Pasang Loker

Menguntungkan, Ini 6 Manfaat Magang yang Perlu Kamu Pahami

Apakah kamu tertarik melakukan program magang, Jobhuners? Menurut katadata, selama lima tahun terakhir jumlah peserta magang nasional telah mencapai 153.340.  Program magang nasional berbasis kompetensi ini diinisiasi oleh Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker) demi terwujudnya tenaga yang kompeten. Dalam pelaksanaannya, program magang berisi 25 persen teori dan 75 persen praktik produksi. Keuntungan mengikuti program ini di antaranya adalah perserta akan dibimbing langsung oleh mentor dari perusahaan dan mendapatkan sertifikat pemagangan. Bahkan, peserta yang lulus dengan baik akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan mitra. Di tahun 2018 saja, setidaknya ada 1.110 perusahaan yang terlibat dalam program magang ini.

Kegiatan magang memang dinilai penting untuk proses belajar sekaligus bisa menjadi lahan praktik sebelum menjajaki dunia kerja yang sesungguhnya. Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia bahkan mewajibkannya sebagai salah satu syarat kelulusan. Pengalaman magang nyatanya bisa sangat bermanfaat untuk kelangsungan karier seseorang ke depan. Nah, ingin tahu kenapa harus mencoba program magang setidaknya sekali? Yuk, simak enam manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan magang berikut ini.

Mengenali dan memahami dunia kerja

Dunia kerja memang kompleks dan bisa sangat berbeda dengan masa di bangku kuliah. Mengikuti program magang akan membantumu mengenal dunia kerja lebih dini sehingga bisa lebih mempersiapkan diri. Saat magang, kamu bisa mulai beradaptasi dengan lingkungan kerja yang sesungguhnya hingga belajar memahami proses bekerja secara profesional.

Mempraktikkan ilmu dan mengukur kemampuan diri

Jika sebelumnya kamu hanya berkutat dengan teori, maka di masa magang kamu berkesempatan untuk mempraktikkan segala ilmu yang kamu miliki. Inilah mengapa memilih program dan tempat magang menjadi penting agar kamu bisa benar-benar mengaplikasikan apa yang telah kamu pelajari dan kuasai secara profesional. Melakukan magang juga bisa membantumu untuk mengukur sudah sejauh mana kemampuanmu selama ini.

Belajar kerterampilan baru

Meski sebagian besar tugas saat melakukan program magang akan disesuaikan dengan kemampuanmu, namun tak jarang kamu akan menerima tugas yang ‘berbeda’ sebagai tantangan. Dari hal tersebutlah kamu bisa belajar banyak. Selain itu, label intern ini bisa kamu manfaatkan semaksimal mungkin untuk belajar banyak hal baru lainnya dari mereka yang memang telah berpengalaman di perusahaan.

Menambah relasi profesional

Bertemu dengan para profesional adalah keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti program magang. Mereka bisa saja orang-orang penting yang nantinya dapat membantumu dalam mengembangkan karier. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bertemu dengan rekan-rekan lain yang juga passionate di bidang yang sama, seperti yang kamu tekuni. Relasimu tentu bisa bertambah.

Mendapatkan tambahan penghasilan

Meski kegiatan magang dinilai sebagai proses belajar sebelum memasuki dunia kerja sungguhan, pengalaman magang itu termasuk pemgalaman profesional lho. Selain nilai pengalaman tersebut, nilai plus lainnya dari mengikuti magang adalah kamu juga akan mendapatkan penghasilan karena tugas atau pekerjaan yang telah kamu selesaikan.

Berpeluang diterima kerja full-time

Jika pekerjaanmu diselesaikan dengan baik, tidak menutup kemungkinan bahwa perekrut akan tertarik untuk menawarkan pekerjaan full-time. Dengan pengalaman yang relevan serta track-record yang telah kamu hasilkan selama magang akan membuatmu lebih diperhatikan perekrut sehingga peluang mendapatkan tawaran pekerjaan menjadi lebih besar.

Kegiatan magang haruslah dilakukan semaksimal mungkin agar bisa benar-benar merasakan manfaatnya. Di masa ini, kamu bisa menunjukkan sejauh apa kemampuanmu dan apa yang bisa kamu gali dari di sendiri. Pengalaman praktik saat magang akan memudahkanmu dalam memahami proses bekerja sesungguhnya. Selamat mencoba, Jobhuners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun