Pasang Loker

Mengenal Profesi Producer yang Ada Dalam Film

Produksi sebuah film tentu tidak bisa lepas dari peran seorang producer didalamnya. Kira-kira, seberapa pentingkah peran seorang producer dalam sebuah film? Producer merupakan seseorang yang memiliki kontrol menyeluruh dari setiap aspek dalam produksi sebuah film. Seorang producer bertanggungjawab dalam semua fase produksi, seperti pengembangan, pra-produksi, produksi, pasca-produksi, serta pemasaran. Penting banget kan peran producer ini, Jobhuners? Dilansir dari Instagram @studioantelope, producer dalam film ternyata memiliki tugas yang berbeda yang sesuai dengan perannya masing-masing. Apa saja itu?

Producer

Merancang, mengatur, dan mengelola segala aspek produksi, mulai dari pra-produksi sampai dengan pasca-produksi.

Co-Producer 

Bagian dari tim yang menjalankan fungsi producer dalam sebuah produksi bersama co-production

Executive producer

Mengawasi producer dalam mengeksekusi project. Memastikan semua bekerja sesuai perannya.

Produser pelaksana

Pengawas harian yang mengeksekusi produksi sesuai rancangan dan proyeksi dari producer

Manajer produksi

Bekerjasama dengan producer pelaksana dalam mengawasi kegiatan teknis harian

Sebenarnya tidak ada cara pasti dan khusus untuk menjadi seorang producer film. Ada yang memilih cara dengan mengambil sebuah kursus atau bersekolah di perguruan tinggi seni, dan ada pula yang memutuskan untuk belajar sendiri secara otodidak. Apapun jalan yang dipilih, seseorang yang bercita-cita ingin menjadi seorang producer film haruslah memiliki banyak pengalaman dan jam terbang, sehingga bisa diperhitungkan di industri di mana nantinya mereka akan terjun. Biasanya, orang yang memiliki keinginan besar untuk menjadi seorang producer akan meningkatkan pengalaman mereka dengan berperan sebagai co-producer, line producer, associate producer atau distributor.

Untuk menjadi seorang producer, yang tentunya memiliki banyak tugas tidak mudah, beberapa skill khusus dibutuhkan agar mampu survive. Apa saja?

Pengetahuan keuangan

Seorang producer biasanya juga akan berkutat dengan hal-hal yang berkaitan dengan budgeting keuangan. Jadi pengetahuan keuangan dasar setidaknya penting juga untuk dimiliki.

Problem solving

Dalam sebuah industri film, masalah akan datang silih berganti. Kemampuan yang satu ini patut dimiliki supaya bisa menyelesaikan masalah yang datang dengan penyelesaian yang tepat dan akurat.

Visi kreatif

Producer selalu berdampingan dengan kerja seorang sutradara dan penulis naskah. Visi kreatif diperlukan untuk bisa menciptakan kesinambungan yang “elok”, hingga nantinya mampu menghasilkan sebuah karya yang tidak mengecewakan. Asah mulai sekarang.

Diplomasi

Producer meng-handle banyak pihak dalam sebuah produksi film. Untuk itu, kemampuan negosiasi cukup penting dan dibutuhkan untuk bisa mempengaruhi orang lain dan menyambungkan visi serta misi sehingga sama antara satu dan yang lain.

Wah, ternyata pekerjaan seorang producer cukup kompleks nan menarik ya, Jobhuners. Semua orang bisa menjadi producer handal jika ada kemauan kuat dalam diri. Indonesia sendiri sudah memiliki banyak producer ciamik yang ikut memajukan perfilman Indonesia, sebut saja Mira Lesmana, Ernest Prakasa, Joko Anwar, dan masih banyak lagi. Jadi, apakah kamu akan menjadi nama selanjutnya Jobhuners?

About Author

Masih Berkegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun