Pasang Loker

Mengenal Profesi Apoteker, Sang Peracik Obat

Hai Jobhuners, kalian pernah dong datang ke apotek dan memesan beberapa obat untuk mengobati saudara kalian yang sedang sakit? Di apotek sendiri ada beberapa orang yang akan melayani pesanan obat kalian dan meraciknya. Tetapi, orang yang meracik obat tersebut bukan sembarangan orang loh, Jobhuners.

Orang yang bisa meracik obat ini biasa disebut sebagai apoteker. Apoteker sendiri dikhususkan kepada orang yang ahli dalam ilmu obat-obatan. Profesi ini bertugas untuk mengeluarkan obat dari resep yang dibuat oleh dokter atau praktisi kesehatan lainnya, kemudian mereka bisa memberikan saran tentang pemilihan obat, dosis, interaksi dan efek samping dari obat itu sendirit. Di Indonesia, apoteker juga tergabung dalam organisasi Ikatan Apoteker Indonesia.

Sebelum menjadi apoteker, mereka harus melewati pendidikan farmasi selama 4 tahun, menjalankan pendidikan profesi apoteker selama 1 tahun, dan juga harus memiliki Gelar Akademik Sarjana Sains atau disingkat S.Si. Apabila kamu ingin menjadi seorang apoteker, maka kamu wajib mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam obat. Bagaimana obat ini dapat diserap oleh tubuh, didistribusikan, dimetabolisme, dan dikeluarkan dari tubuh. Apoteker juga mempelajari bahan-bahan obat mana saja yang dapat menimbulkan alergi pada tubuh manusia.

Sedangkan tugas dari apoteker antara lain meracik obat, mengelola stok obat, melakukan screening resep untuk memastikan bahwa pasien mendapatkan obat yang aman, hingga memberi petunjuk kepada pasien saat menyerahkan obat termasuk aturan pakai dan efek samping obat tersebut.

Apoteker bisa bekerja di beberapa sektor. Bisa sektor publik seperti Badan Pengawasan Obat dan Makanan, LIPI, dan Kementerian Kesehatan. Sedangkan untuk sektor swasta, bisa di perusahaan farmasi, organisasi kesehatan dunia, dan perusahaan distribusi. Jadi tidak hanya bekerja di apotek saja ya, Jobhuners. Jabatan dari apoteker sendiri bermacam-macam, antara lain apoteker klinis, apoteker rumah sakit, manajer farmasi rawat jalan, pemilik apoteker, staf apoteker, dan konsultan farmasi.

Jadi gimana, Jobhuners? Keren banget kan profesi apoteker ini. Semangat terus buat kalian yang ingin menjadi seorang apoteker ya, meskipun prosesnya cukup berat karena kamu harus menghafalkan beragam jenis obat-obatan. Kamu juga harus teliti dan berhati-hati dalam memberikan obat kepada pasien. Namun profesi ini sangat bermanfaat bagi banyak orang. Semangat ya, Jobhuners!

About Author

Saya adalah seorang mahasiswi semester 5 di sebuah perguruan tinggi STIKOM Surabaya yang sedang mencoba untuk menjajaki karir sebagai Penulis Content dan Penulis Code Program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun