Pasang Loker

M. Irsyad: Menjadi Programmer Berarti Siap dengan Segala Tantangan Baru

Tidak pernah terpikirkan untuk menjadi programmer sebelumnya, Irsyad justru memiliki impian untuk menjadi penulis, guru, bahkan menteri pendidikan. Lelaki berusia dua puluh lima tahun ini mungkin memang belum lulus kuliah, namun kemauan untuk terus belajar, serta ketertarikannya pada komputer lah yang membawanya menekuni bidang ini. Belakangan, Irsyad juga aktif membuka kursus privat sekaligus menjadi fasilitator terkait pemograman. Seperti apa perjalanan karier Irsyad? Yuk, simak!

irsyad1

Sejak kapan dan bagaimana awalnya bisa menekuni bidang ini? Apa yang membuat Irsyad tertarik menjadi programmer?

Saya lulus SMA pada tahun 2010. Sebelum akhirnya memutuskan untuk kuliah pada tahun 2012, saya sempat ditanya oleh bos pada pekerjaan sebelumnya, “Kamu kuliah mau ambil jurusan apa?”. Spontan saya bingung, kemudian menjawab, “Jurusan apa saja, dan saya akan serius disana!”. Karena kemudian saya kuliah jurusan Teknik Informatika, maka otomatis saya berusaha mencintai komputer.

Apakah ada skill khusus yang wajib dimiliki untuk menjadi programmer?

Menjadi programmer berarti harus suka dengan komputer, belajar, serta hal-hal baru. Teknologi cepat sekali berubah, maka dari itu kita harus selalu siap dengan perubahan tersebut. Contoh yang bisa kita ialah perubahan dari Android Jellybean-Marshmallow-Lolipop sampai yang terbaru sekarang adalah Oreo. Bukankah kemampuan aplikasinya juga harus ikut berubah? Sebenarnya meski pemograman identik dengan harus pintar matematika, nyatanya banyak teman-teman, termasuk saya sendiri tidak terlalu jago di bidang tersebut.

Sekarang Irsyad bekerja di mana dan seperti apa pekerjaan yang Irsyad jalani itu?

Saya resign sebagai programmer dari kantor pada akhir 2016, kemudian fulltime menjadi freelance android developer sambil memberikan kursus privat pemrograman Android secara remote. Beberapa bulan kemudian materi kursus itu saya kemas menjadi beberapa DVD video tutorial, kemudian saya jual secara online. Jadi, selain melayani diskusi dari para pembeli, biasanya saya juga aktif mengisi workshop secara free maupun berbayar.

Apa suka duka bekerja di bidang ini?

Membuat aplikasi dan mengajari orang membuat aplikasi adalah dua hal yang berbeda. Saya pernah menjadi asisten lab dengan memberikan materi dasar-dasar komputer, kemudian menjadi fasilitator (pengajar) dalam Indonesia Android Kejar untuk kelas Beginner dan Intermediate. Dari keduanya, saya bisa belajar banyak hal. Jadi ketika membuat materi pembelajaran, saya pun berusaha untuk membayangkan bahwa saya adalah orang “yang diajarkan”, bukan yang sedang “mengajarkan”. Semaksimal mungkin saya berusaha menyusun materi yang mudah dipahami orang lain. Buat saya, menjadi programmer berarti akan terus belajar banyak hal baru.

IMG-20180207-WA0002

Apa pengalaman paling memorable selama berkarir di bidang ini?

Saya baru menghitung jumlah pertemuan mengajar privat ketika sudah tidak mengajar lagi, ternyata sudah hampir 200 kali pertemuan. DVD video tutorial yang saya buat juga hampir mencapai angka 1000 kopi penjualan dan sudah tersebar ke seluruh kota di Indonesia. Pada akhir Desember 2017 lalu, saya berkesempatan untuk bertemu dengan salah seorang yang pernah belajar privat dan membeli DVD saya. Kami makan bersama dan mengobrol banyak hal. Ketika hendak pulang dan berpisah, dia memeluk saya. Sumpah, buat saya kejadian itu memorable banget! Haha. Saya juga sempat beberapa kali mengajar privat dua orang dosen. Untungnya, mereka tidak pernah menanyakan saya lulusan kampus mana.

Selain menekuni bidang ini, apa lagi kesibukan Irsyad sekarang? Adakah goals yang hendak dicapai dalam waktu dekat? 

Saya dan teman-teman baru saja membuat komunitas AndroidDev Surabaya dan masih rajin mengadakan meetup setiap bulan sampai saat ini. Kita bertemu pada program yang di buat oleh Google, yakni Indonesia Android Kejar (IAK). Saya berharap ada lebih banyak lagi yang mendukung AndroidDev Surabaya. Percayalah bahwa kita sedang tertinggal jauh sekali secara SDM (Sumber Daya Manusia), jadi cara terbaik adalah mengajari mereka menulis kode dari awal, bukan sekedar memberikan semangat secara lisan maupun tulisan. Sementara itu, goals dalam waktu dekat adalah saya akan merilis aplikasi yang diharapkan bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Siapa yang menjadi inspirasi Irsyad selama ini dan apa alasannya memilih dia?

Selain masih suka membaca artikel tentang startup, kebetulan saya mempunyai 4 orang kakak laki-laki dan semuanya adalah wirausahawan. Mereka lah inspirasi saya. Dari mereka saya bisa melihat langsung bagaimana cara memperlakukan keluarga maupun orang lain. Karena pada akhirnya saya perlu berkomunikasi dengan banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda.

Apakah ada saran atau tips untuk mereka yang ingin menggeluti bidang yang sama dengan Irsyad?

Coba ikuti program workshop gratis dari Google, yakni Indonesia Android Kejar yang masih berjalan sampai sekarang. Coba juga untuk bergabung dengan komunitas di sekitarmu. Kota-kota besar di Indonesia juga mulai ramai membuat komunitas Android, seperti AndroidDev Surabaya, komunitas yang saya dan teman-teman dirikan. Tapi jika kamu memang ingin serius dengan bimbingan yang lebih baik, maka kamu bisa ambil kursus berbayar. Sebelum mampu mengajar, saya harus banyak belajar. Sebelum menjadi penjual, saya pun seorang pembeli. Hal itu berlaku hingga sekarang.

Nah, apakah kamu sudah mulai tertarik untuk menjadi programmer nih, Jobhuners? Kebanyakan orang takut menjadi programmer karena dari istilahnya saja sudah terdengar menyeramkan. Padahal keberadaannya sangat dibutuhkan, terlebih di era serba teknologi seperti sekarang. Seperti kata Irsyad, terus belajar serta mengikuti perkembangan yang ada ada merupakan kunci untuk menjadi programmer.

(Artikel ini ditulis oleh Cindy Faradhila)

About Author

CEO of Jobhun | Manager @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

1 Comment

  1. sungguh proses yang cantik, pertanyaannya dan jawabanya seperti air mengalir tak henti ingin rasanya mebaca terussss kisah dari mas irsad,
    semngat patang mundurr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun