Pasang Loker

Lagi Probation, Buku Panduan Berkarier untuk Milenial

Jobhuners, apa sih yang akan kalian lakukan saat akan mencari kerja? Terutama jika kamu baru lulus, alias masih pengalaman pertama melamar kerja. Kebanyakan orang pasti akan memulainya dengan bertanya kepada teman yang sudah bekerja. Bisa juga mencari sumber informasi terkait proses melamar kerja ini melalui internet. Tapi kalian sadar nggak sih jika info-info yang kalian dapat dari teman dan internet terkadang masih terkesan general?

Buku “Lagi Probation” hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian tentang seluk beluk perekrutan kerja. Tentu saja buku ini akan sangat berbeda dengan artikel-artikel yang tersebar di internet. Kenapa? Buku ini ditulis langsung oleh Samuel Ray, seorang HR profesional yang juga dikenal di dunia maya sebagai @srl789. 

Dalam buku ini terangkum banyak tips and trick dalam mencari pekerjaan, mulai dari bagaimana cara menyusun CV yang menarik di mata HR hingga bagaimana memahami kontrak kerja supaya kamu bisa mendapat gaji yang sesuai. Selain itu, Samuel juga membagikan tentang apa yang akan dilihat recruiter ketika mencari calon karyawan. Nggak usah khawatir akan merasa bosan ketika membalik tiap lembar halamannya, buku ini dibuat mengalir ringan dengan kalimat-kalimat santai dan contoh yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. 

Samuel memulai buku ini dengan menceritakan beberapa pengalaman mencari dan mendapatkan beasiswa pendidikan di luar negeri. Hidup di negeri orang memang nggak mudah, terlebih lagi di beberapa negara mematok biaya hidup yang mahal, bahkan beberapa penerima beasiswa termasuk Samuel mau nggak mau harus bekerja part-time. Kuliah sambil kerja tentu nggak mudah, tapi Samuel menegaskan bahwa kesempatan selalu ada asalkan kita rajin mencari dan mau mencoba pekerjaan baru. Proses mencari dan mendapatkan part-time job itulah yang akan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih cerdas, teratur, dan terfokus pada mimpi kita. 

Ada satu poin penting lagi yang dibahas di bab-bab awal buku ini, yaitu tentang tujuan kita semua bekerja. Pada dasarnya kita semua bekerja agar kita nggak nyusahin orang lain. Samuel menjelaskan dengan gamblang bahwa manusia butuh kerja karena dorongan untuk hidup mandiri. Kedewasaan dimulai dari sana. Memang nggak ada salahnya mencari pekerjaan yang sesuai passion. Yang salah adalah ketika kita nggak melihat peluang dan cenderung menolak tawaran-tawaran yang ada dengan alasan “Itu bukan bidang saya”. Kenapa? Kita nggak pernah tahu pasti apa yang kita sukai atau nggak sukai sampai kita mencobanya. 

Lantas kenapa judulnya “Lagi Probation”? Probation adalah proses yang harus dilalui karyawan dan perusahaan untuk menilai dan dinilai. Samuel mengibaratkan hidup sama seperti ketika kita mencari pekerjaan dan berkarier, akan ada proses dimana kita akan menjalani satu probation ke probation selanjutnya. Kita nggak pernah tahu kalau kita nggak berani mencoba.

Nah, bagi Jobhuners yang sedang memulai perjalanan kariernya, ingin mencari pekerjaan baru, atau bahkan sedang mengenang masa-masa mencari pekerjaan yang sudah pernah kalian lewati, buku ini wajib banget kalian miliki karena dengan membaca buku ini, kalian akan tahu bagaimana isi kepala para HR!

 

About Author

Content Writer intern who is highly interested in media, culture, and linguistics studies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami