Pasang Loker

Maulana Fadilah: Serunya Melihat Kerjaan Dinikmati Banyak Orang

Maulana Fadilah: Serunya Melihat Kerjaan Dinikmati Banyak Orang

Jobhuners, siapa nih yang tertarik berkarier sebagai copywriter? Apa sih, serunya menjalani profesi ini? Buat kamu yang mulai tertarik dan penasaran tentang bagaimana rasanya bergelut di dunia copywriting, Jobhun mau ​share cerita dari Maulana Fadilah yang sudah malang melintang di bidang ini selama hampir sepuluh tahun. Kira-kira apa ya, yang membuat Maulana betah dengan profesi ini? Yuk, simak obrolan Jobhun dengan copywriter di Tokopedia ini!

1. Hai Maulana, apa kabar? Cerita dong tentang profesi copywriter, bagaimana job description dan tugas sehari-hari yang dikerjakan?

​Baik nih, Alhamdulillah. Copywriter adalah orang yang bertanggung jawab untuk setiap tulisan/teks dalam sebuah materi komunikasi. Biasanya ada di divisi kreatif. Yang dikerjakan sehari hari adalah berpikir tentang konsep kreatif sebuah komunikasi, juga mengeksekusinya. Mengeksekusi di sini berarti menulis, ya.

2. Sebagai seorang copywriter, ada nggak mispersepsi yang sering Maulana dengar tentang profesi ini? Bagaimana tanggapan dan koreksi dari Maulana?​​​​​ ​​​

Mispersepsi banyak sih, soalnya sampai sekarang pun profesi ini tidak terlalu umum. Banyak juga yang bercanda kalau profesi ini kerjanya bikin kopi kayak barista, hahahaha. Kalau ada yang salah, ya saya coba jelasin sesederhana mungkin agar lebih mudah dipahami.

3. Sejak kapan Maulana berkarier sebagai copywriter? Apa yang membuat Maulana memilih profesi ini?

Sejak akhir 2010, diawali sebagai anak magang di agensi periklanan bernama Berakar Komunikasi. Awalnya karena saya suka nulis, suka ngide random aja, dan sedikit belajar tentang copywriting pada saat kuliah. Kayaknya seru aja jadi copywriter, berasa keren. 

4. Apa hal yang Maulana sukai dari profesi ini? Selain itu, apa tantangannya?

Bisa ketemu banyak orang keren dan inspiratif. Bisa kerja bareng idola yang selama ini cuma ditonton di layar kaca. Saya juga suka kalo ngeliat kerjaan saya muncul dan dinikmati banyak orang. Rasanya “Nyess” gitu. Kalau tantangannya adalah bagaimana saya harus bisa ngasih yang terbaik dalam waktu yang cenderung sempit. Pressure-nya juga tinggi. Harus siap mental.

5. Menurut Maulana, apa modal utama yang harus dimiliki untuk bisa berkarier sebagai copywriter? Apa ada syarat/kualifikasi tertentu?

Harus suka nulis, harus kreatif, juga harus ngerti tentang marketing atau komunikasi. Oh iya 1 lagi, harus tahan banting.

6. Sebagai seorang copywriter, tentu dituntut untuk bisa menghasilkan ide-ide kreatif. Nah, bagaimana cara Maulana untuk menemukan inspirasi dan menjaga kreativitas dalam bekerja?

Banyak baca, banyak nonton, banyak ngobrol. Dari situ akan terbiasa melihat banyak angle dan mengasah kepekaan dalam berpikir.

7. Apa arti profesi ini bagi Maulana? Lalu, apa harapan yang ingin dicapai dalam berkarier?

Cukup berarti, karena jadi copywriter membawa saya bertemu banyak orang keren dan ngalamin banyak momen seru. Ke depan, saya ingin punya project pribadi yang impact-nya besar untuk Indonesia. Doakan, ya!

8. Share dong, tips atau saran dari Maulana untuk Jobhuners yang ingin menekuni karier sebagai copywriter?

Saat ini, industri kreatif kekurangan copywriter yang bagus. Jadi masih banyak slot untuk kalian yang mau jadi copywriter! Yuk, sini!

Itu tadi cerita dari Maulana tentang pengalamannya sebagai copywriter. Semoga goals Maulana untuk bikin project pribadi yang ber-impact terkabul, ya! Nah, buat kamu yang merasa relate dengan penjelasan Maulana tentang keseruan berkarier sebagai copywriter, gak ada ruginya buat dicoba, kan? Kamu bisa belajar lebih banyak tentang profesi ini bersama Maulana di kelas Jobhun Academy Online Learning: Copywriter!

About Author

Nabila Aulia Putri
Public Relations & Creative Content Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami