Pasang Loker

Pahami Tips Dasar Mengelola Keuangan Bagi Milenial!

Baru memasuki minggu kedua tapi kondisi keuangan sudah menipis, tentu rasanya pasti menyebalkan. Apa kamu pernah berada di posisi itu, Jobhuners? Mengelola keuangan merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki ketika sudah bekerja dan berpenghasilan. Jika tidak melakukannya dengan baik, maka gaji akan cepat habis tanpa bisa benar-benar menikmatinya. Sayangnya, ternyata masih banyak yang kebingungan bagaimana cara mengatur dan mengelola keungan lho.

Pada 2017, sebuah survei yang dilakukan oleh CareerBuilder.com menunjukkan bahwa setidaknya 8 dari 10 pekerja hidup dari satu gaji ke gaji berikutnya dan sebagian besar di antaranya tidak memiliki simpanan cadangan maupun investasi. Survei lain di 2018 dilakukan oleh Qerja.com, yang menyebutkan bahwa hanya 42% responden yang mencatat pemasukan dan pengeluaran meskipun sebelumnya ada 81% responden yang menyatakan mampu merencanakan/mengelola keuangan dengan baik. Padahal mencatat pemasukan dan pengeluaran ini penting dilakukan dalam mengelola keuangan. Prira Ghozi dalam bukunya yang berjudul “Make It Happen” mengatakan bahwa salah satu kegagalan seseorang dalam merencanakan dan mengelola keuangan adalah malas mencatat pengeluaran.

Bagaimana mengatur gaji atau keuangan tentu tidak bisa menggunakan solusi yang one fits all karena setiap orang akan berbeda. Hal ini tergantung pada rate gaji, usia, kebutuhan, hingga jumlah simpanan. Namun, tidak ada salahnya mencoba tips mengelola keuangan dari yang paling dasar dan sederhana. Dikutip dari Forbes, berikut 5 tips menurut Lindsey Stanberry dari Refinery29.

Pahami setiap pemasukan dan pengeluaran

Hendak mulai mengelola keuangan bukan berarti harus memahami semuanya seketika. Pahami satu-satu, apa saja yang perlu diketahui, seperti soal pemasukan-pengeluaran, pembukan sederhana, dan lainnya. Dengan begitu, tahap selanjutnya bisa dilalui dengan lebih mudah.

Mulai melakukan negosiasi gaji

Meski terasa tidak nyaman atau bahkan tidak punya pengalaman soal ini, cobalah untuk melakukan negosiasi gaji yang bisa kamu terima. Hal ini ternyata bisa cukup bermanfaat dan berdampak, terutama untuk para pemula di dunia kerja seperti fresh graduate.

Minta kenaikan gaji

Jika kamu takut untuk minta kenaikan gaji pada atasan, kamu tidak sendirian. Tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan. Kamu bisa mulai memikirkan apakah telah tiba waktunya untuk mendapatlan kenaikan gaji dengan melihat bagaimana hasil kerjamu dan berapa banyak yang orang lain bisa dapatkan dengan pekerjaan yang sama sepertimu.

Waktu adalah uang

Bukan hanya soal uang, kamu juga perlu aware dengan waktu yang kamu gunakan, terutama jika memiliki beberapa pekerjaan sekaligus. Ingat, waktumu juga sama berharganya lho. Prioritaskan pada sesuatu yang benar-benar membuatmu produktif dan menambah pendapatan.

Tidak perlu overthinking

Menjadi dewasa dengan pekerjaan dan penghasilan bukan berarti kamu  harus overthinking tentang segala hal, termasuk soal keuangan. Poin pentingnya adalah kamu tetap mau belajar untuk terus mengembangkan diri dan melakukan segalanya seefektif mungkin. Belajar mengelola keuangan juga butuh proses kok.

Selain lima tips di atas, kamu juga bisa berkreasi dan menggunakan cara terbaik versi milikmu sendiri. Karena bagaimanapun, tiap orang memang bisa sangat berbeda dalam mengelola keuangan mereka. Kamu gimana nih? Share pengalamanmu yuk, Jobhuners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *