Pasang Loker

Mengenal Sosok Brand Manager yang Berperan untuk Kesuksesan Sebuah Brand

Kamu pasti tahu Coca-cola, Nike, atau Apple kan? Beberapa nama tersebut merupakan nama brand besar yang terkenal di seluruh dunia dengan karakter masing-masing. Nilai brand yang begitu baik membuat mereka memiliki konsumen yang setia dan tak sabar dengan setiap produk baru yang hendak mereka keluarkan. Brand memang penting untuk sebuah produk atau perusahaan. Brand manager sebagai orang di balik ini semua juga tentu tak kalah penting. Brand manager akan berkutat dengan semua hal terkait brand.

Setiap produk akan berbeda, begitu pula dengan citra yang ingin disematkan kepada produk tersebut.  Inilah mengapa perusahaan selalu membutuhkan brand manager, agar produk bisa dikenal dan dipasarkan secara efektif kepada para targetnya. Namun, apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan ini? Brand manager bertanggung jawab atas keseluruhan image dari suatu produk.

  • Elemen kunci dari pekerjaan ini adalah meneliti pasar untuk menentukan di mana produk akan cocok. Mulai dari menganalisis posisi kompetitif, produk, dan merek
  • mengembangkan strategi pemasaran dan periklanan, serta mengelola pengeluaran tersebut
  • Membantu membuat desain dan tata letak untuk konsep terkait iklan
  • Mengawasi kegiatan promosi
  • Menganalisis harga dan penjualan
  • Mengevaluasi bagaimana konsumen aware dengan brand dan bagaimana cara menjaring konsumen yang lebih luas

Lalu, kemampuan apa saja yang harus dimiliki seorang brand manager? Berikut Jobhun merangkum 5 kemampuan fundamental bagi seorang brand manager.

Kreativitas

Kreativitas sangat diperlukan untuk bisa terus berinovasi dalam mengembangkan produk, termasuk untuk membangun dan menetapkan image suatu produk. Dipadu dengan strategi bisnis yang efektif, seorang brand manager harus pandai melihat peluang dan menjadi kreatif untuk mencapai tujuan produk atau perusahaan.

Kemampuan berkomunikasi

Brand manager akan bekerja dengan orang-orang dari lintas bidang. Maka dari itu penting untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga pesan atau ide yang hendak disampaikan mudah diterima. Kemampuan ini juga berguna agar hubungan kerja sama dengan berbagai pihak terjalin dengan baik.

Kemampuan riset

Riset adalah kunci bagi brand manager untuk memperoleh data yang dibutuhkan terkait brand atau produk mereka. Misalnya, seorang brand manager harus tahu apa yang calon konsumen sukai, media apa yang biasa mereka tonton, platform apa yang sering mereka pakai, dan sebagainya sehingga pembentukan image terhadap brand bisa berjalan lebih efektif.

Fleksibiltas

Seorang brand manager harus fleksibel dan pandai-pandai beradaptasi dengan perubahan. Mereka dituntut aktif untuk melihat setiap perkembangan seperti bagaimana konsumen membicarakan produk mereka di media sosial sehingga bisa terus update dan menyesuaikan. Hal ini juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk upaya branding berikutnya.

Penalaran kuantitatif

Komepetensi penting lainnya adalah kemampuan untuk melakukan upaya branding berdasarkan data. Kunci untuk menghubungkan data dengan branding adalah mengukur jangkauan branding sebelum memulai proses baru.

Apakah kamu tertarik menjadi brand manager, Jobhuners? Membentuk citra sebuah brand memang tidak mudah. Namun, brand manager akan tahu apa yang harus dilakukan. So, kembangkan terus kemampuanmu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami