Ikigai, Konsep Bahagia Ala Jepang untuk Meningkatkan Semangat Kerja

Jobhuners, kamu pernah nggak sih merasa malas untuk bangun pagi atau merasa nggak punya semangat untuk menjalani hari? Parahnya, kamu mungkin sampai di tahap merasa kehilangan semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Jika pernah, sepertinya kamu perlu memahami lebih dalam tentang Ikigai.

Ikigai sendiri dapat disebut sebagai sebuah konsep atau ajaran yang dapat memberikan seseorang makna kehidupan. Seperti namanya, konsep ikigai ini merupakan konsep ajaran yang berasal dari Negeri Matahari Terbit, yaitu Jepang. Dalam bahasa Jepang, istilah Ikigai terbentuk dari dua kata, yaitu “iki” yang dapat berarti kehidupan dan “gai” yang artinya nilai.

Maka, secara sederhana Ikigai dapat dipahami sebagai sebuah konsep yang memberikan seseorang alasan untuk bangun pagi dan memulai sesuatu. Lebih lanjut, Ikigai juga dapat dipahami sebagai sebuah alasan yang dapat menimbulkan gairah hidup dan juga semangat dalam menyambut hari-hari baru.

Mungkin ada yang bertanya, dari sekian banyak konsep atau ajaran tentang bagaimana cara mendapatkan makna kehidupan, kenapa sih harus Ikigai? Apa nggak ada yang lain? Jawabannya tentu saja ada. Ikigai ini hanya salah satunya. Lalu mengapa Ikigai? Dalam beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang menerapkan konsep Ikigai mengalami perubahan yang signifikan dalam hidupnya.

Salah satu dampak yang dirasakan oleh orang yang telah menjalani Ikigai adalah mereka merasa lebih bahagia. Karena orang-orang ini secara sederhana dapat dikatakan sudah menemukan alasan mereka untuk hidup. Perasaan bahagia ini tentunya akan berdampak banyak dalam lingkungan tempat mereka hidup, salah satunya adalah pekerjaan.

Dalam bidang pekerjaan dampak langsung yang dapat dirasakan salah satunya adalah meningkatnya produktivitas kerja secara signifikan. Selain dampak sosial, Ikigai juga berdampak pada kesehatan, seperti bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan dapat membuat panjang umur.

Wah, banyak juga ya dampak baik dari Ikigai. Nah, setelah mengetahui tentang berbagai manfaat dari Ikigai, selanjutnya kamu tinggal mengetahui cara untuk mendapatkan Ikigai ini. Pada dasarnya Ikigai bisa didapatkan ketika seseorang dapat memaksimalkan empat hal berikut dalam kehidupan sehari-hari:

Pertama, kamu mengerjakan apa yang kamu suka,

Kedua, kamu mengerjakan apa yang yang kamu bisa,

Ketiga, kamu mengerjakan sesuatu yang dibutuhkan banyak orang,

Dan keempat, kamu mendapatkan bayaran yang cukup dari pekerjaan yang kamu lakukan.

Dari empat poin di atas jika digambarkan dengan lingkaran diagram venn, maka akan membentuk beberapa irisan yang ditengah-tengahnya ada Ikigai.

Jadi, Ikigai dapat dipahami sebagai sebuah prinsip yang menggabungkan empat irisan dari empat poin di atas, yaitu passion, mission, vocation, dan profession. Dalam proses mendapatkan Ikigai, empat irisan tersebut bekerja dengan saling melengkapi.

Seperti ketika melakukan sebuah pekerjaan yang disuka dan dibutuhkan oleh banyak orang, maka menurut diagram di atas kamu sedang melakukan mission, karena dalam prosesnya kamu tidak mendapat bayaran dari apa yang kamu kerjakan.

Dan jika hal ini terus dilakukan, bukan nggak mungkin pada suatu titik kamu akan sampai pada titik jenuh atau kehilangan motivasi. Alasannya, walaupun telah mengerjakan apa yang kamu suka, tetapi kamu nggak bisa mendapatkan feedback yang semestinya.

Nah, setelah kamu mengetahui apa itu Ikigai dan bagaimana cara mendapatkanya, langkah selanjutnya kamu tinggal mempraktikannya. Mungkin nggak mudah, tapi secara perlahan kamu pasti akan merasakan dampaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami