Pasang Loker

Nathalie Indry: Tetap Jadi Diri Sendiri Saat Tekuni Karier

Bagi Nathalie, bekerja di dunia broadcasting merupakan passion. Ia telah menyukai dan menekuni bidang ini bahkan sejak masa akhir di bangku SMP. Ketertarikannya dengan radio membawa ia dapat melebarkan sayap ke berbagai macam pekerjaan yang memang tak jauh-jauh dari broadcasting. Mulai dari sebagai penyiar, produser, voice over talent, hingga host podcast. Jika masih ada yang berpikir bahwa bekerja di bidang ini berarti mengubah karakter sendiri hingga mirip dengan tren kebanyakan, Nathalie mengungkapkan bahwa dirinya tak segan-segan untuk tampil dengan special character yang memang telah dimilikinya. Seperti apa cerita karier Nathalie? Yuk, simak berikut ini.

Apa pekerjaan Nathalie saat ini dan sejak kapan mulai bekerja di bidang tersebut?

Saat ini saya punya beberapa pekerjaan tetap. Pertama, sebagai podcast host untuk Inspigo dalam program yang berkaitan dengan buku serta wawancara khusus bersama klien. Kedua, saya juga menulis dan bagian dari tim media sosial di smartmama.com. Terakhir,  saya juga masih aktif sebagai voice over talent di Creative Indigo Production. Jadi, ada total tiga pekerjaan tetap yang saya jalani sekarang.

Apa yang membuat Nathalie tertarik untuk menekuni bidang ini?

Semua bidang yang saya tekuni ini sebenarnya memang tidak jauh-jauh dari broadcasting. Dari jaman SMP ke SMA saya sudah suka mendengarkan radio. Dari situ saya ingin terlibat dan tertarik untuk menekuni bidang ini. Saat kuliah, saya pun bergabung dengan radio kampus. Saya aktif dengan segala hal terkait broadcasting, mulai dari ikut lomba, ikut workshop, dan apply ke radio swasta. Kalau saat ini saya juga penulis konten, saya rasa itu juga sebuah perpanjanngan dari menulis script sebagai kegiatan saya yang pernah menjadi produser sebelumnya.

Sebelum terjun di bidang ini, apa pekerjaan Nathalie terdahulu?

Pekerjaan pertama saya adalah penyiar di radio swasta. Selain itu saya juga pernah menjadi produser dan assistant music director. Pengalaman di korporat, saya juga pernah bekerja di Bank BTPN.

Menurut Nathalie, apa sih modal utama untuk menjalani pekerjaan ini?

Modal utama menjalani pekerjaan ini adalah ya cinta dengan bidang ini. Passion. Menurut saya tidak ada yang bisa membuat kita bertahan di suatu bidang jika kita tidak menyukainya. Apalagi bagi saya yang sudah bekerja di bidang ini selama kurang lebih 15 tahun, passion dan keinginan untuk terus belajar itu dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Lewat passion, semangat belajar itu nantinya bisa tumbuh. Sisanya bisa mengikuti saja seiring waktu.

Apa saja tanggung jawab dalam pekerjaan ini?

Ada tanggung jawab yang berbeda di tiap pekerjaan. Pertama, sebagai creative writer, saya bertanggung jawab agar tulisan yang saya buat tidak hanya berdasarkan pengalaman saya. Jadi saya harus bisa mencari narasumber yang sesuai sehingga tulisan makin credible. Lalu sebagai podcast host, saya harus bisa membawa show tersebut menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Sebisa mungkin show tersebut bukan menjadi program tanya-jawab biasa. Sedangkan sebagai voice over talent, tanggung jawab saya adalah harus bisa menjaga kesehatan. Stamina harus selalu oke, karena sulit mencari pengganti dengan karakter yang sama seperti saya. Di luar itu, saya juga sering menjadi moderator yang berkaitan dengan buku, seperti acara book launching. Tugas saya adalah sebisa mungkin melakukan research terkait buku tersebut.

Selain menekuni pekerjaan ini, apa kesibukan Nathalie lainnya?

Kesibukan saya lainnya adalah mengurus anak, sekarang usianya 7 tahun. Saya juga kerap menjadi moderator terkait parenting dan buku.

Apa suka duka bekerja di bidang ini?

Fleksibilitas waktu, karena saya tidak perlu bekerja seperti orang kantoran pada umumnya. Tapi di sisi lain, saya harus siap kerja kapanpun jamnya. Sabtu atau Minggu pun ya harus datang jika memang sudah waktunya bekerja. Bahkan, saya pernah langsung siaran setelah sholat Ied. Mau tidak mau, memang seerti itu konsekuensinya. Duka lainnya adalah kalau sedang melakukan VO tapi suara lagi bindeng. Karena memang sulit mencari karakter suara yang sama persis, saya harus tetap take voice meskipun sedikit memaksa.

Dalam menjalankan bidang ini, apa Nathalie memiliki role model tersendiri?

Selama ini saya suka memperhatikan jurnalis senior Desi Anwar. Beliau begitu tenang ketika melakukan interview, serta bisa menggali begitu dalam terkait research. Dalam hal voice over, saya suka dengan gaya Feni Rose. Ada style yang saya suka dari dia. Dia sangat berkarakter, maka dari itu dia bisa jadi sosok lead model di bidang ini.

Apa hal yang paling berkesan selama Nathalie menekuni karier?

Saya senang bisa berkesempatan untuk belajar langsung dari para narasumber yang sebelumnya hanya bisa dilihat di televisi. Melalui pekerjaan ini saya jadi bisa bertemu dengan Addie MS, belajar langsung soal manajemen waktu atau bagaimana mengorganisir begitu banyak orang dalam suatu orchestra. Saya juga bertemu dengan narasumber yang jauh lebh senior, seperti Desi Anwar dan banyak lainnya. Sedangkan jika terkait dengan buku, saya senang sekali karena bisa bertemu dengan banyak penulis berbakat Indonesia. Selain itu saya juga pernah berkesempatan pergi ke Jerman karena memenangkan kompetisi “Aku dan Buku” pada tahun 2015 oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Saat itu Indonesia menjadi tamu kehormatan di Frankfurt Book Fair. Saya berangkat dengan kontingen penulis maupun jurnalis dari berbagai media. Dan saya adalah satu-satunya perwakilan dari radio saat itu.

Apa target jangka pendek dan panjang yang ingin Nathalie capai dalam karier?

Saya ini orangnya well-planned dan sistematis, jadi harapan untuk jangka pendeknya adalah supaya semua dapat berjalan baik sesuai rencana. Termasuk bisa menyeimbangkan diri antara pekerjaan dan keluarga. Sementara untuk jangka panjang terkait karier, saya masih ingin sekolah lagi jika diberi waktu dan kesempatan. Ada beberapa fellowship yang saya incar di luar negeri. Terkait personal life, karena belakangan ini saya mendalami ilmu terkait mindfulness dan minimalism, jadi saya menghargai energi dan hal-hal yang bekaitan dengan rohani. Apapun yang saya ingin capai nanti, saya harap bisa membuat saya bahagia.

Apakah ada saran dan tips untuk mereka yang mungkin ingin terjun ke bidang yang sama seperti Nathalie?

Dari dulu saya memang suka dengan radio, sampai akhirnya mulai tertarik untuk mencari tahu dan mulai ikut lomba dan workshop. Itu saya lakukan supaya tahu bagaimana bidang broadcasting sesungguhnya. Jadi, pertama kamu harus tahu apa yang kamu inginkan. Kemudian cari tahu banyak hal tentang bidang tersebut. Jangan lupa juga untuk mencari spesialisasi khusus yang kamu miliki. Kamu tidak perlu mengubah diri sendiri untuk masuk di bidang ini. Misalnya, saya tidak segan untuk mengenalkan diri saya sebagai host atau moderator yang memang khusus di program parenting dan buku. Sisanya, harus mau untuk terus belajar dan jangan ragu untuk belajar hal baru. Semuanya pasti bisa dipelajari, tapi ini juga bergantung pada sejauh mana kamu bisa handle pressure selama menjalankannya. Intinya, berani mencoba, terus belajar, dan temukan special character milikmu. Dari situ, jalannya akan lebih mudah untuk makin menekuni bidang ini.

Seperti yang telah disebutkan oleh Nathalie, menjadi diri sendiri itu penting dengan menemukan karakter unik yang kita miliki. Jangan ragu juga untuk mencoba dan belajar hal-hal baru, karena siapa tahu di sanalah kamu akan menemukan bidang apa yang cocok untuk ditekuni. Terakhir, memiliki ambisi itu penting, memiliki passion juga tak kalah penting, namun yang jauh lebih penting adalah ketika kamu bahagia melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun