Ini Beberapa Tipe Karyawan Idaman, Apakah Kamu Termasuk?

Seseorang tentu memiliki kepribadian dan ciri khas yang berbeda antara satu dan yang lain. Hal ini juga terjadi dalam suatu perusahaan yang memiliki karyawan yang bekerja di dalamnya. Pernahkah Jobhuners penasaran, kira-kira bagaimana pendapat bos atau pemimpin perusahaan tentang diri kita secara individu? Apakah sudah cukup baik atau mungkin masih kurang? Di bawah ini Jobhun telah merangkum beberapa kriteria yang mungkin menjadi idaman ‘para bos’ untuk ada dalam diri setiap karyawanya. Kira-kira apa saja?

Penuh motivasi

Scott Kocmanski, founder start-up Reps Direct mengatakan, karyawan yang penuh motivasi akan selalu berusaha memperbaiki dirinya untuk menjadi yang terbaik. Untuk bisa mencapai hal itu, karyawan dengan penuh motivasi ini akan belajar terus menerus serta melakukan komunikasi dengan orang lain supaya mendapatkan ilmu yang diinginkanya. Menurut Scott, karyawan dengan tipe penuh motivasi ini akan selalu memikirkan konsekuensi dari setiap tidakannya, sehingga ia akan selalu hati-hati dalam bertindak.

Pintar

Pintar memang relatif. Tapi nyatanya aspek ini tetap diperhitungkan untuk ada dalam diri karyawan. Pintar bisa menjurus ke banyak hal lho, Jobhuners. Ada perusahaan yang membutuhkan karyawannya untuk pintar berbahasa asing, atau mungkin pintar dalam hal lainya seperti pintar melakukan lobbying dengan client.

Memiliki kecerdasan emosi

Sebenarnya bisa dibilang cukup mudah untuk menemukan seseorang yang memiliki kemampuan, cerdas, berbakat, serta memiliki riwayat diri yang bagus. Namun bagi Daisy Jing, founder Banish, karyawan idaman merupakan karyawan yang memiliki kecerdasan emosional yang baik. Daisy berpendapat, seorang karyawan yang idaman adalah seseorang yang cerdas, tapi juga rendah hati. Mereka (karyawan) tetap mengikuti peraturan yang berlaku, menerima kesalahan, dan juga selalu menghormati orang lain.

Percaya diri

Jobhuners, kamu patut bersyukur jika termasuk dalam kategori tipe karyawan percaya diri. Sikap satu ini ternyata menjadi idaman bagi para pemilik perusahaan. Melakukan presentasi ide-ide di depan orang banyak membutuhkan rasa percaya diri. Percaya diri itulah yang sangat berguna untuk meyakinkan orang lain akan ide atau pendapat yang sedang diungkapkan.

Gigih

Dalam dunia bisnis akhir-akhir ini, semua orang takut akan kegagalan yang selalu menghantui. Seorang karyawan dengan tipe gigih bisa datang menjadi penyelamat dalam situasi ini. Karyawan yang gigih tidak akan takut mengambil risiko walaupun mungkin kemungkinan gagal akan lebih besar. Karyawan ini akan bertanggungjawab atas segala hasil yang diambilnya. Ia akan memiliki keyakinan bahwa sukses tidak akan ada tanpa kegagalan, jadi dia akan gigih untuk terus mencoba dan berusaha.

Bisa bekerja di bawah tekanan

Hampir semua pekerjaan memliki tekanan yang harus ditanggung. Oleh karena itu, tidak heran jika tipe satu ini menjadi kriteria penting yang harus dimiliki karyawan suatu perusahaan. Deadline tentu akan selalu mengikuti langkah karyawan setiap harinya. Karyawan harus selalu siap siaga untuk menerima deadline tersebut. Tipe yang satu ini cukup rawan stres lho, jadi harus tetap berhati-hati.

Setia

Tony Paston, founder sekaligus CEO dari College Hill Custom Threads berpendapat, karyawan yang bisa diajak sharing tentang masa depan perusahaan adalah tipe karyawan yang langka. Tony berpikir, untuk menumbuhkan kesetiaan dalam diri karyawan memang sangat sulit, walaupun bukan berarti tidak bisa. Jadi, Tony berpikir untuk membagi mimpinya dengan karyawannya, sehingga seiring waktu loyalitas itu akan tumbuh dengan sendirinya. Setia memang susah ya Jobhuners.

Tidak ada manusia yang sempurna, tapi tipe-tipe karyawan idaman di atas bisa kamu asah dan tumbuhkan dalam diri kamu lho, Jobhuners. Jangan lupa tetap jadi diri sendiri dan cintai apa yang kamu lakukan. Selalu.

 

Sumber: CNBC, Tech In Asia ID

About Author

Masih Berkegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami