Pasang Loker

Moneyball: Hasil Manis Buah Keberanian Gagal

Olahraga dan film bisa menjadi perpaduan yang harmonis. Terbukti dari banyaknya film yang bercerita tentang jenis cabang olahraga tertentu yang dibalut dengan intrik-intrik apik agar sesuai dengan alur cerita. Namun, Moneyball berbeda. Film yang diangkat dari kisah nyata tersebut membahas dua hal, yakni olahraga dan ilmu statistik. Hmm, bagaimana ya jadinya?

Moneyball adalah kisah adaptasi dari buku berjudul Moneyball: The Art of Winning an Unfair Game yang rilis pada tahun 2003 karya Michael Lewis. Dibintangi oleh sederet nama kondang macam Brad Pitt dan Jonah Hill, film ini bisa dibilang menarik dan cukup berkesan. Kisah bermula dari kekalahan tim baseball Oakland Athletics terhadap New York Yankees dalam pertandingan American League Division Series tahun 2001. Billy Beane (Brad Pitt) manajer Oakland Athletics yang kecewa atas kekalahan timnya harus putar otak sedemikian rupa karena harus menyiapkan pemain-pemain terbaik untuk musim selanjutnya. Masalah ditambah dengan keterbatasan dana yang menimbulkan Billy harus menekan gaji para pemain di timnya. Kesulitan yang dialami Billy mengharuskannya mencoba sekian banyak cara yang semakin membuatnya kian frustasi. Alur mulai semakin menarik ketika Billy bertemu dengan Peter Brand (Jonah Hill) lulusan Universitas Yale jurusan ekonomi dengan ide radikal tentang bagaimana memperkirakan nilai pemain, yang selanjutnya disebut metode sabermetrik. Terkesan dengan metode baru yang dimiliki Peter, Billy pun tidak repot-repot dan langsung meng-hire Peter untuk mendampinginya sebagai asisten manajer di Oakland Athletics.

Metode sabermetrik benar-benar menjadi highlight dalam film ini. Kesulitan Billy terhadap minimnya dana di klubnya, membuatnya secara kebetulan bertemu dengan orang yang tepat, Peter. Keduanya menghancurkan metode kuno dan menggantinya dengan metode revolusioner yang tentu saja tidak bisa diterima dengan mudah oleh sebagian besar orang. Cukup menarik melihat ilmu statistik benar-benar berperan sangat nyata di dunia olahraga, yang dalam kasus film ini adalah cabang olahraga baseball. Akting Brad Pitt dan Jonah Hill juga sangat harmonis dan mengesankan. Tidak hanya mereka, sederet pemain lainnya seperti Philip Seymour Hoffman, Robin Wright, dan Chris Pratt juga ciamik sehingga memperkuat jalannya alur cerita yang tersaji. Film ini mendapat sambutan baik dari kritikus terbukti dengan cetakan skor sebanyak 94% di situs Rotten Tomatoes.

Moneyball sarat akan pesan moral yang sebenarnya klasik,  namun dikemas dengan apik. Hal-hal seperti setiap kesulitan pasti ada jalan, menilai orang lain dengan tidak sekali asumsi, dan tentu saja berani mengambil resiko. Siapa sangka metode yang dianggap ide radikal dari seorang anak seperti Peter dengan penampilan biasa saja tapi bisa membuat perubahan revolusioner hingga sedemikian rupa. Dan jangan lupakan Billie yang tidak menyerah pada cara-cara baru yang justru malah membantunya keluar dari lubang kesulitan. Dua jempol deh buat film ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun