Pasang Loker

Pikukuh Trikadarmanto: Mengikuti Passion Untuk Bekerja di Perbankan

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang tertarik untuk bekerja di perbankan. Pikukuh adalah satu di antaranya yang tertarik hingga akhirnya merasa nyaman dengan pekerjaannya kini, yakni sebagai Kepala Cabang Bank Mandiri di Jakarta. Bagi Pikukuh, pekerjaan yang dijalani sekarang masih cukup relate dengan apa yang ia pelajari di masa kuliah, terutama ketika menempuh pendidikan S2 di Magister Manajemen UGM. Saat usianya 25 tahun, Pikukuh meraih penghargaan sebagai Kepala Cabang Bank Mandiri termuda. Tidak hanya itu, pengalaman menarik lainnya yang ia dapatkan ialah saat bisa mendapatkan serangkaian training di Michigan School of Business pada 2016 lalu. Seperti apa cerita karier Pikukuh? Yuk, simak kisahnya.

Apa pekerjaan Pikukuh saat ini dan sejak kapan Pikukuh mulai bekerja di sana?

Saat ini saya menjabat sebagai Kepala Cabang Mandiri di Jakarta. Pertama kali masuk kerja efektif di akhir 2005.

Apa yang membuat Pikukuh tertarik untuk menekuni bidang ini?

Lewat pekerjaan ini, saya bisa bertemu dan membantu banyak orang, karena setiap orang  yang kita temui tersebut bisa memberikan pelajaran baru tersendiri.

Apa pekerjaan Pikukuh sebelumnya?

Dulu saya sempat bekerja di bidang IT selama empat bulan, pekerjaan ini sesuai dengan studi yang saya ambil saat kuliah, yakni Ilmu Komputer UI. Lalu saya diterima di perbankan dengan posisi awal sebagai peserta Management Trainee (Officer Development Program).

Apakah studi yang diambil saat kuliah masih relevan dengan pekerjaan Pikukuh sekarang?

Masih, terbilang relevan dalam hal pengembangan pola mindset. Ditambah dengan ilmu yang saya dapatkan saat S2 Magister Manajemen di UGM, yakni marketing, berpikir strategis, manajemen dan kemampuan komunikasi.

Menurut Pikukuh, apa sih modal utama untuk menjalani pekerjaan ini?

Karakter rendah hati dan kemampuan komunikasi yang adaptif (dan positif) ke 360 derajat seluruh stakeholder. Jangan lupa juga dengan kemampuan negosiasi dan leadership.

Apa saja tanggung jawab dalam pekerjaan ini?

Ada tanggung jawab dalam membina tim, mencapai seluruh target yang diberikan manajemen, hingga mengelola operational risk.

Selain menekuni pekerjaan ini, apa kesibukan Pikukuh lainnya?

Selain pekerjaan ini, saya mengurus keluarga, yakni istri dan satu anak saya. Selebihnya adalah menonton film karena itu hobi saya. Jika sempat, saya juga menulis review film yang telah saya tonton.

Apa suka duka bekerja di bidang ini?

Sukanya adalah ketika tim berhasil melaksanakan tugasnya, ketika dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan memenuhi ekspektasi pimpinan. Sedangkan dukanya adalah hal-hal sebaliknya dari yang telah saya sebutkan.

Dalam menjalankan bidang ini, apa Pikukuh memiliki role model tersendiri?

Saya tidak punya role model spesifik seperti itu. Bagi saya, setiap orang yang kita temui berfungsi untuk memberikan teladan dengan karakter positifnya masing-masing. Kita dapat belajar dari siapapun yang kita temui.

Apa hal yang paling berkesan selama Pikukuh menekuni karier?

Ketika mendapatkan kesempatan rangkaian training ke Michigan School of Business 2016 selama dua minggu dan tiga hari di Shanghai. Itu merupakan pengalaman sekali seumur hidup untuk belajar dan memiliki coach seorang Profesor dari Michigan University, serta kesempatan menangani project yang langsung didampingi mereka. Sebelumnya, saya juga memperoleh penghargaan sebagai Kepala Cabang Mandiri Termuda, yakni di usia 25 tahun saat di Gresik.

Apa target jangka pendek dan panjang yang ingin Pikukuh capai dalam karier?

Target jangka pendek saya adalah melakukan segala sesuatunya sebaik mungkin dengan mindset positif. Sedangkan target jangka panjangnya adalah memiliki work-life balance sebagai banker, dalam berkeluarga, sosial, serta personal.

Apa arti work-life balance menurut Pikukuh?

Work-life balance ini memang hal yang mudah diucapkan, namun sulit diimplementasikan. Work-life balance buat saya adalah ketika bisa meluangkan waktu untuk quality time dengan keluarga dan adanya waktu me-time di tengah sibuknya pekerjaan.

Apakah ada saran dan tips untuk mereka yang mungkin ingin terjun ke bidang yang sama seperti Pikukuh?

Sebagai kepala, tips dari saya adalah coba bentuk tim-tim kecil di dalam organisasi, sehingga fungsi kontrol bisa lebih mudah dijalankan. Ini juga bermanfaat untuk pelatihan leadership kepada para ketua tim. Jangan lupa lakukan coaching untuk tiap anggota di dalam tim. Selain itu, ada 3 saran lain yang tidak kalah penting. Pertama, berkontribusilah sebaik mungkin di mana pun kita berada. Jadilah berguna untuk orang-orang di sekeliling kita. Kedua, jangan pernah membanding-bandingkan diri sendiri dengan org lain. Ibarat membandingkan apel dengan jeruk, masing-masing dari kita memiliki karakteristik, latar belakang, pengalaman yang berbeda. Terakhir, coba berusaha untuk beradaptasi dengan seluruh orang yang kita kenal. Selalu tanamkan kebaikan, rendah hati, bersikap & berkata positif.

Jadi, apakah kamu juga tertarik untuk bekerja di perbankan, Jobhuners? Dalam mencapai sesuatu, penting untuk selalu menghargai tiap prosesnya. Kembangkan terus kemampuanmu dan fokus pada tujuan yang hendak kamu capai ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *