Ketahui Etika Mengirim Lamaran Melalui E-mail

Jobhuners, kalian tahu nggak sih istilah paperless? Paperless merupakan suatu kebijakan untuk mengurangi penggunaan kertas di kehidupan sehari-hari. Zaman sekarang, kegiatan apapun sudah menerapkan paperless lho, termasuk dalam melamar pekerjaan. Dulu, untuk melamar pekerjaan kita harus menyiapkan banyak banget surat lamaran dan amplop untuk dikirim ke perusahaan-perusahaan yang akan kita lamar. Sekarang semuanya berbeda, kita hanya perlu mengirim lamaran dan CV melalui e-mail saja. Mudah kan, Jobhunners? Nah, masalahnya masih banyak orang yang kurang memerhatikan etika pada saat hendak mengirim lamaran. Hal ini malah bisa berakibat fatal. Simak yuk, etika mengirim lamaran via e-mail versi Jobhun Surabaya.

b2

Menggunakan e-mail resmi
Dulu, kamu pasti memiliki alamat e-mail ala-ala, biasanya digunakan untuk mendaftar akun Facebook. Contohnya, shinthhimoet@g****.com. Nah, sekarang rubah kebiasaan buruk kamu Jobhunners. Mulailah menggunakan e-mail resmi supaya kamu terlihat profesional dan memiliki sopan santun yang baik di mata HRD.

b3

Memperhatikan penulisan subjek e-mail
Di bagian ini biasanya HRD sudah memberikan format yang jelas, misalnya ‘Open Recruitment Programmer’. Apabila format yang diminta sudah jelas, ikuti saja. Jika tidak, gunakan bahasa yang singkat dan padat. Hal ini untuk menjelaskan pada HRD bahwa kamu ingin melamar pada bagian tertentu.

b4

Memperhatikan badan e-mail
Tulis surat lamaran kalian di bagian ini. Biasanya pada bagian ini akan berisi kalimat pembuka  komunikasi. Jangan lupa, gunakan kata-kata yang formal ya jobhunners.

b5

Lampirkan berkas yang lengkap dan ukuran portofolio yang tepat

Biasanya dalam poster recruitment, jenis format yang diminta sudah jelas, bisa berupa .doc atau .pdf. Jika melampirkan portofolio, sebaiknya kirim dengan menggunakan format .zip dan pastikan ukuran file tidak terlalu besar ya. Agar bagian HRD juga tidak malas mendownload file kamu, Jobhunners.

b6

Dengan mengetahui etika mengirim e-mail yang baik, diharapan surat lamaran kamu bisa dinotice oleh pihak HRD, Jobhunners. Kalau kamu masih mengirim dengan sembarangan, buruan deh rubah mulai dari sekarang, supaya kamu nggak nyesel di kemudian hari. Good luck ya!

About Author

Building my startups, Jobhun. Also managing DILo Surabaya coworking space. I also leading my communities, Facebook Developer Circles Surabaya and Tech In Asia City Chapter Surabaya.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami