Ketahui 10 Skill Penting Bagi Motion Designer

Pernah mendengar istilah motion atau motion graphic, Jobhuners? Motion graphic adalah bagian dari seni desain grafis yang merupakan penggabungan dari ilustrasi, tipografi, fotografi, serta videografi yang menggunakan teknik animasi. Saat ini karya motion graphic mudah ditemui di berbagai media, mulai dari televisi, film, hingga internet. Motion graphic sendiri terdiri dari dua kata, yakni motion yang berarti gerak serta graphic yang berarti grafis. Dengan pengertian tersebut, motion graphic secara sederhana juga bisa diartikan dengan grafis gerak. Dan, para pekerjanya disebut sebagai motion designer.

Di tengah kemajuan teknologi dan makin populernya konten visual, pekerjaan ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan di masa mendatang. Bukan hanya soal kreativitas, desainer motion juga dituntut untuk mampu membangun awareness dan mampu menyampaikan pesan melalui karyanya tersebut. Baik pemula ataupun senior, seorang motion designer setidaknya harus memiliki 10 skill berikut ini.

Desain grafis

Motion graphic bukan hanya soal membuat karya grafis yang bisa bergerak. Menguasai kemampuan dasar desain grafis ini penting untuk membantumu maksimal dalam berkarya. Kamu perlu membuat desain yang menarik terlebih dahulu.

Seni menggambar

Dalam prosesnya, kamu juga membutuhkan kemampuan menggambar ‘tradisional’ sebelum akhirnya mengubahnya menjadi motion graphic. Selama brainstorming, melakukan sketch untuk memvisualisasikan idemu  akan terasa lebih mudah sehingga bisa mempercepat waktu dalam menemukan desain yang tepat.

Pemahaman soal animasi

Sebagai desainer motion, kamu perlu menguasai bagaimana caranya membuat elemen 2D hidup dengan bergerak. Maka dari itu penting memahami teknik animasi yang baik dan benar. Kamu harus memiliki landasan yang kuat terkait animasi dan bagaimana membuat sesuatu bergerak dengan tetap bisa menunjukkan sisi menariknya. Jangan sampai apa yang kamu buat justru terasa datar dan tak bernyawa.

Kemampuan desain 3D

Saat ini elemen 3D makin sering digunakan dalam desain motion dan diprediksi akan terus populer. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu nantinya akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan kebutuhan industri. Setidaknya, kamu bisa mempelajari hal-hal basic dari kemampuan ini.

Pemahaman soal tipografi

Tipografi tergolong penting dalam desain motion. Kamu bisa menemukannya di berbagai media, seperti iklan di tv atau di internet. Kamu harus memahami tipografi agar mampu membuat audiens paham akan pesan yang ingin disampaikan. Mulai dari segi estetika, kemudahan dibaca, hingga lainnya.

Pemahaman soal warna

Warna pada desain bisa sangat berpengaruh. Misalnya, warna mampu menarik perhatian hingga menentukan mood atau perasaan audiens. Inilah mengapa penting untuk memahami teori warna. Apa yang cocok, apa yang ingin kamu komunikasikan, dan lainnya.

Kreativitas

Membuat visual menarik dengan pesan yang jelas sehingga mudah diterima audiens tentu tidak mudah. Diperlukan proses berpikir kreatif untuk sampai pada titik itu. Kamu bahkan bisa saja bekerja dengan sedikit informasi atau terlalu banyak informasi namun tetap dituntut untuk mampu menginterpretasikan informasi tersebut ke dalam sebuah desain motion. Kamu harus kretaif untuk bisa menghasilkan karya yang menarik.

Kemampuan teknis

Saat ini desain motion dikerjakan melalui komputer. Maka dari itu penting memiliki kemampuan teknis sehingga mampu beradaptasi dengan alat-alat yang akan membantumu menciptakan karya.

Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi yang baik akan berkaitan dengan desain yang hendak kamu ciptakan. Kamu akan berhubungan dengan klien, creative director, atau lainnya. Kamu harus pandai dalam mengkomunikasikan ide yang kamu miliki sehingga mudah dipahami pihak lain.

Originalitas

Tren memang menarik untuk diikuti. Namun, kamu juga bisa memiliki karaktermu sendiri sehingga karyamu terlihat lebih menarik dan berbeda. Perbanyak latihan dan cari style apa yang cocok denganmu. Namun, pikirkan pula bagaimana karyamu tetap bisa diterima pasar.

Bagaimana, dari 10 skill di atas, berapa banyak yang sudah kamu kuasai? Peluang industri kreatif di Indonesia sendiri juga makin meningkat dan bahkan didukung pemerintah. Kalau kamu tertarik, jangan lupa untuk tingkatkan terus kemampuanmu ya, Jobhuners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami