Pasang Loker

Moral Value dalam Film Parasite dari Sisi Pekerjaan

moral value parasite

Dalam hal sosial dan ekonomi, tergambar dengan jelas moral value yang ingin disampaikan oleh Bong Joon-Ho.  Namun apakah kalian juga memerhatikan bahwa terdapat dua scene yang menggelitik namun mengena pada film yang memenangkan 4 Piala Oscar ini? Parasite, yang disutradarai oleh Bong Joon-Ho mengisahkan tentang perbedaan strata antara si kaya dan si miskin mempunyai moral value yang lebih dari sekadar sosial atau ekonomi, namun juga dalam hal karier. Simak bersama yuk ulasannya!

Ijazah Nggak Selalu Menjadi Patokan, lho!

Scene pertama yang menarik adalah saat Min-Hyuk meminta tolong Ki-Woo untuk menggantikannya mengajar bahasa Inggris di rumah Park Dong-Ik. Saat itu sudah jelas bahwa Ki-Woo bukan mahasiswa jurusan bahasa Inggris, bahkan ia nggak melanjutkan pendidikan untuk kuliah. Tetapi Min-Hyuk mempercayai bahwa dia memiliki skill dan bahkan bisa mengajar lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa jurusan bahasa Inggris kebanyakan.

Scene ini mengajarkan kepada kita bahwa ijazah nggak selalu menjadi patokan dalam rekrutmen pekerjaan, skill yang mumpuni juga dapat menjadi kunci yang bisa menghantarkan kita. Bahkan saat ini sudah ada perusahaan-perusahaan besar yang menerima lamaran tanpa gelar, seperti Google, IBM, Starbucks, Apple, dan Ernst & Young. Perusahaan raksasa di Amerika ini tidak selalu membutuhkan ijazah untuk melamar, namun skill-lah yang lebih diperhitungkan.

Gimana nih Jobhuners, apakah kalian tertarik untuk melamar di perusahaan raksasa tersebut? Kalau kalian tertarik, mulailah menggali skill-mu dari sekarang. Kamu bisa memperdalam skill dengan cara mengikuti kelas online, mengikuti program magang di beberapa perusahaan, atau mengikuti organisasi kemahasiswaan di kampusmu.

Relasi Itu Penting!

Scene kedua yang cukup menarik untuk di ulas adalah saat Ki-Woo mulai merekomendasikan anggota keluarganya kepada Nyonya Yeon-Kyo untuk bekerja di rumah tersebut. Hal itu mengajarkan kepada kita bahwa relasi juga terkadang penting. Tentu saja rekomendasi ini bukan dari sembarang orang, melainkan dari orang yang sudah mempunyai peran penting. Kamu bisa mulai memperbanyak relasi sejak duduk di bangku kuliah. Siapa tahu skill yang kamu miliki bisa direkomendasikan oleh orang-orang yang ada di sekitarmu, kan?

About Author

Content Writer of Surabaya Soul Society and Jobhun Intership Batch 7.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami