Pasang Loker

Pecinta Bahasa? Kenali Apa Saja Profesi di Bidang Ini!

Bahasa merupakan salah satu hal dasar dalam berkomunikasi bagi manusia. Memiliki penguasaan lebih dari satu bahasa merupakan sebuah kemampuan istimewa. Tidak jarang ada beberapa lowongan pekerjaan yang memberi nilai plus bagi orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa asing tertentu, sebut saja Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, hingga Bahasa Jepang. Hal ini kemudian mendorong masyarakat untuk mempelajari bahasa baru yang bisa membuka lebar peluang dunia karier mereka ke depannya. Nah, untuk Jobhuners yang ingin bekerja dengan skill bahasa yang kamu miliki, di bawah ini merupakan beberapa profesi yang bisa dijadikan pilihan. Yuk, langsung aja simak!

Penerjemah film

Subtitle dalam sebuah film asing adalah hal penting untuk membantu kita dalam memahami jalan cerita yang sedang berjalan. Profesi penerjemah percakapan dalam sebuah film untuk kemudian dituangkan ke dalam bentuk teks terjemahan adalah profesi pertama yang bisa kamu jadikan pilihan. Profesi ini bisa dibilang sangat asyik, terlebih jika kamu adalah seorang movie geek. Apa yang lebih menyenangkan dari bekerja di bidang yang juga merupakan bagian dari hal-hal yang kamu senangi?

Tour guide

Indonesia yang setiap tahunnya dikunjungi oleh para turis mancanegara adalah sebuah kesempatan untukmu yang mengerti bahasa asing karena bisa menjadi seorang tour guide atau pemandu tur. Mereka tidak akan ragu membayar jasamu demi kelancaran wisata yang mereka jalani. Ini karena kamu yang bisa berkomunikasi lancar dengan mereka akan menjelaskan hal yang berhubungan dengan tempat wisata yang dikunjungi dari sudut pandangmu sebagai orang lokal.

Peneliti lapangan

Ilmu pengetahuan yang dituangkan ke dalam buku yang kita baca adalah bagian dari sebuah penemuan ataupun penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, sejarawan, maupun orang-orang baik yang mungkin tanpa sengaja menemukan sebuah temuan berguna dan luar biasa. Dengan kemampuan bahasa yang kamu kuasai, kamu juga bisa menjadi bagian dari orang-orang baik tersebut. Kenapa bisa begitu? Nyatanya, banyak pengetahuan manusia ditemukan di negara-negara tertentu, sebut saja Cina dan Yunani yang memiliki peradaban luar biasa di masa lalu. Kamu bisa bergabung dengan peneliti-peneliti lain dan menggunakan kemampuan bahasamu. Siapa tau kamu akan menemukan penemuan baru yang berguna untuk ilmu pengetahuan di masa mendatang.

Penerjemah

Profesi satu ini mungkin sudah sangat familiar dan identik dengan kemampuan penguasaan bahasa asing yang tidak main-main. Ya, penerjemah. Penerjemah adalah orang yang menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa yang lain. Saat apply beasiswa ke luar negeri, biasanya jasa penerjemah, khususnya penerjemah tersumpah sangat dibutuhkan untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting sebagai persyaratan mendaftar beasiswa. Jika kamu ingin terjun ke dalam profesi ini, tingkatkan terus kemampuan penguasaan bahasa asingmu mulai saat ini. Akan lebih baik untuk memiliki sertifikat penerjemah, supaya orang lain percaya dengan kemampuan yang kamu miliki, dan akhirnya memilih kamu untuk menerjemahkan bahasa sesuai kepentingan mereka.

Tutor bahasa

Mengajari orang lain akan pengetahuan yang kita miliki adalah hal mulia. Kamu bisa mendapatkan uang dari kegiatan sharing kemampuan bahasa yang kamu miliki kepada orang lain. Istilah gampangnya adalah tutor alias guru. Akhir-akhir ini, banyak orang yang mulai tertarik untuk mempelajari bahasa kedua setelah bahasa ibu yang mereka miliki. Kamu yang memiliki kemampuan penguasaan bahasa asing tentunya harus mengambil kesempatan ini. Tidak harus menjadi tutor di dunia nyata, kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan berbagi ilmu melalui dunia maya yang lebih sering digunakan orang-orang untuk belajar bahasa.

Setelah melihat peluang terkait profesi di bidang bahasa tersebut, apakah kamu masih ragu untuk menambah kemampuan bahasa yang kamu miliki? Tidak ada kata terlambat untuk belajar, kamu bisa memulainya sekarang. Tidak melulu tentang profesi-profesi di atas, tidak ada salahnya jika kamu menambahkan profesi-profesi yang mungkin lebih kekinian untuk menunjang kemampuan bahasa yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *