Pasang Loker

Ingin Bekerja di Radio? Contek Pengalaman dari Gian Cinta Ini!

Bekerja di radio memang terdengar menyenangkan. Jika kamu tertarik dengan bidang satu ini, ketahui dulu apa-apa saja yang penting dari pengalaman Gian Cinta sebagai penyiar di Rosco Radio, salah satu radio anak muda di Surabaya. Penasaran? Yuk, simak berikut ini.

Bagaimana awalnya bisa bekerja sebagai penyiar di Rosco Radio?

Jadi, sebelumnya aku adalah penyiar di M-radio. Setelah lepas dari M-radio, aku emang masih nggak bisa jauh-jauh dari dunia radio. Akhirnya aku coba untuk cari radio lain dan bertemu dengan Rosco Radio ini. Aku tahu Rosco dari temen. Aku coba kirim CV dan ternyata berlanjut ke tahap interview. Dalam prosesnya, aku nggak langsung jadi penyiar sih. Aku sempat dipanggil beberapa kali, melakukan beberapa tes dulu seperti scriptwriting, VO, dan bikin dummy gitu. Saat aku masuk dan jadi bagian dari Rosco, radio ini masih tergolong baru banget. Benar-benar mulai dari nol. Studio aja belum jadi. Dulu, aku bahkan sempat siaran di ruangan lain sebelum akhirnya bisa siaran di studio yang seharusnya. Itu sih awal gimana aku kerja di Rosco. Pertama kerja di Rosco, aku part-time karena masih kuliah. Aku dapat program request SusukuSusumu “Suka-suka aku Suka-suka kamu”.

Lowongan menjadi announcer atau posisi lainnya di radio biasanya jarang diumumkan. Sebenarnya, bagaimana sih proses seleksinya? Apakah ada tips khusus ketika apply untuk bekerja di radio?

Benar, biasanya radio jarang mengumumkan sih. Tapi kemarin Rosco baru aja buka audisi untuk jadi penyiar. Jadi, Rosco membuka kesempatan untuk kamu yang memang tertarik dengan dunia radio, untuk para freshgraduate, atau lainnya agar coba apply aja. Proses seleksi awal itu biasanya menilai suara, artikulasi, cara ngomong, karakter, dan lainnya. Selain itu, pengetahuan kamu juga jadi aspek penting lainnya. Ingin kerja di radio, apalagi di radio anak muda ya harus update soal banyak hal, misalnya soal lifestyle, music, film, event, atau pengetahuan semacam tips-tips ringan ala anak muda. Lalu selanjutnya akan ada proses interview. Di tahap ini biasanya akan ditanya soal fleksibilitas dan kepribadian seperti pertanyaan terkait jam siaran, bisa bekerja dalam tim atau enggak, kamu ini tipikal anak yang seperti apa, dan lainnya. Kalau Rosco sendiri sih akan tertarik dengan mereka yang fleksibel, easygoing, yang mampu menjaga mood, percaya diri, stylish, dan semacamnya gitu. Kalau soal tips, ya kamu harus sering-sering dengerin radio atau follow media sosialnya untuk tahu informasi terkait lowongan bekerja di radio itu sendiri. Kamu juga bisa aktif ikutan acara dari radio tersebut supaya bisa dekat dengan tim. Dari situ kamu bisa tanya-tanya langsung sama mereka soal lowongan pekerjaan yang tersedia.

Selain sebagai penyiar, Cinta juga pernah menjalankan peran lain. Bisa jelaskan lebih detail apa saja jobdesc dan tanggung jawab Cinta di tiap peran yang dijalani?

Aku pernah jadi event coordinator. Tugas aku adalah manage temen-temen dari komunitas, pengelola produk lokal (UKM), musisi, sampai marketing communication dari mall, hotel, dan sebagainya. Jadi, aku kan punya program “Lokal Asik”, sebuah forum yang akan membahas tema terterntu dan akan mendatangkan beberapa narasumber yang terkait dengan tea tersebut. Ini mengapa aku harus berhubungan dengan banyak orang. Intinya, aku bertugas untuk mengorganisir event. Tantangannya, ya aku harus cari tempat yang pas, begitu pula dengan para pengisi acara atau narasumber yang tepat juga. Selain itu, aku juga bisa dibilang sebagai asisten program director. Tugasku adalah bantuin program director. Misalnya, ketika ada artis lagi tur radio, aku bantu bikin interview guide dan sebagainya. Terkait media partner, aku yang mengatur dan memutuskan apakah Rosco bisa bekerja sama dengan event tersebut. Aku juga bikin adlips dan menentukan kapan adlips itu tayang. Aku jadi sering keluar studio karena liputan atau jadi wakil Rosco ketika ada media gathering.

Seperti apa kultur di tempat kerja Cinta? Apa yang menurut Cinta menarik?

Di Rosco, sistem kita kekeluargaan sekali. Di sini, walaupun aku yang paling muda, nggak ada senioritas. Nggak ada masalah terkait perbedaan usia. Kita tetap bisa diskusi santai sambil ngopi. Di sini juga nggak formal banget, semuanya bisa dibikin enjoy. Kita nggak punya posisi struktural yang formal gitu. Enaknya, kalau ada masalah, semua bisa langsung diselesaikan saat itu juga tanpa perlu berbuntut panjang. Karena timnya juga solid, kita jadi saling support. Misalnya, aku nggak bisa siaran, nanti aka nada yang bantu backup.

Sejauh ini, momen apa yang cukup berkesan bagi Cinta selama bekerja di Rosco Radio?

Awalnya aku kan penyiar, udah biasa berkutat dengan mixer atau lainnya. Tapi di sini, di Rosco, aku bisa belajar banyak banget. Aku berkesempatan untuk liputan, jadi event coordinator, bisa dekat dengan teman-teman di komunitas, dan banyak lagi lainnya. Contoh liputan yang berkesan itu, misalnya, saat ke Prambanan Jazz, Jazz Gunung, Folk Music Festival, atau event musik lainnya. Karena aku emang doyan nonton konser, jadi aku suka banget sama event yang berkaitan dengan music. Aku seneng banget sumpah! Di sana, aku bisa ketemu sama musisi favoritku, bisa interview mereka langsung juga. Proses liputan juga nggak gampang kan, mulai dari momen ngejar artis, belum lagi kalau artisnya lagi bad-mood, dan sebagainya. Itu yang bikin seru sih. Intinya, aku seneng karena pekerjaanku ini kayak hobi yang dibayar. Hahaha!

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun