Kata Mereka tentang Program Magang: Pandangan Mahasiswa, HR, hingga Career Experts

Jobhuners, kamu sedang mempertimbangkan untuk ikut program magang? Bingung cara menemukan program magang yang tepat? Pada Jobhun Talks edisi November 2020, Jobhun menyelenggarakan diskusi tentang program magang dengan mengundang pembicara dari sisi mahasiswa magang, praktisi HR, dan juga Career Experts. Forum online ini diselenggarakan secara kolaboratif bersama AIESEC in Bandung, dengan mengusung tema “Mapping Your Career, Mapping Your Future”. Melalui forum ini, diharapkan dapat memberikan wahana diskusi untuk mahasiswa tentang persiapan karier melalui program magang.

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 14 November 2020 ini menghadirkan pembicara-pembicara Maura Aniasa Rinjani (Finance Intern di Grab, ex-intern Jobhun), Alfeus Nehemia Anantho (Praktisi HR & POD), Cynthia Cecilia (CEO Jobhun), serta Luqman Kurniawan (AIESEC in Bandung). Perwakilan Jobhun lainnya, Aldhi Prasetya (CMO Jobhun) juga hadir untuk menyambut 138 orang peserta yang turut meramaikan sesi webinar kali ini.

Sesi materi dibuka dengan pembahasan tentang why atau mengapa program magang penting untuk diikuti terutama bagi kalangan mahasiswa. Topik ini dibawakan oleh Alfeus Nehemia yang membagikan pandangan dan pengalamannya sebagai praktisi HR dalam menilai kandidat yang punya pengalaman magang sebelum melamar kerja. Setelah materi ini dijabarkan, audiens juga berkesempatan untuk berdiskusi di sesi tanya jawab.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Maura yang mengangkat poin what atau apa saja benefit yang didapat selama mengikuti program magang. Maura juga berbagi tips dan pengalaman yang didapatnya ketika mengikuti Jobhun Virtual Internship sebagai Business Development Intern, serta pengalamannya sebagai Finance Intern di start-up decacorn Grab. Sama halnya dengan sesi pertama, Maura juga menerima pertanyaan dari audiens terkait pengalamannya di sesi tanya jawab kedua.

“Jangan takut keluar dari zona nyamanmu dan mencoba hal-hal baru, karena sebenarnya aku juga baru pertama kali, nih, jadi speaker di depan 137 lebih orang… dan ini merupakan pengalaman yang scarring and exciting buat aku. Ditambah aku juga bersama kakak-kakak yang keren, nih, dan lebih expert di bidangnya. Kayak… benar-benar kesempatan yang nggak datang setiap saat.  Jadi don’t be afraid, take your chances, go for it aja,” ujar Maura terkait pengalamannya ketika mencoba untuk ikut program magang.

Pada sesi materi terakhir, Cynthia menambahkan poin-poin penting tentang program magang, terutama terkait poin how atau bagaimana cara menemukan program magang sesuai tujuan berkarier. Hingga penghujung acara, audiens tetap menunjukkan antusiasmenya dengan mengajukan berbagai pertanyaan terkait topik yang dibawakan Cynthia. Selanjutnya, acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh pembicara, panitia, dan audiens yang meramaikan Jobhun Talks edisi November 2020.

Sesi foto bersama pembicara dan seluruh audiens webinar.

About Author

Nabila Aulia Putri
Public Relations & Creative Content Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami