Pasang Loker

Mempersiapkan Resume dan CV Terbaik Bersama Pakarnya

Bekerjasama dengan Komunitas Sublim.org, Keluarga Mahasiswa Psikologi Unair menyelenggarakan workshop seputar karir pada Sabtu (7/4/2018) lalu. Acara ini bertujuan agar generasi muda sekarang lebih memahami apa saja hal-hal yang bisa meningkatkan skill sekaligus langkah-langkah yang harus dipersipkan dalam bersaing di dunia kerja saat ini.

Workshop berlangsung sekitar pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dengan materi yang sangat padat. Peserta yang hadir cukup beragam, mulai dari mahasiswa psikologi Unair hingga masyarakat umum. Menariknya, workshop ini memuat materi penting seputar pembuatan surat lamaran kerja dan CV. Materi disampaikan oleh narasumber yang sudah sangat berpengalaman di bidang ini.

WhatsApp Image 2018-04-10 at 17.20.44

Dengan mengusung tema “Get Your High Quality & Interview Skill“, workshop ini diharapkan bisa membekali para calon pekerja saat hendak terjun ke dunia kerja. Banyak lulusan baru yang ingin segera mendapatkan pekerjaan yang layak setelah lulus, namun faktanya tidak bisa berjalan selurus itu. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Sehingga workshop seperti ini memang sangat dibutuhkan, Jobhuners.

Acara ini dibuka oleh Rovien Aryunia, selaku Recruitment Manager & OD Talent Management Manager di Wonokoyo Group. Ia mengatakan bahwa merencanakan karir layaknya seperti merencanakan hidup, sehingga banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan dimana peta karir kita akan berlabuh. Kita perlu mempersiapkan beberapa hal, seperti career goal, career plan, hingga career choice yang perlu dipersiapkan sejak dini sebelum berkompetisi di dunia kerja.

WhatsApp Image 2018-04-10 at 17.20.42

Sesi berikutnya diisi oleh Aryo, salah satu dosen di Fakultas Psikologi Unair. Bapak yang satu ini sangat mahir dalam bidang psikologi industri. Dalam sesi ini, Aryo memaparkan berbagai strategi jitu menarik perusahaan dalam sesi interview. Tak hanya itu saja, ia juga menjelaskan bagaimana membuat CV yang mampu memikat HRD perusahaan. Menurutnya, kita harus memahami bahwa interview ini merupakan proses dua arah, bukan interogatif. Sehingga dari sini kita harus mempersiapkan diri dengan matang, mulai dari meriset perusahaan, berpenampilan yang sesuai, datang lebih awal, serta mampu mensinkronkan antara bahasa verbal dan non-verbal. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa “Your CV is your personal brosur”. Sehingga sebaiknya hindari template yang coraknya begitu kontras, menulis yang tidak sesuai pengalaman, dan memasang foto yang tidak layak. Buatlah CV yang sederhana, namun tetap elegan dipandang. Dan deskripsikan diri anda sejujurnya, Jika kesan awalnya sudah menggoda, maka dari sini bisa menjadi titik awal untuk HRD menilai apakah kamu layak untuk maju di tahapan selanjutnya atau tidak.

Nah, mulai dari sekarang kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa bersaing di dunia kerja. Selamat mencoba, Jobhuners!

(Artikel ini ditulis oleh Azhar Abdi Ramadhan)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun