Pasang Loker

Mengenal Profesi Industri Pembuatan Film Menurut Studio Antelope

Mengenal Profesi Industri Pembuatan Film Menurut Studio Antelope

Jobhuners, siapa nih yang tertarik bekerja di industri pembuatan film? Di dalam industri film, tentu ada banyak profesi didalamnya. Simak yuk, beberapa profesi yang ada di industri pembuatan film versi Studio Antelope. 

Sutradara

Sutradara bertugas mengarahkan film sesuai script yang telah dibuat. Lima sutradara Indonesia yang telah berprestasi di kancah internasional menurut Idntimes antara lain Joko Anwar dengan Film Pengabdi Setan, The Mo Brothers dengan Rumah Dara, Mouly Surya dengan Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, Anggun Priambodo dengan Rocket Rain, dan Angga Sasongko dengan Filosopi Kopi. 

Sinematografer/Director of Photography

Sinematografer mempunyai tanggung jawab atas aspek visual, baik artistik maupun teknis dalam pembuatan film. Beberapa sinematografer muda Indonesia yang pantas diteladani menurut Studio Antelope adalah Anggi Frisca, Fahim Rauyan, Ivan Anwal Pane, Marcelinus Batara Goempar Siagian, dan Bella Pangabean.

Penulis Naskah

Penulis naskah mempunyai peran menciptakan jalan cerita yang menjadi acuan dalam pembuatan film. Menurut Kincir, lima penulis naskah berprestasi Indonesia antara lain Salman Aristo, Ginatri S. Noer, Tumpal Tampubolon, Jujur Prananto, dan Ernest Prakasa.

Tim Produksi

Menurut Studio Antelope, tim produksi terdiri dari beberapa orang yang mempunyai perannya masing-masing. Produser mempunyai peran untuk bertanggungjawab dan memimpin manajemen produksi, produser pelaksana bertugas sebagai tangan kanan produser dan mengurusi hal yang lebih teknis, manajer produksi bertugas memastikan hal fisik produksi berjalan dengan baik, akuntan produksi bertugas mengelola keuangan, manajer lokasi bertugas untuk mencari lokasi yang sesuai dengan visi sutradara, dan production assistant yang bertugas untuk memberikan sistem suport kepada kru.

Kru Artistik Film

Menurut Studio Antelope, departemen artistik dibagi menjadi beberapa bagian antara lain asisten penata artistik yang bertugas membantu sutradara untuk mengatur framing, set designer bertugas merancang set lokasi, set dresser bertugas untuk memutuskan peletakan barang yang ada di set, prop master yang bertugas untuk mendata, mencari, serta mengelola props yang digunakan dalam film, dan runner/buyer yang bertugas untuk membeli kebutuhan mendadak yang dibutuhkan oleh prop master dan set designer.

Desainer Produksi

Desainer produksi mempunyai tugas untuk menata tampilan film dalam segi grafis, suasana lokasi, properti, pencahayaan, dan elemen visual lainnya. Pengaturan gaya pada sebuah film bergantung pada rancangan desainer produksi.

Art Director

Tugas utama art director adalah bertanggungjawab pada iklan, pemasaran, dan penerbitan dalam sebuah film. Art director mempunyai tim yang bekerja di bidang graphic designer, illustrator, photographer, dan fashion stylist.

Desainer Set

Menurut Studio Antelope, desainer set bertugas untuk merancang interior dan eksterior set sesuai dengan arahan dari penata artistis.

Property, Wardrobe, Makeup Artist

Departemen kostum dan rias terdiri dari penata kostum, rias, dan rambut yang mempunyai tugas mendesain tata rias, pakaian, dan rambut pemain sesuai kebutuhan cerita serta karakter.

Tim Kamera dan Lighting

Disebutkan oleh Studio Antelope bahwa departemen kamera mempunyai beberapa bagian, antara lain penata kamera, operator kamera, asisten penata kamera, operator kamera, asisten penata kamera, clapper, digital imaging technician, gaffer, lighting, key grip, dan best boy yang membantu key grip.

Film Editor dan Tim Post-production

Editor mempunyai tugas memilah gambar untuk dipotong dan disusun menjadi sebuah film.  Sedangkan, tim post-production yang terdiri dari supervisor, coloris, visual effect artist, rotoscope artist, sound designer, dialogue editor, composer, dan folay artist mempunyai peran memberikan kelengkapan dan sentuhan akhir sebelum film di luncurkan.

Work by Studio Antelope

Studio Antelope merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi film dan konten, dengan misi untuk menciptakan konten-konten berkualitas. Beberapa film yang pernah digarap oleh Studio Antelope antara lain Prince Darling The Series, PUBG Spring Festival, Cornetto 90 Hari Memendam Rasa, dan masih banyak lainnya. Kalau mau tahu lebih lengkap, yuk kepoin Studio Antelope lewat video-video di YouTube-nya!

About Author

Content Writer of Surabaya Soul Society and Jobhun Intership Batch 7.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami