Maulana Sanwani: Desain Grafis Itu Tentang Problem Solving

Banyak orang menganggap profesi Graphic Designer hanya tentang menggambar atau membuat layout sebuah visual saja, padahal sebenarnya lebih dari itu lho. Maulana Sanwani, saat ini bekerja di Bukalapak sebagai Senior Graphic Designer. Menurut Maulana, profesi Graphic Designer itu memiliki impact yang besar bagi sebuah brand, bisnis, atau perusahaan. Ia menyukai dunia graphic design sejak duduk di bangku SMP yang awalnya hanya sekadar hobi saja, hingga akhirnya Maulana mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai seorang Graphic Designer di sebuah perusahaan. Tidak berhenti sampai di situ saja, Maulana terus mengasah kemampuan desain grafisnya hingga bisa menempati posisinya saat ini. Simak yuk perjalanan karier jatuh bangun Maulana menjadi seorang Graphic Designer.

1. Hai, Maulana! Bagaimana kabarnya selama berkegiatan di rumah?

Hai Jobhun! Alhamdulillah baik. Sudah dua bulan work from home nih, sudah mulai terbiasa juga.

2. Cerita dong tentang profesi Graphic Designer! Apa saja tugas sehari-hari yang harus dikerjakan?

Menurut saya tugas dasar seorang Graphic Designer yaitu sebagai problem solver, mereka menerjemahkan kebutuhan klien ke sebuah konsep visual yang kreatif dan efektif.

3. Bagaimana dengan posisi Maulana sebagai Senior Graphic Designer? Apakah ada perbedaan dari segi job description?

Job desc di setiap company tentu saja berbeda-beda. Kalau job desc saya di Bukalapak ada beberapa tanggung jawab sebagai Senior Graphic Designer, mulai dari creating key visual design untuk campaign dan promo marketing, menjadi PIC (Person in Charge) dalam sebuah project/tim design, supervising output visual, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan proses kreatif.  

4. Bagaimana sih, perjalanan karier Maulana mulai dari meniti karier sampai akhirnya ada di posisi ini?

Sejak SMP dulu saya memang sudah suka mengedit foto hasil belajar dari internet, tapi saat itu hanya seksdar hobi aja dan nggak diseriusin karena nggak pede untuk kerja jadi Graphic Designer. Pernah juga kerja di pabrik perhiasan selama 2 tahun tapi merasa nggak berkembang. Pernah kuliah Teknik Informatika juga karena mau coba jadi Programmer, tapi cuma kuat 2 tahun karena otak saya sepertinya nggak kuat ngoding, hehe. Kemudian saya sadar bahwa saya selalu enjoy ketika ngedit foto dan selalu tertarik dengan dunia desain. Dengan modal nekat, akhirnya saya mencoba apply internship di sebuat company dan Alhamdulilah diterima. Sejak saat itu saya mulai belajar lebih banyak tentang desain dan proses kreatif. Mulai involved di project kecil sampai project besar, dari sini saya mendapat pelajaran tentang bagaimana cara menghadapi sebuah problem dan cara mengatasinya. Seiring berjalannya waktu, skill dan knowledge saya semakin berkembang sampai sekarang.

5. Apa suka duka dari profesi sebagai Graphic Designer?

Kalau sukanya sih, kerjaan akan terasa lebih mudah ketika kita memang menyukai dunia desain. Apalagi kalo hasil pekerjaan kita itu mempunyai impact yang besar, ada rasa kebanggaan tersendiri. Kalau dukanya itu ketika sudah susah-susah ngerjain desain dengan detail dan keren, eh malah direvisi sama klien karena masalah selera. Padahal desain sudah on brief dan menjawab fungsi yang dibutuhkan. Hiks.

6. Menurut Maulana, bagaimana kesempatan berkarier sebagai Graphic Designer untuk teman-teman milenial?

Menurut saya, Graphic Designer ini adalah pekerjaan yang akan selalu dibutuhkan di berbagai bidang industri. Artinya, peluang untuk bekerja sebagai Graphic Designer juga besar. Dunia desain juga selalu berkembang tiap tahunnya, jadi selalu bisa belajar hal baru dan gak akan ngebosenin.

7. Apa pesan atau tips dari Maulana tentang persiapan yang bisa dilakukan Jobhuners yang ingin menekuni karier sebagai Graphic Designer?

Ada yang bilang kalau mau jadi Graphic Designer itu harus bisa gambar, kalau menurut saya sih, nggak juga. Banyak cara untuk belajar Graphic Design, mulai dari edukasi formal sampai non-formal seperti kursus desain dan online learning. Atau bisa juga gabung ke komunitas desain seperti saya dulu. Yang penting jangan malas belajar teori dan mempraktekannya, practice makes perfect!

Setuju dengan Maulana, menjadi seorang Graphic designer memang bukan hanya perkara menampilkan visual yang bagus saja, tapi sebisa mungkin karya tersebut juga memiliki impact. Saat ini profesi Graphic Designer memang sedang banyak dibutuhkan perusahaan. Penghasilannya juga terbilang besar lho jika kita menekuni dan terus mengasah kemampuan supaya tetap update dan scale up. Jobhuners, apakah kamu ingin belajar Graphic Designer secara langsung bersama Maulana Sanwani? Kamu bisa mengikuti Jobhun Academy: Graphic Designer bersama Maulana, lho!

About Author

Nabila Aulia Putri
Public Relations & Creative Content Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami