Mengenal Lebih Dekat Seorang Produser Game

Kamu pasti pernah mendengar istilah produser film atau produser musik, tapi bagaimana dengan produser game? Layaknya produser di bidang lain, produser game adalah orang yang bertanggung jawab penuh sejak proses perencanaan, pembuatan, hingga pasca pembuatan dalam sebuah project game. Bagi mereka yang berada di luar project mungkin akan mengira bahwa tugas seorang produser game biasa saja, padahal ia berperan sangat penting sebagai pemimpin project.

Dalam pengembangan game, tugas-tugas yang terbagi biasanya cukup jelas. Misalnya, programmer akan membuat kode, seniman akan membuat karya visual, animator akan mengubah karakter dan objek menjadi animasi, atau game tester yang akan melakukan uji coba game. Namun, hal demikian tidak terjadi dengan seorang produser. Produser harus bisa memastikan bahwa produk game bisa tercipta sesuai tujuan. Ini berarti pekerjaannya meliputi banyak hal, beberapa di antaranya adalah:

  1. Merencanakan jadwal produksi
  2. Mengatur budget atau anggaran
  3. Menemukan dan membentuk tim berbakat
  4. Mengatur terkait lisensi dan publishing
  5. Berhubungan dengan media

Sebelum memulai proses produksi, produser akan berkerja dengan para perancang game seperti artist dan programmer untuk menyusun konsep yang sesuai. Produser bisa berpartisipasi dalam pemberian ide dan pengujian ide. Maka dari itu, pengetahuan luas terkait industri game penting untuk dimiliki. Produser harus bisa menilai apakah ide tersebut layak dilanjutkan atau tidak hingga melakukan penilaian terkait bagaimana produk tersebut berbeda dari yang lain. Selanjutnya, produser juga lah yang akan menentukan tim dan pembagian tugasnya. Dengan siapa saja seorang produser game akan bekerja sama?

  • Tim art
  • Tim design
  • Programmer
  • Tim marketing
  • Publisher, dan lain-lain

Dalam prosesnya, produser memang akan berhubungan dengan banyak pihak. Inilah mengapa kemampuan berkomunikasi tak kalah penting dari kemampuan leadership. Produser akan mengontrol tiap proses pembuatan hingga produk game jadi. Kemudian, produser akan menemukan penerbit dan bernegosiasi dengan orang-orang yang bisa membantu pengembangan produk. Saat game rilis, produser game juga ambil bagian untuk berbicara dengan media dan ikut mempromosikan produknya tersebut. Lalu, kemampuan apa saja yang perlu disiapkan untuk menjadi seorang produser game?

  • Mampu beradaptasi dan bisa berhubungan baik dengan siapa saja
  • Memahami konsep marketing dan strategi bisnis yang efektif
  • Mampu memimpin sebuah project agar berjalan sesuai tujuan. Mengerti bagaimana sebuah produk dibuat sejak proses pra, pro, dan pasca.
  • Pengetahuan terkait rights and licensing. Mengerti cara bernegosiasi terkait hukum
  • Memahami industri game. Mengerti tentang tren, genre, dan lainnya
  • Mampu mengelola budget yang sesuai dengan kebutuhan

Nah, kamu tertarik menjadi produser game? Peluang di industri game memang semakin lebar seiring dengan terus berkembangnya industri ini. Pekerjaan ini bisa jadi prospek yang menjanjikan di masa depan nih, Jobhuners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami