Pasang Loker

Ketahui Kerugian yang Akan Kamu Dapatkan Jika Suka Menunda Pekerjaan

menunda pekerjaan

Time is money. Pernahkah kamu merasa tidak ingin melakukan apa-apa di tengah pekerjaan yang menumpuk? Mungkin alasannya karena belum menemukan motivasi, kemudian seperti tanpa dosa kamu menunda pekerjaanmu. Jika sekali hingga dua kali kamu melakukannya, mungkin tidak masalah. Namun apabila menunda pekerjaan telah menjadi kebiasaanmu, maka berhati-hatilah. Bisa saja di masa depan akan ada orang lain yang mencuri mimpimu. Bahkan bisa juga kebiasaanmu itu akan menghancurkan karirmu. Nah, supaya kamu tidak terjebak pada kebiasaan yang berujung mengerikan, berikut ini merupakan beberapa kerugian yang akan kamu dapatkan jika kamu sering menunda pekerjaanmu. Read on!

Deadline serasa bom waktu

2

Jika kamu menganggap bahwa kamu memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaanmu, maka kamu salah besar. Pada kondisi seperti ini, kamu mengizinkan dirimu untuk bermalas-malasan sementara waktu terus berjalan. Lalu saat deadline di depan matamu, maka kamu pun akan menjadi panik dan tidak terkontrol. Akibatnya, tidak banyak yang dapat kamu lakukan selain menunggu deadline meletus sambil menyelesaikan tugasmu dengan penuh rasa bersalah.

Meniup kesempatan untuk orang lain

3

Seumur hidupmu, sudah berapa banyak kesempatan yang telah kamu sia-siakan? Pasti tidak dapat dihitung dengan hitungan jari lagi. Cobalah evalusi dirimu, mungkin selama ini kamu terlalu banyak menunda pekerjaan hingga kesempatan yang seharusnya kamu miliki diambil orang lain. Berhenti menuda pekerjaan sama dengan berhenti membuang kesempatan. Ambilah kesempatan yang seharusnya menjadi milikmu. Karena satu kesempatan dapat merubah hidupmu menjadi lebih baik.

Salah mengambil keputusan

4

Bagi sebagian orang mungkin akan membutuhkan banyak waktu untuk mengambil sebuah keputusan. Biasanya mereka akan mempertimbangkan banyak hal agar tidak salah mengambil sebuah keputusan untuk dirinya. Tapi hal ini tidak berlaku apabila kamu merupakan orang yang suka menunda pekerjaan. Kamu tidak membutuhkan banyak waktu, tetapi kamu malah menghabiskan banyak waktu untuk mengambil sebuah keputusan. Akibatnya, kamu mungkin akan salah dalam mengambil sebuah keputusan. Karena keputusan yang kamu ambil malah terpengaruh tekanan waktu yang hampir habis.

Reputasimu dipertanyakan

5

Saat pembagian tugas telah dimulai, rekan kerjamu telah mulai mengerjakannya. Kamu berkata kamu akan mengerjakannya. Tapi yang mereka lihat adalah kamu selalu mengerjakan ketika mendekati deadline. Coba pikirkan, apakah rekan kerjamu nyaman dengan cara kerjamu yang seperti itu? Mungkin tidak. Mungkin mereka akan berpikir untuk tidak ingin bekerja bersamamu, atau mungkin akan meninggalkanmu.

Mengahancurkan karirmu

6

Tidak ada bos yang toleransi dengan karyawan yang tidak patuh. Apalagi berkaitan dengan deadline. Apakah kamu pernah berpikir, konsekuensi apa yang akan kamu dapat ketika kamu menunda pekerjaanmu? Tidak mendapatkan promosi, atau bahkan yang lebih parah kamu mungkin akan kehilangan pekerjaanmu. Percayalah, kekecewaan kehilangan pekerjaan tidak sebanding dengan nikmat bermalas-malasan yang telah kamu lakukan.

Well, untuk alasan yang mendesak mungkin kamu bisa menunda pekerjaanmu. Tapi jangan jadikan menunda sebagai kebiasaanmu.  Ingat kebiasaan buruk tidak menghasilkan hal yang baik. Be on time, on good time!

(Artikel ini ditulis oleh Bachtiar Prananda)

7

About Author

Building my startups, Jobhun. Also managing DILo Surabaya coworking space. I also leading my communities, Facebook Developer Circles Surabaya and Tech In Asia City Chapter Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami