Pasang Loker

Kenali 8 Profesi di Industri Game, Kamu Berminat yang Mana?

Seberapa besar ketertarikanmu dengan industri game, Jobhuners? Dulu, game masih dipandang sebelah mata. Game kerap dikonotasikan sebagai sesuatu yang tak banyak menguntungkan selain sebagai sarana hiburan. Namun, sekarang kondisi sudah berubah. Industri game disebut sebagai salah satu industri yang cukup menjanjikan di masa depan. Berdasarkan analisa Newzoo yang dikutip dari Dailysosial, pendapatan industri game Indonesia pada 2018 saja sudah mencapai US$ 882 atau senilai 13 triliun. Penghasilan tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat ke-16 pasar game terbesar dunia dan terbesar di Asia tenggara. Industri ini memang sangat potensial, bahkan jika pertumbuhannya konsisten, maka nilai industri ini diprediksi bisa mencapai US$ 1,82 miliar pada 2021.

Peluang untuk terjun ke bidang ini juga beragam. Selain menjadi professional gamer, ada pekerjaan-pekerjaan lainnya yang bisa dipertimbangkan. Apa saja profesi tersebut? Yuk, kenali 8 profesi di industri game berikut ini!

Game producer

Layaknya produser TV atau produser film, produser game akan bertanggung jawab atas jalannya sebuah proyek game. Ia bisa terlibat dalam penentuan ide, pembentukan tim, publishing, hingga menjadi wakil perusahaan untuk media atau pihak eksternal lainnya. Produser harus mengerti tentang keseluruhan proyek game. Umumnya, produser akan diisi oleh mereka yang memang memiliki kemampuan untuk memimpin tim serta berpengetahuan luas, terutama terkait industri game.

Programmer

Programmer merupakan salah satu bagian terpenting dalam mengembangkan proyek game. Tugas programmer adalah memastikan bahwa karakter dan animasinya bisa berjalan dengan baik. Ia juga berperan dalam menyatukan setiap elemen dalam game sehingga game bisa dijalankan sesuai tujuannya. Dalam tim yang mengerjakan game berskala besar, akan ada banyak programmer dengan tugas yang bervariasi.

Game designer

Berbeda dengan desainer pada umumnya, seorang game designer bertanggungjawab atas alur permainan dan menastikan agar permainan bisa selalu dinikmati pemainnya. Game designer bisa terbagi ke berbagai peran, mulai dari desainer level, menentukan desain gaya permainan, memastikan pengalaman bermain agar menarik, termasuk urusan terkait cerira game itu sendiri.

Artist 2D/3D

Visual game yang apik dan menarik adalah karya dari para artist alias orang yang mampu menghasilkan visual dalam game, baik itu 2D ataupun 3D, bergantung pada kebutuhan proyek. Tanggung jawab dalam pekerjaan ini meliputi penggambaran frame animasi, memvisualisasikan konsep, hingga pembuatan materi untuk tujuan promosi.

Localization

Profesi ini berkaitan dengan penerjemahan. Ia bertanggungjawab untuk menerjemahkan aset game dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Jurnalis game

Layaknya jurnalis pada umumnya, jurnalis game harus meniliki kemammpuan menulis yang baik. Jurnalis game memang spesifik membahas seputar game sehingga pengetahuan terkait produk game atau industri game secara luas harus dimiliki. Tugas seorang jurnalis game adalah mereview, meliput dan menulis berita terkait game, melakukan wawancara dengan para pelaku di industri game, hingga menyajikan konten-konten lain terkait game.

Game tester

Game tester memang terdengar seperti profesi yang menarik karena pekerjaan mereka adalah mencoba dan main game terus-menerus. Tapi, coba bayangkan bagaiaman rasanya harus main game yang sama setiap saat. Lebih dari sekadar bermain, game tester harus bisa menguji game. Jadi, kemampuan bermain game yang baik adalah syarat wajib bagi para tester ini. Ia juga harus memiliki ketelitian yang mendetail sehingga mampu menunjukkan kekurangan atau masalah dari game pada tahap uji coba tersebut.

Publisher

Setelah game selesai dibuat, maka hasilnya akan dirilis atau di-publish.  Publisher adalah pihak yang melakukan hal tersebut. Posisi penerbit di industri game sendiri terbilang cukup luas, namun umumnya akan bertanggung jawab untuk melakukan kurasi terhadap game, membantu proses promosi, serta memastikan penjualan game telah tepat.

Menurut kamu, profesi apa nih yang menarik? Setiap profesi di atas membutuhkan kemampuan yang mumpuni. Selain itu, soft skill seperti kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi juga tak kalah penting karena kamu tidak akan bekerja sendirian dalam sebuah proyek game. So, tingkatkan terus potensi dirimu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun