Pasang Loker

Mau Jadi Anak Agensi? Yuk Kenali Profesi-Profesinya!

Jobhuners, tahukah kamu kalau rata-rata orang melihat ±4000 iklan per hari? Mungkin kedengarannya banyak ya, padahal tanpa sadar dari membuka mata di pagi hari hingga menutupnya kembali di malam hari, kita memang selalu menemui banyak iklan lho. Iklan yang dimaksud di sini bukan cuma yang ada di media massa seperti koran, radio, dan televisi saja ya. Promosi di festival musik, kaca belakang mobil, hingga ad YouTube yang kadang nggak bisa di-skip juga termasuk.

Iklan diproduksi oleh orang-orang yang bekerja di perusahaan periklanan, yang biasanya disebut sebagai agensi iklan atau bahasa kerennya anak agensi. Beberapa perusahaan besar memang memiliki departemen iklan sendiri yang disebut in-house departments untuk menghemat budget, tapi banyak juga yang masih menggunakan jasa agensi dengan alasan efisiensi atau lainnya.

Pada dasarnya, agensi adalah perusahaan yang membantu pengiklan sebagai produsen dalam memasarkan produk atau jasanya mulai dari membuat rencana periklanan, memproduksi, hingga memasang iklan di media massa dan media periklanan lainnya. Wah harus kreatif ya berarti Jobhuners kalau mau jadi anak agensi.

Jadi penasaran sama bagaimana kerjanya anak ahensi? Ingin tahu siapa saja ya yang terlibat di dalamnya? Check this out!

  1. Account service/Account management
    Orang yang bekerja di bagian ini bertugas untuk memasarkan jasa periklanan dari perusahaan mereka ke calon pengiklan. Mereka harus menjaga hubungan baik dengan klien lama agar kembali beriklan melalui mereka. Kemudian mencari klien baru dengan mengajukan penawaran atau ikut dalam tender/pitching pekerjaan periklanan.
  2. Tim kreatif
    Bagian yang terdiri dari art director, visualizer, dan copywriter ini menangani pembuatan rancangan kreatif iklan. Mereka juga bertugas untuk memberikan pengarahan saat gagasan kreatif yang mereka buat akan dieksekusi.
  3. Bagian Media
    Bagian yang terdiri dari media planner dan media buyer ini bertugas dari menentukan media periklanan apa yang akan digunakan, menghitung biaya yang diperlukan, bernegosiasi mengenai harga dan space yang didapat, hingga iklan tayang di media tersebut.
  4. Tim produksi
    Bagian ini bertugas untuk merealisasikan gagasan yang dibuat oleh tim kreatif ke dalam bentuk iklan visual, audio, maupun audio visual. Mereka harus bisa membuat desain, mengambil foto, merekam iklan radio, melakukan shooting iklan untuk televisi atau bioskop, hingga membuat iklan Billboard.
  5. Riset pemasaran
    Bagian ini bertanggungjawab untuk mencari data kondisi pasar, persaingan, selera konsumen, tanggapan terhadap iklan yang telah tayang, dan lain-lain. Data ini nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam perencanaan program promosi/periklanan.

Gimana Jobhuners, setelah mengetahui bagian-bagian di agensi, apakah kalian tertarik untuk menjadi anak agensi? Terus semangat ya Jobhuners, percayalah dimana ada kemauan, di situ pasti ada jalan.

About Author

Highly interested in communication, media, and political studies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun