Pasang Loker

Hal Apa Aja Sih yang Bisa Kamu Petik dalam Film Parasite dari Sisi Pekerjaan?

Ada salah dua scene yang menggelitik namun mengena pada film yang memenangkan 4 Piala Oscar ini. Parasite, yang disutradarai oleh Bong Joon-Ho mengisahkan tentang perbedaan strata antara si kaya dan si miskin, dengan moral value yang lebih dari sekadar sosial atau ekonomi, namun juga dalam hal karier.

Scene yang menarik adalah saat Min-Hyuk meminta tolong Ki-Woo untuk menggantikannya mengajar bahasa Inggris di rumah Park Dong-Ik. Saat itu sudah jelas bahwa Ki-Woo bukan mahasiswa jurusan bahasa Inggris, bahkan ia nggak melanjutkan pendidikan untuk kuliah. Tetapi Min-Hyuk mempercayai bahwa dia memiliki skill dan bahkan bisa mengajar lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa jurusan bahasa Inggris kebanyakan.

Scene ini mengajarkan kepada kita bahwa ijazah nggak selalu menjadi patokan dalam rekrutmen pekerjaan, skill yang mumpuni juga dapat menjadi kunci yang bisa menghantarkan kita. Bahkan saat ini sudah ada perusahaan-perusahaan besar yang menerima lamaran tanpa ijazah, seperti Google, IBM, Starbucks, Apple, dan Ernst & Young. Perusahaan raksasa di Amerika ini tidak selalu membutuhkan ijazah untuk melamar. Gimana nih Jobhuners, apakah kalian tertarik untuk melamar di perusahaan raksasa di atas?

Scene lain yang cukup menarik adalah saat Ki-Woo mulai merekomendasikan keluarganya kepada Nyonya Yeon-Kyo untuk bekerja di rumah tersebut. Hal itu mengajarkan kepada kita bahwa ‘networking’ juga terkadang penting. Tentu saja rekomendasi ini bukan dari sembarang orang, melainkan dari orang yang sudah mempunyai peran penting. Kamu bisa mulai memperbanyak relasi sejak duduk di bangku kuliah. Siapa tahu skill yang kamu miliki bisa direkomendasikan oleh orang-orang yang ada di sekitarmu, kan?

About Author

CEO of Jobhun | Manager @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami