Octian Anugeraha: Memilih Bekerja Sesuai Passion

Jobhuners, bagaimana jika setelah lulus kuliah nanti, kamu tidak bekerja sesuai dengan jurusan yang kamu pelajari sebelumnya? Kita bisa melihat perjalanan karir Octian Anugeraha, yang memilih keluar dan mengirim lamaran sebanyak tujuh kali, lalu gagal. Tapi akhirnya Octian bisa mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan dan sesuai dengan jurusannya. Kerennya lagi, Octian mampu membagi waktu pekerjaan utamanya dengan menjadi penyiar sekaligus mengurus komunitas yang dibangun bersama temannya, yakni Singyourmind. Wah, seperti apa ya perjalanan karir Octian? Yuk, simak berikut ini.

OCTIAN

Apa pekerjaan pertama Octian setelah lulus kuliah?

Pekerjaan pertama saya setelah lulus kuliah adalah menjadi front liner di Bank Mandiri, tepatnya customer service. Tugasnya berkaitan dengan pelayanan kepada customer tentunya.

Bagaimana awal mulanya hingga bisa memiliki pekerjaan yang sekarang?

Setelah bekerja di bank selama satu setengah tahun, saya merasa tidak cocok. Kebanyakan orang yang bekerja di bank itu lulusan ekonomi atau ilmu komunikasi, sedangkan saya adalah lulusan hukum. Akhirnya saya mencoba untuk apply di kantor pemerintahan yang formasinya linier dengan jurusan saya, yakni hukum. Saya ingat, saya pernah melamar ke tujuh tempat pemerintahan, namun gagal semua. Terakhir, saya mencoba melamar di kantor KPU Surabaya. Akhirnya saya diterima dan ditempatkan di Surabaya. Tapi saya juga tidak bisa meninggalkan hobi lama saya, yaitu siaran. Saya pernah siaran saat kuliah, namun ketika kerja di bank saya selalu pulang malam sehingga tidak punya waktu lagi untuk siaran. Nah, dengan pekerjaan sekarang, saya sudah bisa  membagi waktu untuk siaran lagi. Saya siaran sekali seminggu di Prima Radio.

Apa arti pekerjaan ini untuk Octian?

Saya bersyukur karena bisa bekerja sesuai dengan jurusan yang saya ambil saat kuliah. Kebetulan di KPU saya juga ditempatkan di divisi yang berkaitan dengan jurusan saya. Selain itu, menjadi penyiar juga berarti buat saya. Dengan acara yang saya bawakan di radio, saya jadi bisa bertemu dengan banyak orang baru. Buat saya, semakin sering saya bertemu orang baru, semakin pintu rezeki bisa terbuka lebar. Terkadang, rezeki bisa datang justru dari teman sendiri.

Menurut Octian, apa suka duka menjalani profesi ini?

Dukanya di kantor KPU itu saat musim pemilu, karena saya akan sangat sibuk dan sering pulang malam. Kalau di radio, susahnya itu ketika sedang tidak mood saat siaran. Kalau sukanya sih banyak, kayak yang udah disebutin sebelumnya, saya jadi ketemu orang baru.

Apa pengalaman paling memorable saat bekerja? 

Saya beberapa kali diundang sebagai narasumber karena pekerjaan saya di KPU. Saya pernah menjadi narasumber radio atau stasiun TV. Hal ini tentu memorable karena saya belum pernah merasakan posisi tersebut sebelumnya, biasanya saya lah yang mewawancarai narasumber. Kalau pengalaman memorable ketika di radio ialah saat saya mengundang BKKBN, kemudian yang datang kepala BKKBN tingkat provinsinya langsung. Setelah acara itu, saya bertukar kontak lalu pernah juga diundang sebagai fasilitator sebanyak tiga kali di bulan yang sama.

Octian juga founder Singyourmind kan? Apakah ada alasan tertentu untuk mendirikan komunitas tersebut? 

Dulu saya belajar siaran itu karena tidak disengaja, yakni karena mengantar teman siaran. Saya tidak kepikiran untuk menjadi penyiar sama sekali karena saya tipikal pemalu. Tapi teman-teman selalu mendukung dan membimbing saya hingga saya bisa menjadi seperti sekarang. Dari situ lah, saya pun berniat untuk membagikan ilmu yang sudah saya miliki secara gratis. Soalnya, saya juga dapat ilmu ini gratis. Beruntung dengan mendirikan Singyourmind, saya jadi tahu passion saya yang lain, yaitu guru. Saya ingin berbagi ilmu broadcasting yang saya miliki melalui komunitas ini.

Apa sebenarnya Singyourmind itu? Apa saja kegiatannya? 

Singyourmind adalah komunitas yang berfokus pada bidang broadcasting. Kami membuka kelas rutin setiap bulan, yakni free public speaking class dengan peserta sebanyak 30 peserta. Lalu ada juga free broadcasting lesson, yakni kelas kecil yang lebih privat dengan 6 peserta saja. Untuk kelas kecil, biasanya akan diadakan tiga kali pertemuan dan langsung belajar di radio-radio.

Alasan membuat kelas kecil ini untuk mencari penerus Singyourmind yang nantinya bisa menjadi fasilitator untuk kedepannya. Terbukti, alumni kita bisa diandalkan untuk mengisi kelas-kelas yang kita adakan. Singyourmind juga menyediakan media visit yang sifatnya juga free. Dan baru-baru ini, kita membuat seminar atau talkshow dimana moderator dan narasumbernya merupakan alumni Singyourmind. Hingga saat ini, sudah berjalan 10 kelas dan memiliki sekitar 300 anggota.

Apakah ada saran untuk mereka yang ingin masuk di bidang ini?

Saran buat teman-teman yang ingin memasuki bidang public speaking ini ialah harus selalu mengambil kesempatan. Jangan nunggu dulu, misalnya saat diminta maju presentasi. Ambil aja setiap kesempatan dan jadikan kesempatan tersebut sebagai bentuk latihan agar kamu semakin siap. Kesempatan dan kesiapan itu berbanding lurus, jadi jangan pernah sia-siakan kesempatan yang ada di depan kamu.

Nah, kesempatan memang tidak akan datang dua kali ya, Jobhuners. Seperti kata Octian, jangan lagi membuang kesempatan yang ada. Manfaatkan kesempatan sebaik mungkin sebagai bentuk latihan untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.

(Artikel ini ditulis oleh Cindy Faradhila)

About Author

Building my startups, Jobhun. Also managing DILo Surabaya coworking space. I also leading my communities, Facebook Developer Circles Surabaya and Tech In Asia City Chapter Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami