Mengenal Lebih Dekat Profesi Public Relation

Impresi merupakan hal yang harus selalu dijaga oleh sebuah perusahaan atau organisasi. Untuk mewujudkan hal ini, dibutuhkan tenaga profesional yang bisa membantu menciptakan, membangun, dan menjaga reputasi positif mereka. Tenaga profesional yang sedang kita bahas ini adalah seorang Public Relation (PR). Profesi Public Relation hampir dimiliki semua perusahaan maupun organisasi dalam upaya menjalin hubungan baik dengan masyarakat, stakeholder, maupun pers.

Dikutip dari Kompasiana.com, Public Relation sendiri adalah salah satu fungsi manajemen yang memiliki tugas utama, yakni menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antarlembaga (organisasi) dengan publiknya, internal maupun eksternal dalam rangka menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik untuk menciptakan opini publik yang mengungtungkan lembaga organisasi.

Untuk menciptakan tujuan dari fungsi mereka, Public Relation akan melakukan beberapa hal yaitu:

  • Menulis dan mendistribusikan press releases
  • Menulis pidato
  • Menulis pitches (tidak seformal press release) tentang perusahaan atau organisasi untuk kemudian dikirim ke jurnalis
  • Membuat dan menjalankan acara khusus yang didesain untuk penjangkauan publik dan relasi media
  • Melakukan penelitian pasar pada perusahaan maupun pesan perusahaan
  • Menulis dan blogging untuk website, baik internal maupun eksternal website
  • Promosi media sosial, serta merespons opini negatif yang ada di internet

Berdasarkan tugas PR di atas, walaupun media sosial dan media online sudah merajai era ini, seorang Public Relation sebaiknya tidak melupakan peran besar media konvensional seperti televisi, radio, maupun media cetak. Porsi untuk keduanya mungkin berbeda, melihat dari penjangkauan digital yang memang lebih efisien. Namun, media konvensional masih memiliki tempat tersendiri di beberapa kalangan yang bisa dijangkau oleh seorang Public Relation.

Nah Jobhuners, untuk menjadi seorang Public Relation yang baik, ada beberapa keahlian yang sebaiknya dimiliki oleh kamu yang ingin terjun di bidang ini. Kira-kira apa saja ya?

1. Komunikatif

Kemampuan komunikasi interpersonal –komunikasi dua arah, sebaiknya kamu asah mulai sekarang jika profesi Public Relation adalah impianmu. Seorang PR membutuhkan skill ini karena mereka harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan internal ataupun eksternal perusahaan/organisasi. Komunikatif juga dibutuhkan untuk proses lobbying yang juga merupakan salah satu tugas Public Relation.

2. Kemampuan menulis yang baik

Hal ini dibutuhkan Public Relation dalam melaksanakan tuganya, seperti menyusun siaran pers atasu press release yang akan diberikan ke pihak pers. Selain siaran pers, kemampuan menulis ini juga dibutuhkan untuk hal lain seperti membuat konten untuk media sosial, atau materi lainnya.

3. Manajemen konflik

Tidak ada yang mampu memprediksi konflik. Setiap perusahaan maupun organisasi memiliki potensi menghadapi sebuah konflik seiring perjalananya. Maka dari itu, Public Relation yang memang memiliki tugas utama untuk menjaga citra positif perusahaan atau organisasi pun penting untuk memiliki kemampuan manajemen konflik. PR harus memiliki cara-cara cerdas dalam menghadapi konflik agar citra positif perusahaan maupun organisasi tidak tercoreng dan tetap baik.

4. Kemampuan riset

Public Relation harus selalu up to date terhadap isu-isu sekitar. Oleh karena itu, riset dibutuhkan untuk membantu mereka dalam menyusun pesan yang tepat sasaran dan cermat agar bisa menjangkau masyarakat dan menguntungkan perusahaan atau organisasi yang menaungi.

Itu tadi perkenalan dengan profesi Public Relation, baik dari segi tugas sampai dengan skill-skill  yang harus dimiliki. Jadi, apa kamu mulai tertarik dengan bidang yang satu ini Jobhuners?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami