Pasang Loker

Makin Banyak Dibutuhkan, Mari Mengenal Product Manager

Jika kamu tertarik dengan perusahaan teknologi, mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah Product Manager, yakni seseorang yang bertanggungjawab terhadap produk, mulai dari ide awal dan proses pembuatannya hingga hasil akhir produk tersebut. Posisi Product Manager ini dinilai penting dan diprediksi akan banyak di butuhkan di masa mendatang seiring dengan perkembangan industri teknologi informasi, seperti startup yang terus bermunculan. Apa kamu tertarik, Jobhuners?

Seorang Product Manager memiliki pengaruh penting dalam perkembangan perusahaan teknologi. Jika digambarkan, posisi mereka ada di antara UX, tech, dan business. Mereka adalah penghubung ketiga bidang tersebut untuk membuat sebuah produk yang sukses. Dalam membuat produk, Product Manager akan bertanggung jawab untuk mendefinisikan strategi dan roadmap sebuah produk, menentukan spesifikasi produk, berkolaborasi dengan tim lain yang berkaitan (engineering, customer service, dan lain-lain), memantau performa produk dan mengevaluasinya.

Dengan peran besar tersebut, lalu kemampuan apa saja yang harus dimiliki seorang Product Manager?

Kemampuan komunikasi

Product Manager adalah orang yang akan bekerja sama dengan banyak pihak di lintas bidang, maka mereka harus pandai berkolaborasi. Inilah mengapa kemampuan komunikasi menjadi penting, mulai dari kemampuan mendengar untuk memahami berbagai masukan dan request hingga kemampuan untuk mempengaruhi agar didengarkan yang dapat digunakan dalam memimpin project agar berjalan efektif.

Kemampuan memahami pasar

Riset adalah langkah penting yang perlu dilakukan Product Manager sebelum membuat produk, memahami pasar adalah salah satunya. Seorang Product Manager harus mampu memahami apa yang tengah menjadi masalah dan keluhan masyarakat supaya nantinya dapat membuat produk sebagai solusi tepat untuk masalah tersebut.

Kemampuan memahami produk

Seorang Product Manager bertanggung jawab atas sebuah produk mulai dari ide awal hingga hasil akhirnya. Maka dari itu, mereka harus memahami mengapa sebuah produk dinilai penting dan sasaran produk itu sendiri. Product Manager juga harus memperhatikan detail ketika merancang solusi dan saat melakukan test sebelum akhirnya produk tersebut siap rilis.

Kemampuan analisis data

Product Manager harus memahami bagaimana membuat produk yang bisa diukur agar nantinya bisa dievaluasi apakah produk tersebut memberikan hasil yang lebih baik. Secara rutin, Product Manager akan melakukan evaluasi dan menilai performa produk tersebut. Inilah mengapa kemampuan analisis data menjadi penting untuk dimiliki.

Nah, jika kamu memang tertarik untuk bekerja dengan cakupan yang cukup luas, Product Manager bisa jadi salah satu pertimbangan kamu nih. Pahami tanggung jawabnya serta kemampuan apa saja yang perlu kamu miliki ya, Jobhuners.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun