Pasang Loker

Kenali Nomophobia dan Cara Mengatasinya

Apakah kamu merasa selalu ketergantungan dengan ponsel, Jobhuners? Jika iya, kamu harus waspada karena siapa tahu kamu terjangkit nomophobia. Istilah ini adalah singkatan untuk “no-mobile phone-phobia” yang kini semakin menjadi tren di negara-negara industri dan di kalangan pekerja. Nomophobia pertama kali diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan UK Post Office pada 2010. Studi ini menemukan bahwa hampir 53% pengguna ponsel di Inggris cenderung cemas ketika mereka “kehilangan” ponsel mereka, kehabisan baterai, atau tidak mendapatkan sinyal. Hasil studi ini juga menunjukkan bahwa sekitar 58% pria dan 47% wanita mengalami fobia, dan 9% lainnya merasa stres ketika ponsel mereka mati.

Di tempat kerja, ponsel sendiri merupakan alat penting. Misalnya, untuk berhubungan dengan klien. Namun, penggunaan ponsel yang berlebihan bisa menciptakan distraksi sehingga produktivitas kerja menurun dan hasil pekerjaan pun jadi tidak maksimal. Penggunaan ponsel di waktu yang tidak tepat juga akan mengganggu banyak pihak lain. Mengurangi ketergantungan ini memang tidak mudah, tapi harus mulai dicoba. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap ponsel.

Membatasi penggunaan ponsel

Saat ini kita hampir bisa melakukan banyak hal dengan ponsel. Namun, kamu jangan sampai berlebihan hingga merasa terikat dengan ponsel. Batasi penggunaannya di waktu-waktu tertentu. Misalnya saat meeting dengan klien atau saat jam makan siang.

Mematikan ponsel pada jam kerja

Meski berat, mematikan ponsel pada jam kerja bisa membantumu terhindar dari cemas berlebihan. Distraksi ingin mengecek dan bermain ponsel saat bekerja juga bisa dihindari sehingga bekerja jadi lebih produktif.

Memakai aplikasi yang memang diperlukan

Notifikasi yang muncul dari berbagai aplikasi sering membuat kita tertarik dan terikat dengan ponsel. Tipsnya, kamu bisa melakukan pengaturan notifikasi dengan hanya menghidupkan yang penting. Selain itu, sebaiknya kamu menghapus aplikasi yang memang tidak diperlukan sehingga notifikasi tidak menumpuk.

Lebih banyak mengobrol tatap muka

Cara lain untuk menjaga diri agar tidak selalu terikat dengan ponsel adalah dengan beralih melakukan kegiatan lain yang menyenangkan. Di tempat kerja, kamu bisa mulai mengobrol ringan dengan rekan kerja. Selain terjalinnya hubungan yang akan lebih baik, kamu juga bisa mendapatkan insight baru terkait pekerjaan.

Nah, sekarang kamu bisa mengawasi diri sendiri agar terhindar dari nomophobia. Lakukan tips-tips di atas secara bertahap hingga kamu tidak lagi merasa terlalu terikat dengan ponsel. Fokuslah pada tujuan untuk selalu tampil produktif dan maksimal dalam bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami