Pasang Loker

Jobs: Kehidupan Sang Tokoh Apple dalam Sebuah Cerita

Siapa yang tidak mengenal salah satu pendiri Apple, Steve Jobs? Ia adalah ikon dan orang berpengaruh berkat kontribusinya di bidang teknologi. Selain dibukukan, cerita kehidupan Steve Jobs juga dimuat dalam sebuah film yang rilis pada tahun 2013 berjudul “Jobs” dengan tokoh utama Steve Jobs diperankan oleh Ashton Kutcher.

Film ini merupakan film biopic dan semi-drama yang menceritakan kisah kehidupan Jobs sejak masa kuliahnya hingga momen jatuh-bangunnya membangun Apple Inc. Disutradarai oleh Joshua Michael Stern, cerita ini bermula pada tahun 2011 ketika Jobs dewasa memperkenalkan ipod, salah satu produk Apple dalam sebuah pertemuan di Apple Town Hall.

Kemudian cerita dilanjutkan dengan alur kembali ke masa lalu di mana ia keluar dari perkuliahan. Di antara para pemain lain, salah satu peran yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan Jobs adalah Stephen Wozniak. Wozniak adalah rekan yang telah ia kenal sejak SMA dan memang memiliki hobi di bidang elektronik. Mereka akhirnya Bekerja sama untuk membuat sebuah komputer.

Jobs adalah pebisnis ulung yang pandai memasarkan produk pertama Apple. Ia mampu melihat peluang yang potensial untuk memasarkan produk teknologi, salah satunya personal computer. Seperti dugaannya, penjualan Apple ii cukup sukses. Selain kisah kesuksesan Apple, film yang ditulis oleh Matt Whiteley ini juga memunculkan sisi lain Jobs, yakni ketika ia mulai menjauh dari teman-temannya dan tidak pandai bersosialisasi. Adegan lain menunjukkan bagaimana ia merupakan perfeksionis yang tidak segan-segan memecat orang yang tidak sejalan dengannya. Begitu pula mengenai ia yang tidak mengakui putrinya, hasil hubungannya dengan sang pacar di masa kuliah.

Meski mengangkat tokoh yang fenomenal, film ini justru mendapatkan kritik pedas dan review buruk dari para kritikus hingga penggemar Jobs sendiri. Beberapa menyebutkan bahwa kesalahan terbesar dari film ini adalah kesalahan yang kerap terjadi dalam film biografi lainnya, yakni memaksakan semua momen kehidupan sang tokoh masuk ke dalam satu film. Film ini luput memasukkan momen penting perjalanan Jobs membangun Apple, banyak pula adegan yang tidak dikemas sempurna alias tanggung. Film ini pun telah mengundang kontra dari para penggemar. Ashton Kutcher, aktor “komedi” yang memerankan Jobs dinilai tidak cocok dengan karakter Jobs yang serius. Kritik juga ditujukan kepada sang penulis film Matt yang hanya sekali lolos screenplay.

Namun, di luar segala kritik untuk film ini, Jobs masih bisa ditonton untuk membantu siapapun mengenal lebih dekat kehidupan tokoh Apple tersebut. Bagi kamu yang gemar dan tertarik dengan bidang teknologi, film ini juga bisa menjadi gambaran untuk tahu lebih jauh soal tech company dan tech industry. Menurut kamu, berapa rating yang bisa disematkan untuk film ini? Jangan lupa share ya, Jobhuners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun