ini termasuk orang yang nggak bisa kerja kantoran. Maksudnya, bekerja sesuai jam kantor pada umumnya atau harus bekerja di depan PC terus. Aku tipikal yang lebih bebas, jam kerjaku nggak bisa ditentukan, aku lebih suka kalau fleksibel. Jadi, bisa kerja saat malam atau justru produktif di pagi hari. Selain itu, dari jaman awal kuliah, aku emang udah kerja. Aku part-time jadi announcer di salah satu radio di Surabaya. Cara kerjaku memang seperti itu sih, aku menghidupi diriku dengan cara itu.

Pekerjaan apa saja yang sudah pernah Cinta jalani sejauh ini? Coba ceritakan secara singkat dong.

Sebenarnya dari masa SMA aku sudah mulai kerja freelance dengan jadi MC. Sedangkan di masa awal kuliah, aku juga sudah jadi announcer di M-Radio. Sejauh ini pekerjaanku memang di radio, walaupun perannya bisa beda-beda. Awalnya cuma announcer, sekarang juga sebagai asisten program director, event coordinator, sampai bantuin cari relasi dan berhubungan dengan klien. Intinya, lingkup pekerjaannya memang lebih luas. Selain itu, aku juga masih aktif jadi MC, jadi moderator, freelancer di Making Moment Pictures (Production House), dan aku juga punya band. Band itu iseng-iseng sih sebenarnya, kita akustikan aja, biasanya buat acara wedding.

Lalu, apa pekerjaan Cinta saat ini, seperti apa pekerjaan yang Cinta jalani itu?

Semua pekerjaan yang aku sebutkan tadi masih aku kerjain kok sampai sekarang. Walaupun untuk saat ini memang lebih fokus di Rosco Radio karena aku full-time di sana. Selebihnya, beberapa kali aku juga berkesempatan untuk sharing tentang dunia broadcasting.

Menurut Cinta, apa sih modal utama untuk menjalani pekerjaan Gian sekarang?

Menurutku modal utamanya, selain percaya diri, harus open-minded sih. Karena ketika kerja di radio, kita akan bertemu banyak orang dengan berbagai karakter yang berbeda. Bahkan, bisa bertentangan dengan karakter sendiri. Jadi, harus tahu bagaimana menghadapi mereka, harus bisa beradaptasi dengan berbagai macam orang, dan harus bisa berteman dengan siapa aja. Dari sini, akhirnya aku sendiri juga terbiasa untuk nggak melihat orang dari satu sisi aja, harus dari berbagai sudut pandang.

Apa arti pekerjaan ini untuk Cinta?

Luar biasa banget. Karena dari kecil aku emang suka banget sama dunia broadcasting, jadi aku enjoy sekali menjalankan ini. Walaupun memang nggak bisa langsung mengharapkan hasil yang besar atau muluk ya. Pekerjaan ini berarti banget buat aku karena selain memang menyenangkan, aku juga bisa belajar dan berkembang banyak karena tuntutan harus mampu beradaptasi dengan banyak orang itu tadi. Dalam sehari aja, aku bisa bertemu beberapa orang sekaligus.

Apa yang membuat Cinta tertarik menekuni pekerjaan ini?

Menurutku karena pekerjaan ini sesuai dengan karakterku. Aku kan anaknya bebas, nggak bisa terikat jam kantor, dan untungnya pekerjaan ini fleksibel. Aku juga sudah terbiasa dengan dunia event. Selain itu, karena melalui pekerjaan ini, aku bisa bertemu banyak orang dari tiap lapisan. Aku jadi punya relasi dari berbagai bidang.

Bagaimana sih cara Cinta menemukan konten-konten yang kreatif dan menarik?

Sering-sering lihat media sosial. Kalau jaman sekarang memang lebih mudah kan ya, bisa cek Instagram atau YouTube, dan intinya perbanyak referensi aja. Selain itu, aku juga nggak boleh egois dengan cari tahu kesukaanku aja. Misalnya, soal musik. Aku juga harus belajar untuk tahu musik lain dan cari tahu hal lainnya. Menurutku, kalau seseorang bikin karya bukan berarti karya tersebut akan sepenuhnya mencerminkan kepribadian orang tersebut. Ada pertimbangan-pertimbangan lain, seperti mencari kecenderungan pasar.

Menurut Cinta, konten yang kreatif di jaman sekarang itu yang seperti apa?

Menurutku, karena aku dasarnya entertainment banget, bikin konten itu simpel aja tapi pengemasannya harus menarik. Misalnya campaign “Jangan buang sampah sembarangan” yang dikemas dalam bentuk dimana semua umur bisa menikmati. Lewat gigs atau lainnya. Intinya bukan dengan cari sensasi, jadi tetap harus positif.

Lalu, apa media seperti Radio bisa terus bertahan? Bagaimana pendapat Cinta?

Pertanyaan menarik. Ketika aku kerja di radio, memang banyak yang menyayangkan. Kenapa kerja di radio atau kenapa jadi penyiar doang? Menurutku, radio nggak akan pernah “mati” selama mau berinovasi dan sadar untuk mengikuti perkembangan zaman. Kita nggak boleh egois. Ketika dulu radio hanya audio, sekarang kita harus mau mengembangkan lebih. Di Rosco Radio, aku termasuk yang ikut mengembangkan ini. Misalnya, sekarang kita udah punya YouTube channel sampai aplikasi sehingga bisa diakses lebih mudah dan oleh lebih banyak orang. Kita juga selalu update media sosial kita. Jika kita sadar perkembangan ini tapi nggak mau berubah, mungkin ya kita memang akan “mati”. Dibandingkan media lain, sebenarnya radio juga punya kelebihannya sendiri kok, yakni cuma radio yang bisa seintim itu dengan pendengarnya.

Apa suka-duka menggeluti bidang ini?

Dukanya adalah mendengar omongan orang, seperti radio akan bangkrut atau mati atau semacamnya. Ya, aku harus survive. Di Rosco, aku termasuk orang-orang awal yang cukup punya andil untuk perkembangan Rosco sampai saat ini. Dari situ aku belajar bagaimana caranya kita harus berkembang dengan sportif, karena radio, terutama radio anak muda di Surabaya ini emang sudah banyak kan. Kemudian, sebenarnya ini bukan duka sih, tapi orang lain mungkin akan melihat ini sebagai duka. Orang lain melihat pekerjaanku nggak sebanding dengan gaji yang aku terima. Tapi karena aku menyukai pekerjaan ini, uang memang bukan prioritas utama, justru relasi lah yang lebih penting. Sukanya, di bidang ini aku bisa terus memperluas relasi.

Siapa role model Cinta terkait pekerjaan? Kenapa?

Di dunia radio, sebenarnya aku nggak punya role model sih. Aku justru belajar banyak dari musisi karena aku emang suka mendengarkan musik. Buatku, musik adalah media yang aku pakai agar tetap mood, healing, dan sebagainya. Dari Danilla atau Hindia (Baskara Putra), misalnya. Lirik-lirik mereka bebas, aku juga suka melihat mereka yang bisa jadi diri sendiri.

Apa pengalaman paling memorable sepanjang karier Cinta?

Berkat kerja di radio, aku jadi bisa bertemu dengan banyak relasi baru. Dari situ akhirnya bisa dapat job sebagai MC, bahkan sampai luar kota atau luar pulau. Aku juga pernah berkesempatan untuk jadi MC di event-event besar, misalnya untuk acara Tokopedia di Surabaya. Di acara itu aku bisa wawancara Arief Muhammad dan banyak lainnya.

Selain yang Cinta tekuni sekarang, apa kesibukan Cinta lainnya?

Selain di radio, aku juga menjalani MC, event crew, dan lainnya yang aku sebutin tadi. Aku nggak mau menutup diri dengan sekadar jadi penyiar. Dunia event itu luas, aku banyak berkecimpung di sana. Perannya bisa beda-beda tapi lingkup kerjanya masih sama. Intinya semua yang berkaitan dengan event atau public speaking.

Apa target jangka pendek dan panjang yang ingin dicapai?

Untuk saat ini, target jangka pendekku adalah bisa tetap survive di Rosco Radio. Masih mau mengembangkan Rosco lagi, mulai dari branding, maintance relasi, dan lainnya. Sekarang Rosco memang masih jadi prioritas. Sedangkan jangka panjangnya adalah aku ingin punya sekolah broadcasting sendiri. Sebenarnya sekolah semacam itu udah ada banyak di Surabaya, beberapa teman juga mulai buka kelas public speaking gratis, tapi aku nggak mau ilmuku berhenti di aku aja. Aku ingin berbagi. Selain itu, aku juga inigin punya rumah untuk mereka yang mengalami depresi atau yang memiliki background keluarga broken home atau semacamnya. Karena pada dasarnya aku ini juga anak yang dari dulu sudah berjuang sendirian, nah aku ingin anak-anak lain bisa punya tempat untuk berbagi, mengembangkan diri, dan supaya mereka nggak merasa sendirian.

Adakah saran dan tips untuk mereka yang ingin terjun ke bidang yang sama seperti Cinta?

Tipsnya adalah harus banyak kenal dengan orang baru. Jangan sombong, be humble. Selain itu harus bisa menjaga mood juga. Ini penting karena bekerja di dunia broadcasting, kamu akan dituntut untuk selalu senang, harus bisa senyum di depan tamu. Percaya diri, seringlah melakukan sharing, dan jangan mudah menyerah. Proses awalnya mungkin akan susah. Dulu suaraku juga sempat disebut kayak penyanyi dangdut yang dicengkokin, disebut medok juga. Jadi, selalu hargai prosesnya. Jadilah diri sendiri, orang lain memang bisa mengkritik atau memberi saran tapi mereka nggak berhak mengatur terlalu jauh. Kamu yang memutuskan untuk dirimu sendiri. Kalau kamu enjoy, ya lanjutin aja. Terakhir, karena aku termasuk orang yang rajin giving reward to myself, jadi jangan lupa juga untuk menyenangkan diri sendiri.

Nah, apakah kamu tertarik untuk menekuni bidang broadcasting atau event? Jangan lupa untuk terus mengembangkan diri dan menjadi lebih percaya diri. Dari sekarang, perbanyak pula jumlah relasi dan mulailah berteman dengan siapa saja. Semangat, Jobhuners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun