Pasang Loker

Ini 4 Alasan Pentingnya Personal Branding yang Perlu Kamu Ketahui

Menyadarinya atau tidak, setiap orang pasti memiliki personal branding. Di dunia nyata, personal branding ini bisa secara sederhana dilihat dari kesan yang diberikan atasan atau rekan kerja, serta value apa yang biasanya orang lain ingat dari dirimu. Dan di era digital, personal branding makin mudah dikenali karena siapapun kini bisa melihat jejak yang telah kamu tinggalkan di internet. Hal ini juga bisa menjadi first impression mereka tentangmu.

Lalu apakah menurutmu personal branding ini benar-benar penting, Jobhuners? Hasil survei di tahun 2018 oleh CareerBulider menunjukkan 70% atasan menggunakan media sosial untuk menyaring calon pekerja saat proses hiring. Sementara itu 43% atasan menggunakan media sosial untuk mengecek para pekerja tetap mereka. Seiring dengan adanya kultur baru dalam bekerja, perusahaan yang diprediksi akan lebih memilih freelancer turut menjadi alasan mengapa personal branding ini begitu penting. Hal ini berkaitan dengan bagaimana nantinya seseorang akan dicari, diperhatikan, dan akhirnya diminati perekrut karena nilai yang mereka tonjolkan melalui personal branding yang telah dibentuk. Jika kamu masih belum yakin untuk memulainya sekarang, berikut alasan-alasan lainnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk mengetahui mengapa kamu perlu mulai membangun personal branding secepatnya.

Mendatangkan berbagai kesempatan

Menurut SHRM, 96% perekrut menggunakan LinkedIn untuk mempekerjakan calon pekerja yang sesuai. Personal branding yang baik dan efektif akan memudahkan seseorang agar dilihat oleh perusahaan sehingga bisa mendapatkan kesempatan terkait pekerjaan. Bayangkan jika namamu adalah yang orang lain ingat ketika hendak menawarkan pekerjaan baru. Ini bisa terjadi jika kesan dan nilai yang kamu tunjukkan melalui personal branding tepat.

Membantu meningkatkan karier

Dengan personal branding yang menarik, yakni ketika kamu bisa secara efektif menunjukkan nilai positif apa saja dalam dirimu maka tentu hal ini akan sangat baik untuk kelangsungan karier. Misalnya, kamu akan dipercaya dengan berbagai tugas yang sesuai hingga akhirnya memperoleh promosi jabatan.

Memperkuat networking

Meski belum pernah bertemu langsung, seseorang bisa langsung tertarik denganmu berkat personal branding yang kamu bangun secara online. Hal ini juga berlaku di dunia nyata lho. Personal branding yang menarik akan mempermudah kamu dalam memperluas jaringan secara profesional. Bahkan, personal branding yang menarik juga bisa membuat orang lain tertarik untuk berhubungan secara lebih personal denganmu, seperti berteman.

Meningkatkan rasa percaya diri

Personal branding bukan hanya dibuat dalam jangka waktu tertentu saja lalu kembali tidak mengurusnya. Personal branding baiknya dikembangkan terus-menerus karena hal tersebut lah yang akan melekat pada dirimu. Respon yang baik dari banyak pihak karena personal branding yang menarik tentu akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Personal branding adalah apa yang orang lain ingat tentangmu. Kunci dalam melakukannya adalah dengan menjadi autentik dan jujur terhadap diri sendiri. Bagaimanapun, ini soal bagaimana kamu menunjukkan nilai yang ada dalam dirimu, sehingga melakukan promosi diri berlebihan tentu tidak tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *